Manfaat Buah Okra Hijau

Manfaat Buah Okra Hijau

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Meredakan Flu  , Manfaat Goji Berry , Makanan Yang Membuat Awet Muda , Tips Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh , Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat , Makanan Dan Minuman Pencegah Kanker , Tips Menyembuh Benjolan Pada Mata , Makanan Yang Mengandung Banyak Kalium , Khasiat Teh Rosella Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Migrain Termujarab , Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan , Macam Obat Tradisional & Khasiatnya , Obat Tradisional Atasi Kemaluan Sakit , Obat Tradisional Awet Muda , 3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan , Cara Mengatasi Mual Saat Hamil , Penyebab Kanker Payudara , Makanan Penurun Kolestrol , Buah Yang Bagus Untuk Bumil , Tips Mengatasi Gigi Ngilu , Gejala Penyakit Gondongan , Gejala Demam Berdarah , Obat Tradisional Untuk Kudis , Manfaat Ikan Kakap Untuk Bayi , Manfaat Pete Untuk Kesehatan , Manfaat Buah Okra Hijau , Manfaat Sayur Gambas Bagi Kesehatan , Manfaat Pare Untuk Kolesterol , Manfaat Daun Sirih Merah , Manfaat Timun Untuk Kolesterol
Manfaat Buah Okra Hijau

Okra hijau merupakan tanaman sejenis kapas yang dapat dikonsumsi hingga biji-bijinya. Tanaman berbentuk lonjong dan berukuran sekitar 18 cm dengan diameter sekitar 4-8 cm ini termasuk kepada kategori sayuran yang bebas lemak. Okra hijau pun dikenal sebagai sumber serat yang baik untuk tubuh.

Kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin K, dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium, mangan, besi, serta kalsium tentu bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Luar biasanya, okra hijau memiliki semua nutrisi tersebut. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa informasi mengenai Manfaat Buah Okra Hijau :

  1. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Banyak penelitian yang sudah membuktikan jika okra sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah hingga batas normal. Dalam sebuah studi  menunjukkan jika buah okra ini memiliki aktivitas anti diabetes serta menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Sedangkan dari penelitian yang berbeda membuktikan jika jus buah okra sangat efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah sehingga benar benar efektif dikonsumsi penderita diabetes khususnya diabetes tipe 2.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Okra mengandung sejenis lendir yang ampuh untuk mengikat kolesterol tinggi berlebihan dan asam empedu sehingga toksin bisa dibuang lewat proses penyaringan hati. Manfaat okra untuk kolesterol ini akan mengikat kelebihan kolesterol serta racun dalam asam empedu yang menjadi penyebab banyak penyakit. Bahkan, dalam studi kesehatan juga dibuktikan jika okra sangat baik untuk menurunkan kolesterol darah jika dikonsumsi secara teratur dan sangat disarankan sebagai pengganti makanan berlemak tinggi.

  1. Memperbaiki Fungsi Kapiler

Dengan berkurangnya kadar kolesterol karena kandungan serat tinggi dalam okra, ini juga memberikan efek positif untuk kapiler dan fungsi pembuluh darah. Serat dalam okra akan menghilangkan kolesterol dalam tubuh dan mencegahnya menempel pada dinding kapiler penyebab aterosklerosis.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah okra sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh karena kandungan kalium dalam okra yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantungsekaligus meningkatkan kinerja otot polos dalam tubuh.

  1. Mencegah Konstipasi

Okra juga sangat berkualitas dalam melumasi usus besar. Kandungan serat tinggi dalam okra sangat ampuh untuk menyerap air dan membuang kotoran dalam tubuh sehingga bisa mencegah sembelit secara alami tidak seperti manfaat serat sejenis yang ada dalam gandum dimana serat tersebut bisa membuat saluran pencernaan iritasi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat tinggi yang ada dalam okra juga sangat baik untuk memberi makan bakteri baik atau probiotik dalam usus. Efek probiotik ini sudah dibuktikan pada beberapa penelitian yakni bisa mendorong usus untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Mencegah Depresi

Apabila anda merasa sangat kelelahan, depresi dan lemah, maka anda bisa mengkonsumsi jus buah okra ini yang sangat tinggi kandungan magnesium yang nantinya akan berfungsi dalam menenangkan saraf dan meningkatkan perasaan lebih baik dalam tubuh dan juga pikiran sekaligus mengatasi lelah.

  1. Mengurangi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena tenggorokan mengalami infeksi sehingga kesulitan saat menelan, Efek antiseptik dan anti bakteri yang ada dalam buah okra ini sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan dengan cara minum jus okra hingga sakit tenggorokan bisa disembuhkan.

  1. Mencegah Asma

Vitamin C juga terdapat dalam buah okra yang sangat baik untuk pengobatan asma dengan cara melawan peradangan dan mengurangi gejala serangan asma sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari khususnya penderita asma.

  1. Menjaga Kecantikan Kulit

Semua orang tentunya ingin mendapatkan tampilan kulit yang sempurna khususnya para wanita. Dalam okra memiliki kandungan vitamin C dan beberapa nutrisi lain yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas seperti kulit kusam dan keriput, solusi kecantikan kulit. Sedangkan lendir dari buah okra mengandung vitamin A yang sangat baik digunakan untuk melembabkan kulit.

Selain okra merah, manfaat buah okra hijau juga tidak kalah banyak dari mulai mengatasi penyakit, menyehatkan rambut dan sampai menjaga kecantikan kulit. Selain itu, seluruh tanaman okra ini bisa dikonsumsi dan seluruhnya juga memberikan manfaat yang berbeda beda bagi tubuh.