Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan

Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, rumput laut ternyata memberikan segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Bukan dengan dimakan, membiarkan kulit Anda terpapar kandungan lumput laut juga bisa membawa keuntungan lain. Bagaimana tanaman kaya serat dan vitamin dapat meningkatkan kecantikan kulit? Berikut merupakan Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan .

1. Penghilang jerawat

5 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan, Gak Hanya Bikin Sehat Badan

Rumput laut tinggi kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 berperan aktif sebagai anti inflamasi. Hal ini cukup ampuh dalam mengatasi peradangan di kulit seperti mengurangi pembengkakan jerawat. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Clinical and Experimental Dermatology ditemukan bahwa rumput laut bisa menurunkan hingga 64% kemungkinan terkena jerawat. Bahkan beberapa partisipan juga mengalami penurunan yang cukup signifikan pada timbulnya komedo. Wah, wajah jadi bebas jerawat dan komedo, nih.

2. Meremajakan kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit kita akan semakin kehilangan elastisitas sehingga akan terlihat kendur. Nah, rumput laut ternyata mampu menjadi solusi untuk meremajakan kulit kita. Kandungan yodium dalam rumput laut dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid sebagai pengatur metabolisme darah. Lancarnya metabolisme inilah nantinya yang akan membantu proses peremajaan kulit. Selain itu, rumput laut juga mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang turut andil dalam mencegah penuaan kulit.

3. Mencerahkan warna kulit

5 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan, Gak Hanya Bikin Sehat Badan

Perubahan dan perbedaan warna kulit, terutama di bagian wajah, menjadi permasalahan yang sering muncul. Lagi-lagi rumput laut menyimpan solusi untuk masalah kulit yang satu ini. Solusi yang dianggap lebih efektif adalah memakai produk perawatan wajah yang memiliki kandungan nutrisi ascophyllum nodosum seaweed dibandingkan memakai rumput laut langsung tanpa diolah. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi tadi dapat mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari sekaligus menjaga warna kulit tetap merata serta terlihat sehat.

4. Minimalisir bahkan menghilangkan selulit

5 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan, Gak Hanya Bikin Sehat Badan

Permasalahan kulit yang juga banyak dialami adalah munculnya stretchmark atau selulit. Banyak produk telah ditawarkan untuk mengatasi selulit, tapi hasilnya ternyata tidak seefektif rumput laut. Sebuah penelitian yang dilansir dari situs livestrong.com menyebutkan bahwa rumput laut dapat memperbaiki kesehatan jaringan kulit seperti selulit karena kaya akan kandungan mineral. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada rumput laut dapat menghapus parut yang diakibatkan oleh selulit, khususnya jenis iridaea.

5. Detoksifikasi kulit

5 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan, Gak Hanya Bikin Sehat Badan

Tanpa disadari, tubuh kita terlalu sering menerima paparan racun seperti polusi dan berbagai macam bahan kimia dalam produk make up yang menyebabkan kulit nampak kusam hingga masalah kulit lainnya. Rumput laut inilah yang kemudian menjadi solusi untuk mengeluarkan racun dan kotoran dalam proses detoksifikasi. Dengan memakai produk berbahan dasar rumput laut, sel kulit mati akan terangkat dan racun-racun yang menempel pada kulit akan keluar. Selain itu, rumput laut juga efektif membuat permukaan kulit jauh lebih halus dan lembut.

Nah, itu tadi beberapa manfaat rumput laut untuk kecantikan. Gak cuma cantik, tapi juga sehat dan tentunya makin nampak awet muda.