Manfaat Putih Telur Untuk Wajah

Manfaat Putih Telur Untuk Wajah

Kecantikan , informasi kecantikan , cara merawat wajah , cara menghilangkan jerawat , Masker Penghilang Whitehead , Cara Menghilangkan Komedo Hitam Paling Ampuh , Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan , Cara Menebalkan Alis Secara Tradisional , Manfaat Minyak Bulus Untuk Wanita , Makanan Yang Membuat Kulit Sehat Bersinar , Gaya Rambut Yang Bikin Kamu Tampak Lebih Tua , Cara Contour Hidung , Vitamin Alami Untuk Kulit Kering , Cara Menghilangkan Selulit Di Perut , Cara Berpakaian Modis Untuk Wanita Pendek , Cara Bleaching Rambut , Cara Menghilangkan Komedo , Cara Smoothing Rambut , Model Rambut Untuk Jidat Lebar , Cara Menata Rambut Ke Sekolah Yang Mudah , Manfaat Halba Untuk Rambut , Model Rambut Yang Cocok Untuk Orang Tua , Model Rambut Untuk Wisuda , Manfaat Tepung Jagung Untuk Wajah , Cara Mengangkat Sel Kulit Mati , Manfaat Putih Telur Untuk Wajah , Cara Mengatasi Rambut Agar Tidak Rontok , Manfaat Teh Hijau Untuk Perawatan Rambut , Cara Mencerahkan Bibir Hitam
Manfaat Putih Telur Untuk Wajah

Putih telur adalah cairan putih (disebut juga albumen atau glair/glaire) yang terkandung di dalam sebuah telur. Cairan ini terdapat di dalam telur yang sudah dibuahi dan yang belum dibuahi. Putih telur terdiri dari 10% protein terlarut di air. Kegunaan putih telur adalah untuk melindungi kuning telur dan menyediakan nutrisi tambahan bagi pertumbuhan embrio, karena putih telur kaya akan protein dan rendah lemak, yang merupakan kebalikan dari kuning telur, yang mengandung nilai lemak yang tinggi. Putih telur memiliki banyak kegunaan kulinerdan non-kuliner.

Walaupun putih telur dihargai sebagai sumber makanan yang rendah lemak dan berprotein tinggi, sedikit orang tidak bisa memakan putih telur. Alergi telur terjadi lebih banyak pada bayi daripada orang dewasa, dan akan teratasi dengan sendirinya ketika anak sudah berumur 5 tahun. Alergi makanan pada putih telur lebih banyak terjadi daripada alergi terhadap kuning telur. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Putih Telur Untuk Wajah  :

1. Menyingkirkan komedo

Hal ini merupakan manfaat putih telur yang paling populer dan merupakan trik kecantikan nomor satu yang berhubungan dengan putih telur. Putih telur bekerja dengan mengeluarkan sebum dan kotoran lainnya yang terjebak dalam pori-pori Anda. Hal ini berkaitan dengan kemampuan putih telur sebagai penciut (astringent). Putih telur mengencangkan pori-pori dan secara alami mengeluarkan komedo ke permukaan kulit, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Bila memungkinkan, tambahkan minyak esensial sesuai dengan kesukaan Anda, seperti minyak tea tree, minyak lavender, minyak eucalyptus, minyak tangerine, atau minyak kayu cendana. Kesemua minyak ini juga baik untuk menyingkirkan komedo dan akan sedikit menetralisir aroma amis putih telur yang mungkin mengganggu Anda.

2. Mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat

Jerawat dapat disebabkan oleh produksi sebum (minyak) berlebih pada permukaan kulit. Di sini putih telur bekerja dengan cara yang luar biasa dalam mengontrol kulit Anda yang berminyak. Hal ini dapat berujung pada pencegahan serta solusi untuk kulit Anda yang mudah berjerawat. Namun berhati-hatilah saat menggunakan masker putih telur, karena kulit yang mudah berjerawat biasanya mereka biasanya lebih sensitif ketimbang tipe kulit lainnya. Sehingga tidak dianjurkan untuk mengoleskan masker putih telur pada wajah yang sedang berjerawat karena kemungkinan dapat memperparah kondisi jerawat Anda.

