Manfaat Kulit Durian Bagi Kesehatan

Manfaat Kulit Durian Bagi Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat , Cara Mengobati Eksim Basah , Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis , Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh , Khasiat Alpukat , Manfaat Sagu , Cara Menghaluskan Kulit Wajah , Cara Menangani Gigi Ngilu , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Efek Samping Minyak Kelapa , Manfaat Buah Semangka , Manfaat Kalium , Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh , Manfaat Tanaman Herbal Pegagan , Efek Samping Threading Alis , Ciri Ciri Depresi Berat , Makanan Berkarbohidrat Tinggi , Amankah Infus Whitening , Bahaya Minum Teh , Efek Memakan Tape Singkong , Macam Gangguan Pencernaan Pada Lambung , Manfaat Kulit Durian Bagi Kesehatan
Manfaat Kulit Durian Bagi Kesehatan

Durian merupakan salah satu buah yang sangat terkenal dan paling fenomenal yang pernah ada. Rasanya yang lezat dan aromanya yang sangat kuat membuat banyak orang berusaha mencari keberadaannya dimana pun buah ini berada. Buah durian merupakan buah yang tumbuh di iklim tropis termasuk di wilayah Indonesia dan sekitarnya. Meskipun banyak orang yang menyukai buah durian ini namun tidak sedikit pula orang yang tidak suka dengan durian karena aromanya yang kuat dan kadang membuat perut panas. Di dalam buah durian terdapat kandungan protein, air, serat, lemak, dan energi sebanyak 520 kkal dalam 100 gram buahnya. Selain itu di dalam buah durian juga mengandung mineral dan vitamin. Bukan hanya buahnya yang enak , ternyata kulit durian juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan lho , seperti berikut ini kami akan memberikan anda apasaja Manfaat Kulit Durian Bagi Kesehatan :

  1. Menghilangkan Bau Durian

Mengkonsumsi buah durian memang akan selalu meninggalkan bau yang menyengat di mulut. Untuk sebagian orang, hal ini tentu sangat mengganggu sehingga segala cara dilakukan untuk menghilangkan bau tersebut yang bisa dilakukan dengan kulit durian selain banyak juga manfaat buah durian. Air bisa dituangkan pada bagian dalam kulit yang cekung dan pakai air tersebut untuk berkumur.

  1. Mengusir Nyamuk

Aroma durian yang sangat menyengat ternyata tidak hanya mengganggu sebagian orang namun juga tidak disukai nyamuk. untuk itu, kulit durian bisa digunakan sebagai obat pengusir nyamuk dengan cara membakar kulit durian dan biarkan asap yang dihasilkan tersebut mengisi seluruh ruangan untuk mengusir nyamuk selain bisa juga menggunakan manfaat kelambu.

  1. Mengatasi Sembelit

Kulit durian juga memiliki manfaat serat yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit. Cara menggunakannya juga sangat mudha yakni dengan menghaluskan bagian dalam kulit durian yang berwarna putih kemudian campur dengan madu dan konsumsi sebanyak beberapa sendok hingga masalah sembelit bisa disembuhkan.

  1. Mengatasi Sakit Perut

Kegunaan dari kulit durian selanjutnya adalah untuk mengatasi sakit perut selain juga bisa menggunakan manfaat kunyit untuk lambung. Caranya, anda hanya perlu mengambil bagian dalam kulit durian yang berwarna putih kemudian dihaluskan memakai blender. Tempelkan kulit durian yang sudah dihaluskan tersebut pada bagian perut dan diamkan selama 15 menit untuk membantu mengurangi rasa sakit perut.

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri menstruasi hampir dialami setiap wanita khususnya ketika sedang  melakukan aktivitas yang padat. Selain bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri haid juga bisa mengganggu mood wanita. Kulit durian bisa digunakan sebagai obat anti nyeri ketika menstruasi dengan cara melumatkan bagian dalam kulit durian yang berwarna putih lalu digunakan sebagai parem area perut. Sesudah itu, lanjutkan dengan mandi memakai air hangat untuk merileksasikan tubuh.

  1. Menyembuhkan Bisul

Manfaat kulit durian berikutnya adalah untuk mengatasi bisul. Meski terbilang seperti masalah yang sepele, namun bisul sangat mengganggu khususnya ketika pecah, berdarah dan menimbulkan bekas luka. Cara paling mudah untuk mengatasi bisul tersebut adalah dengan menggunakan kulit durian. Kulit durian bisa dibakar hingga hangus lalu dihaluskan dan taburkan pada bisul sebanyak dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan bisul.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Dari penelitian yang dilakukan Universitas Inggris dan juga Thailand membuktikan jika kulit durian bagian dalam yang berwarna putih mengandung zat pektrin yakni senyawa yang sangat efektif untuk melawan serangan bakteri pada tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan pektrin dalam kulit durian juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah berbagai serangan penyakit. Selain itu, kandungan antioksidan didalamnya juga membantu untuk meningkatkan imun tubuh sehingga semakin kuat untuk melawan penyakit.

  1. Mengentalkan Makanan

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, kulit durian juga bisa diolah kembali menjadi tepung dan bisa digunakan untuk mengentalkan makanan secara alami. Rasa dari tepung kulit buah ini juga tidak akan mempengaruhi rasa makanan sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai pengental makanan.

  1. Sumber Energi

Banyak orang yang tidak mengetahui jika kulit durian bisa digunakan sebagai sumber energi. Kandungan lignin dan selulosa yang ada di dalam kulit durian merupakan sumber karbohidrat yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif bagi tubuh manusia.