Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Manfaat Gula Siwalan Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Duwet Untuk Ibu Hamil , Manfaat Lidah Buaya
Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Manfaat Lidah Buaya .

  1. Lidah Buaya Kombinasi Minyak Kayu Putih

Lidah buaya mampu menjadi pelembab kulit kepala yang efektif sehingga bagian ini tak akan lagi kering dan mencegah kulit mengelupas yang kita sebut dengan ketombe. Dicampur dengan minyak kayu putih, diyakini ramuan ini bakal menghilangkan sel-sel kulit mati pada kepala kita.

  • Ambil gel lidah buaya secukupnya dan beri beberapa tetes minyak kayu putih.
  • Campur rata kedua bahan tersebut, terapkan ke kulit kepala secara menyeluruh sambil memijat perlahan.
  • Bersihkan dengan membilas rambut dan kepala setelah 1 atau 2 jam; lakukan rutin agar hasil yang didapat juga maksimal.
  1. Lidah Buaya Campur Teh Hijau

Kalau lidah buaya adalah tanaman ajaib menyehatkan dengan kandungan antijamur yang tinggi, maka teh hijau menawarkan kandungan antioksidan yang siap menghilangkan ketombe secara alami. Tak hanya itu, teh hijau juga dapat menjadi penurun risiko kerontokan rambut pemicu kebotakan dini lho.

  • Siapkan 3 kantong teh hijau, celup dan seduhkan selama 10 menit di dalam 400-500 ml air hangat.
  • Ambil gel lidah buaya secukupnya untuk kemudian dicampurkan dengan air teh hijau yang telah siap, masukkan ke dalam sebuah botol semprot (botol spray) bersih.
  • Cara gunakannya mudah bukan? Tinggal semprotkan saja ramuan ini ke seluruh rambut dan juga kulit kepala secara merata.
  • Bilas rambut dan kulit kepala dengan air biasa kalau sudah 15 menit; cukup lakukan seminggu sekali yang sekaligus bisa jadi cara mengatasi kulit kepala kering.
  1. Lidah Buaya Kombinasi Cuka Apel

Lidah buaya bagian gelnya bisa juga kita campur dengan cuka apel karena mampu menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala sekaligus menjadi solusi ketombe ampuh.

  • Campurkan saja secangkir gel lidah buaya dengan cuka apel 2 sendok makan, tak ketinggalan madu murni 1 sendok makan.
  • Terapkan ke seluruh rambut dan tunggu beberapa menit sebelum bisa dikeramasi.
  • Untuk atasi ketombe, cara ini bisa dilakukan seminggu 1-2 kali, tapi sebagai pencegahan seminggu 2 kali cukup.
  1. Lidah Buaya Campur Minyak Kelapa

Kombinasi antara gel lidah buaya dengan minyak kelapa dapat pula menjadi cara ampuh usir ketombe yang membandel dengan langkah penggunaan yang termasuk mudah.

  • Campurkan gel lidah buaya secukupnya dengan minyak kelapa secukupnya juga.
  • Masaklah di atas api kecil sambil diaduk-aduk selama kurang lebih setengah jam.
  • Setelah itu, angkat dan tunggu dingin sebelum boleh diterapkan ke kulit kepala.
  • Saat menerapkannya, pastikan merata dan tinggalkan selama 2 jam sebelum boleh dibilas dengan air biasa.
  1. Lidah Buaya Kombinasi Jus Lemon

Sebagai buah yang mengandung vitamin C tinggi, buah lemon diketahui pula memiliki kandungan sifat antimikroba dan sifat asam yang tinggi. Oleh karena itu, dicampur dengan lidah buaya sebagai pengusir ketombe akan makin mantap saja karena kulit kepala bakal jauh lebih bersih.

  • Sediakan lebih dulu gel lidah buaya 1/3 cangkir, lalu masukkan jus dari setengah buah lemon.
  • Setelah tercampur, aplikasikan langsung ke kulit kepala secara merata sambil memberi pijatan.
  • Tunggu setengah jam sebelum boleh dikeramasi dan lakukan cara ini seminggu sekali agar ketombe teratasi.
  1. Lidah Buaya Campur Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh dikenal memiliki sifat antijamur, antibakteri serta antiseptik tinggi yang tak hanya dapat diandalkan untuk mengusir ketombe, tapi juga mengusir segala bentuk infeksi virus, bakteri maupun jamur.

  • Sediakan gel lidah buaya 2 sendok makan banyaknya, tambahkan dengan minyak pohon teh sebanyak 7 tetes.
  • Campurkan rata, barulah terapkan ke kulit kepala setiap malam (tinggalkan semalaman) dan keesokan paginya barulah rambut bisa dikeramasi.
  • Untuk hasil maksimal, seminggu kita bisa pakai cara ini 2-3 kali; hindari pemakaian berlebihan apalagi tak sesuai anjuran demi mencegah efek samping minyak pohon teh.
  1. Lidah Buaya dan Bawang Putih

Bawang putih juga pas dijadikan kombinasi bagi lidah buaya untuk mengusir ketombe. Namun, dibalik penggunaan dengan khasiat yang besar juga harus tetap diwaspadai akan adanya efek samping bawang putih khususnya bagi kulit yang sensitif.

  • Sediakan gel lidah buaya sebanyak 5 sendok makan, blender bersama dengan 2-3 siung bawang putih.
  • Setelah terbentuk pasta kental hasil dari campuran kedua bahan, terapkan langsung ke rambut dan kulit kepala.
  • Tinggalkan selama kurang lebih 30-40 menit saja, lalu lanjutkan dengan mengeramasi rambut sampai bersih.
  1. Lidah Buaya Tanpa Campuran

Tanpa bersusah payah, cobalah lidah buaya tanpa campuran apapun, yakni ambil gelnya secukupnya lalu terapkan pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Saat penerapan, lakukan dengan memberikan pijatan lembut, lalu tutuplah kepala dengan balutan handuk selama beberapa menit. Setelahnya bisa Anda keramasi rambut dan cara ini akan benar-benar menolong ketika dilakukan rutin seminggu 3 kali.