Karena alasan ini pulalah, tidak dianjurkan untuk menggunakan kuas saat mengoleskan putih telur pada wajah. Cukup gunakan ujung jari Anda, namun pastikan bahwa Anda telah mencuci tangan dengan bersih. Menggunakan cotton bud juga diperbolehkan. Tambahkan dua tetes minyak tea tree yang merupakan minyak esensial yang ampuh untuk mengatasi jerawat sehingga perawatan ini semakin efektif.

3. Mengecilkan pori-pori

Putih telur memiliki zat astringent yang dapat mengecilkan dan mengencangkan pori-pori. Campurkan satu sendok teh putih telur dan satu perasan air lemon. Gunakan campuran ini pada wajah Anda atau pada bagian tertentu yang memiliki pori-pori besar. Tunggu 15 menit sebelum membersihkannya dengan air biasa. Keringkan dengan handuk yang lembut dengan cara menepuk-nepuk kulit wajah dan lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

4. Mengurangi minyak berlebih

Karena kemampuannya untuk mengencangkan dan mengecilkan pori-pori, putih telur amatlah baik bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Sebelum menggunakannya pada wajah, basuhlah wajah Anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Olesi wajah Anda dengan lapisan putih telur secara tipis dan biarkan mengering. Setelah kering, bersihkan masker dari wajah Anda dengan menggunakan air dingin.

5. Mengurangi kantung mata

Putih telur dapat secara efektif menyingkirkan kantung di bawah mata yaitu dengan mengoleskannya pada bagian bawah mata Anda dengan ujung jari telunjuk. Setelah putih telur mengering, bersihkan sisanya secara menyeluruh dengan air. Keringkan dengan handuk lembut dan oleskan minyak kelapa sesudahnya.

6. Menghilangkan bulu halus

Gunakan putih telur sebagai masker secara tipis pada wajah, pakai kuas untuk mengoleskannya. Setelah itu tutup wajah Anda dengan tisu kertas yang telah dibolongi untuk bagian mata dan mulut Anda. Beri lagi lapisan tipis putih telur di atas tisu tersebut agar lebih menempel pada wajah Anda. Bila sudah sepenuhnya kering, kelupas kertas tisu dengan cepat dari wajah Anda, hal ini akan membuat bulu-bulu halus atau rambut tipis di wajah Anda turut terkelupas seketika, tidak peduli di mana pun letaknya (kening, pipi, atau atas bibir). Wajah Anda akan terasa lebih bersih dan halus.

7. Mengencangkan kulit

Putih telur dikenal dapat mengencangkan kulit dan Anda dapat menikmati efek ini setelah mengoleskan putih telur sebagai masker pada wajah Anda dan membiarkannya mengering. Gunakan putih telur untuk mengangkat kulit area pipi yang biasanya nampak mengendor dan kulit yang keriput di area sekitar mata. Cukup oleskan secara tipis menggunakan kuas yang bersih, lantas bersihkan secara menyeluruh setelah putih telur mengering di wajah Anda.

8. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Menggunakan putih telur untuk meredakan inflamasi atau peradangan merupakan pengobatan rumahan yang telah banyak dilakukan, terutama untuk mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari (sunburn). Putih telur dapat memberikan sensasi rasa dingin dan rileks pada kulit Anda.

9. Mengurangi keriput dan garis-garis halus

Karena putih telur dapat mengencangkan kulit, ia juga berguna untuk mencegah penuaan dini yang nampak akibat munculnya keriput atau garis-garis halus pada wajah. Cukup gunakan masker putih telur seminggu dua kali untuk mendapatkan kulit yang nampak muda dan segar.

