Manfaat Minyak Wijen Untuk Kecantikan

Manfaat Minyak Wijen Untuk Kecantikan

Kecantikan , informasi kecantikan , cara merawat wajah , cara menghilangkan jerawat , Masker Penghilang Whitehead , Cara Menghilangkan Komedo Hitam Paling Ampuh , Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan , Cara Menebalkan Alis Secara Tradisional , Manfaat Minyak Bulus Untuk Wanita , Makanan Yang Membuat Kulit Sehat Bersinar , Gaya Rambut Yang Bikin Kamu Tampak Lebih Tua , Cara Contour Hidung , Vitamin Alami Untuk Kulit Kering , Cara Menghilangkan Selulit Di Perut , Cara Berpakaian Modis Untuk Wanita Pendek , Cara Bleaching Rambut , Cara Menghilangkan Komedo , Cara Smoothing Rambut , Model Rambut Untuk Jidat Lebar , Cara Menata Rambut Ke Sekolah Yang Mudah , Manfaat Halba Untuk Rambut , Model Rambut Yang Cocok Untuk Orang Tua , Model Rambut Untuk Wisuda , Cara Memperbaiki Alat Makeup Yang Rusak , Perawatan Untuk Rambut Berwarna , Trend Make Up ala Korea , Trik Menggunakan Concealer , Cara Memutihkan Gigi , Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan , Manfaat Melepas Bra Ketika Tidur , Manfaat Bedak Marcks , Manfaat Ampas Teh Untuk Kecantikan , Manfaat Minyak Wijen Untuk Kecantikan , Manfaat Petroleum Jelly Untuk Kecantikan
Manfaat Minyak Wijen Untuk Kecantikan

Minyak wijen merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi. Namun tahukah Anda bahwa minyak ini sebenarnya sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan? Minyak wijen berasal dari wijen yang merupakan semak semusim yang mempunyai banyak manfaat. Nah, salah satu bagian dari wijen yang paling bermanfaat adalah minyaknya. Oleh karena itu Berikut ini kami akan memberikan anda info mengenai Manfaat Minyak Wijen Untuk Kecantikan :

Manfaat minyak wijen untuk kecantikan juga tak lepas dari komponen nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain untuk pengobatan dan diet, minyak wijen juga diproduksi dan dikemas menjadi berbagai produk kecantikan, mulai dari pelembut kulit hingga sabun. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Minyak wijen dapat dimanfaatkan sebagai minyak pijat, lantaran sifat pelembapnya yang baik untuk kulit.
  • Minyak wijen bersifat antibakteri yang dapat memerangi kuman yang kerap menyerang kulit, seperti Staphylococcus dan Streptococcus, serta jamur kulit yang menyebabkan kutu air atau tinea pedis.
  • Melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet.
  • Minyak wijen, khususnya yang terbuat dari wijen hitam, dapat digunakan untuk menghitamkan rambut.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
    Manfaat minyak wijen diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini didasari alasan bahwa minyak tersebut kaya akan lemak tak jenuh ganda yang baik untuk memangkas kadar kolesterol.
    Selain itu, minyak wijen juga mengandung dua bahan kimia yang memiliki karakteristik unik, yaitu sesamol dan sesamin. Keduanya memiliki sifat antioksidan yang kuat. Menurut ahli yang meneliti hal ini, efek dari kedua antioksidan tersebut juga diduga turut berperan pada penurunan tekanan darah karena membantu merelaksasi pembuluh darah.

Apakah Ada Kemungkinan Alergi akibat Minyak Wijen?

Selain berbagai manfaat minyak wijen di atas, pemakaian minyak ini disarankan lebih berhati-hati. Minyak ini mungkin dapat menyebabkan munculnya reaksi alergi ringan, seperti gatal-gatal dan ruam, hingga reaksi alergi yang berat atau reaksi anafilaksis.

Reaksi anafilaksis terjadi saat sistem imun tubuh melepaskan zat pembentuk kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan tekanan darah turun drastis (syok) dan saluran udara menyempit. Penderitanya akan mengalami sesak napas, yang bisa berujung pada kematian.

Jika hendak menggunakan minyak wijen untuk keperluan kesehatan maupun kecantikan, pastikan melakukan tes alergi terlebih dahulu. Oleskan sedikit minyak wijen pada kulit untuk melihat reaksi alami tubuh terhadap minyak ini. Jika muncul reaksi alergi, maka tidak disarankan untuk menggunakan minyak wijen, baik untuk dioleskan maupun untuk dikonsumsi.