Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Pare Untuk Penyakit Kista , Manfaat Temu Putih Untuk Wanita , Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan , Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan , Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.

Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Kandungan serai antara lain adalah sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan :

Serai mengandung antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik seperti :

  • luteolin,
  • glikosida,
  • kuersetin,
  • kaempferol,
  • elemikin,
  • katekol,
  • asam klorogenat, dan
  • asam caffeic,

semuanya membantu dalam menyediakan berbagai alat bantu obat yang mengesankan. Komponen utama serai adalah lemonal atau citral, yang memiliki kualitas anti jamur dan anti-mikroba, sekaligus memberikan bau lemon yang berbeda. Beberapa manfaat kesehatan yang paling terkenal dari sereh meliputi:

  • Menurunkan Kolestrol

Serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol sehat. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi serai secara teratur telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida yang sehat dan mengurangi kolesterol LDL di dalam tubuh. Ini membantu mencegah akumulasi lipid di pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang tidak terhalang di arteri, mencegah berbagai gangguan jantung seperti aterosklerosis.

  • Detoksifikasi Tubuh

Serai membantu membersihkan dan membuang limbah beracun berbahaya dari tubuh, sebagai akibat dari sifat diuretiknya. Detoksifikasi membantu dalam pengaturan berbagai organ tubuh, termasuk hati dan ginjal, sekaligus membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik sereh membantu meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, yang membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan, menghilangkan lemak yang masih harus dibayar, dan membantu dalam menjaga sistem yang bersih.

  • Mencegah Kanker

Serai ini efektif dalam mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel sehat tubuh. Penelitian yang dilakukan untuk membuktikan aktivitas anti kanker dari sereh telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Studi telah menunjukkan bahwa komponen tertentu, citral, yang hadir dalam serai, membantu menghambat pertumbuhan sel kanker hati selama fase awal dan mencegah produksi sel kanker lebih lanjut. Studi lain memberikan bukti pendukung mengenai efek anti-proliferatif citral dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara manusia dan induksi apoptosis.

Manfaat Daun Serai Untuk Kulit

Manfaat daun serai selain untuk kesehatan ternyata juga digunakan untuk kecantikan kulit, kok bisa ? Ketika darah dimurnikan, sirkulasi ditingkatkan, salah satu efek yang dirasakan adalah kesehatan kulit. Minum teh serai membantu meningkatkan masalah jerawat, eksim dan psoriasis.

Peredaran darah yang lancar juga menghambat penuaan dini dan fleks yang ada pada kulit yang juga dapat kita temukan pada manfaat kunyit yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Penggunaan Obat Dari Serai

  • Secara farmakologis, senyawa sitral telah digunakan dalam produksi komersial vitamin A.
  • Serai merupakan salah satu ramuan favorit yang digunakan dalam teh herbal.
  • Hal ini juga membantu dalam meringankan penyakit kolitis, gangguan pencernaan, dan gastro-enteritis.
  • Minyak sereh saat digunakan dalam aromatherapies merevitalisasi tubuh dan membantu meringankan gejala sakit kepala, sakit badan, kelelahan saraf, dan kondisi stres.
  • Infusinya sering digunakan untuk membantu meringankan infeksi seperti sakit tenggorokan, radang tenggorokan, bronkitis, dll.
  • Minyak sereh digunakan dalam terapi pijat sebagai otot dan toner kulit.

Tips Konsumsi Serai

Daun serai merupakan salah satu rempah yang sangat populer di Indonesia dan digunakan secara luas untuk masakan di Asia. Penggunaan daun serai ini biasanya dapat dengan dihancurkan untuk mendapatkan aroma lemon yang akan membuat wangi masakan. Serai dapat digunakan untuk membuat sup, kaldu, kari, saus, teh, serta memotong menjadi irisan tipis dan ditambahkan ke berbagai salad. Daun, batang dan umbi serai dapat digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan tubuh manusia bahkan hewan peliharaan.

Untuk memaksimalkan manfaat manfaat daun serai sebaiknya anda membuat dan minum teh serai, minyak esensial dan fitonutrien yang lepas ke dalam air mendidih dalam teh akan sangat bermanfaat bagi tubuh seperti halnya manfaat kunyit putih.