10. Eksfoliasi

Putih telur dapat digunakan untuk eksfoliasi pada segala tipe kulit. Di samping mengecilkan pori dan menutrisi kulit, seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Kocok putih telur sebanyak satu buah hingga berbusa, lantas tambahkan masing-masing satu sendok teh madu dan gandum, campurkan semuanya hingga rata. Setelah itu gunakan pada wajah Anda, biarkan selama 20 menit sebelum membasuhnya dan membersihkannya dengan kain yang telah dibasahi air hangat. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

11. Membersihkan kulit secara mendalam

Tidak seperti produk kecantikan wajah lainnya, kandungan bioenzimseperti lysozyme pada putih telur dapat membantu membersihkan kulit wajah secara mendalam. Enzim ini bekerja dengan menguraikan debu-debu membandel serta deposit minyak pada kulit wajah. Melakukan perawatan dengan putih telur secara rutin, Anda akan mendapatkan kulit yang lebih bersih dan cerah.

Selain untuk wajah, putih telur juga memiliki manfaat lain bagi kecantikan, yaitu kecantikan rambut, seperti:

1. Menstimulasi pertumbuhan rambut

Percaya atau tidak, hal ini sudah dikenal oleh orang sejak zaman kuno. Telur sudah digunakan untuk menguatkan helai rambut serta menjaganya agar tetap berkilau. Kandungannya yang kaya akan nutrisi penting termasuk enzim, vitamin, mineral, dan protein. Di sini, protein memainkan peran utama yang membuat masker telur menjadi populer, murah, dan mudah diakses sebagai perawatan rambut rumahan.

2. Melembutkan rambut kusut dan kering

Rambut yang kusut biasanya karena kering dan kurang akan minyak dan kadar air yang dibutuhkan olehnya. Menggunakan telur secara topikal dapat memberikan asam lemak dan kelembapan yang dibutuhkan untuk melembutkan rambut kering. Buat masker dengan 1-2 butir telur yang dicampur dengan 1 sendok makan minyak zaitun ekstra virgin. Pijatkan pada kulit kepala serta rambut kering Anda. Tunggu hingga lima menit agar telur dapat menutrisi rambut. Bila sudah, bersihkan menggunakan air dingin.

3. Mengurangi minyak pada kulit kepala

Tidak hanya pada wajah, tapi kulit kepala yang memiliki kelebihan produksi minyak dapat diatasi dengan putih telur dengan cara mengencangkan pori-pori pada folikel rambut. Pijatkan putih telur pada kulit kepala guna mengurangi keluarnya sebum.

4. Kondisioner bagi rambut

Menggunakan putih telur pada rambut dapat mengembangkan dan menata rambut secara alami. Telur kaya akan pelembap, asam lemak, asam amino, sulfur, dan protein yang semuanya bagus untuk rambut. Gunakan putih telur sebagai kondisioner untuk melembutkan rambut yang kasar dan kusut. Cukup lakukan perawatan ini seminggu sekali.

5. Menutrisi rambut

Protein dan sulfur adalah nutrisi yang amat baik bagi rambut. Protein merupakan basis pembuat helai rambut yang disebut dengan keratin, sulfur pun dikenal sebagai mineral kecantikan yang ditemukan hampir di setiap makanan kaya protein. Buatlah masker rambut dengan komposisi sebutir telur dan secangkir yogurt, sesuaikan komposisi tersebut dengan panjang dan ketebalan rambut Anda.

Memang tidak ada bukti konkrit tentang efek jangka panjang yang dapat diberikan oleh putih telur, namun jelas ada manfaat yang dapat Anda rasakan dalam jangka pendek. Pori-pori mengecil, kulit lebih kencang dan lembut merupakan beberapa hal yang dilaporkan merupakan efek langsung dan temporer dari penggunaan putih telur. Bagi Anda yang memiliki alergi makanan, berhati-hatilah saat menggunakan putih telur mentah pada kulit Anda. Bila memang ingin menggunakannya, coba dulu sebagian kecil pada area kulit Anda sebelum mengoleskannya ke seluruh wajah.