Manfaat Buah Bit Rebus Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bit Rebus Untuk Kesehatan

Resep Daun Kemuning Untuk Jerawat Dan Diet , Manfaat Buah Bit Rebus Untuk Kesehatan , Khasiat Ubi Madu Untuk Bumil , Khasiat Susu Beruang Untuk Perokok , Manfaat Yakult , Khasiat Ikan Kakap Untuk Bayi , Manfaat Siput Sungai , Manfaat Daging Keong Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Bit Rebus Untuk Kesehatan

Bit adalah tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan untuk pengobatan alami. Manfaat buah bit yang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah ini pun sangat banyak.

Tapi, bit bukanlah jenis buah-buahan, melainkan umbi-umbian berwarna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah. Manfaat buah bit bisa didapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Bit rendah lemak dan kalori, dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Bit juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek peradangan. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Buah Bit Rebus Untuk Kesehatan  :

1. Sumber antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menetralkan masuknya radikal bebas di dalam tubuh, dan mencegah terjadinya stres oksidatif yang akan merusak sel – sel tubuh, melindungi tubuh dari banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Tingginya kandungan fitonutrien dalam bit akan melawan penyakit, menjadi sumber antioksidan, vitamin dan mineral. Salah satu jenis fitonutrien yaitu betalain bagus untuk mencerahkan warna kulit dan melindungi tubuh.

2. Sebagai detoks alami

Tubuh manusia dapat mengeluarkan racun dengan sendirinya secara alami untuk mencegah keracunan. Proses ini dilakukan oleh ginjal yang menyaring darah dan menghasilkan pembuangan berupa air seni. Selain ginjal, paru – paru juga berfungsi untuk mengeluarkan karbondioksida dari oksigen yang dihirup manusia, kulit yang mengeluarkan racun melalui keringat di pori – pori, dan liver atau hati yang membuang racun dan zat berbahaya lain dari darah. Manfaat buah bit rebus dapat membantu proses pembuangan racun tersebut terutama ginjal dan hati agar tetap bekerja maksimal.

3. Mencegah hipertensi

Mengonsumsi buah bit telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi berkat kandungan nitrat didalamnya yang juga bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi bit dan sayuran lain yang mengandung nitrat akan membantu memelihara jantung yang sehat. Manfaat minum buah bit tiap harijuga dapat memberikan efek yang sama.

4. Meningkatkan stamina

Beberapa penelitian juga  mengungkap bahwa manfaat buah bit rebus dapat membantu orang yang sedang berolah raga terutama atlet hingga berenergi dan lebih kuat sebanyak 16 persen staminanya. Hal ini berasal dari kandungan nitrat dalam bit sehingga dapat mengurangi pembakaran oksigen dalam olahraga, sehingga mengurangi rasa lelah. Sel – sel tubuh juga menjadi lebih baik dalam menghasilkan energi dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan performa dalam berolahraga.

5. Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam manfaat buah bit rebus cukup tinggi, sehingga dapat mengaktifkan kembali sel darah merah dan meregenerasinya, menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel darah merah dan dengan demikian berguna dalam manfaat buah bit untuk anemia. Ada juga manfaat buah bit untuk anak.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat buah bit rebus akan menyediakan kebutuhan serat sebanyak 3,8 gram pada satu porsi cangkirnya. Kandungan serat didalamnya berfungsi untuk membantu makanan bergerak melalui pencernaan di usus. Serat akan membantu membuat tinja menjadi lunak sehingga buang air besar lebih teratur. Serat juga dapat melindungi usus dari infeksi, wasir, penyakit GERD atau asam lambung.

7. Cocok untuk diet

Buah bit mengandung banyak serat namun rendah kalori sehingga menjadi sumber makanan yang bagus untuk Anda yang sedang berdiet. Manfaat buah bit untuk diet berasal dari setiap cangkir bit mengandung 59 kalori dan 3,8 gram serat seperti yang telah disebutkan diatas. Ini setara dengan 15 persen serat harian yang dibutuhkan tubuh manusia. Serat akan bergerak lambat pada saluran pencernaan dan membantu untuk menahan rasa lapar  sehingga perut tetap kenyang. Asupan serat sebanyak 14 gram sehari akan membantu mengurangi asupan kalori harian hingga 10 persen.

8. Mencegah pikun

Manfaat sayur bit mengandung nitrit yang dapat meningkatkan aliran darah dan juga oksigen ke area tubuh yang mengalami kekurangan oksigen. Mengonsumsi bit dikatakan dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada para lansia dan melawan perkembangan gejala atau tanda – tanda pikun. Ada pula manfaat ampas buah bit dan manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan bayi.

9. Bagus untuk penderita diabetes

Manfaat buah bit rebus juga akan bagus bagi para penderita diabetes karena mengandung antioksidan serta asam alpha lipoic yang konon dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyembuhan saraf yang rusak pada penderita penyakit diabetes. Buah bit bermanfaat lebih signifikan dalam memperbaiki kadar gula darah juga pada penderita obesitas daripada yang memiliki berat badan ideal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mencoba manfaat buah bit rebus, pertama yaitu pastikan jangan merebus bit terlalu lama agar tidak kehilangan kandungan nutrisi dan gizinya. Buah bit juga dikenal dengan kandungan gulanya yang tinggi, dengan secangkir saja sudah dapat memberi efek negatif pada kenaikan gula darah. Karena itu bit biasanya digunakan sebagai bahan produksi gula rafinasi. Selain itu, bit juga berpotensi menimbulkan alergi walaupun jarang, maka berhati – hatilah jika Anda adalah seorang yang rentan mengalami alergi.