Manfaat Teh Hijau Untuk Perawatan Rambut

Manfaat Teh Hijau Untuk Perawatan Rambut

Kecantikan , informasi kecantikan , cara merawat wajah , cara menghilangkan jerawat , Masker Penghilang Whitehead , Cara Menghilangkan Komedo Hitam Paling Ampuh , Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan , Cara Menebalkan Alis Secara Tradisional , Manfaat Minyak Bulus Untuk Wanita , Makanan Yang Membuat Kulit Sehat Bersinar , Gaya Rambut Yang Bikin Kamu Tampak Lebih Tua , Cara Contour Hidung , Vitamin Alami Untuk Kulit Kering , Cara Menghilangkan Selulit Di Perut , Cara Berpakaian Modis Untuk Wanita Pendek , Cara Bleaching Rambut , Cara Menghilangkan Komedo , Cara Smoothing Rambut , Model Rambut Untuk Jidat Lebar , Cara Menata Rambut Ke Sekolah Yang Mudah , Manfaat Halba Untuk Rambut , Model Rambut Yang Cocok Untuk Orang Tua , Model Rambut Untuk Wisuda , Manfaat Tepung Jagung Untuk Wajah , Cara Mengangkat Sel Kulit Mati , Manfaat Putih Telur Untuk Wajah , Cara Mengatasi Rambut Agar Tidak Rontok , Manfaat Teh Hijau Untuk Perawatan Rambut , Cara Mencerahkan Bibir Hitam
Manfaat Teh Hijau Untuk Perawatan Rambut

Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Teh hijau merupakan minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, Asia Tenggara dan semakin dikenal juga di negara Barat yang dulunya merupakan peminum teh hitam.

Gugus katekin yang banyak terkandung pada teh hijau dalam bentuk molekul epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dapat menghambat tumorigenesis pada tahap inisiasi, promosi dan progresi. Selain untuk diminum , berikut ini Manfaat Teh Hijau Untuk Perawatan Rambut :

1. Manfaat air teh hijau untuk mengatasi kerontokan rambut

Rambut rontok adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Rambut rontok tentu saja dapat mengurangi penampilan Anda apalagi jika kerontokannya telah parah alias berpotensi menyebabkan kebotakan. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Sehingga penting untuk mengatasinya sejak dini. Kerontokan rambut sebenarnya terjadi karena kebiasaan menyisir rambut yang masih basah, penggunaan hair-dryer, banyak terpapar sinar matahari, rambut terlalu sering diikat, atau karena perawatan rambut yang kurang intensif. Kebiasaan tersebut adalah beberapa hal yang berpotensi menyebabkan kerontokan pada rambut.

Penggunaan shampoo saja tidak cukup untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga dibutuhkan treatment khusus untuk mengembalikan kesuburan rambut anda. Namun tidak perlu khawatir karena anda dapat memanfaatkan bahan alami sederhana yang bisa diperoleh dengan mudah di rumah. Anda dapat menggunakan air teh hijau yang sudah direndam semalaman untuk diaplikasikan ke rambut Anda.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Sediakan air rendaman teh tadi secukupnya.
  • Lakukan penyiraman ke seluruh rambut sebelum Anda mandi.
  • Gunakan penutup kepala dari handuk lalu diamkan selama kurang lebih setengah jam. Ini dimaksudkan agar air rendaman teh tadi dapat menyerap ke kulit rambut secara maksimal.
  • Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih. Disarankan untuk tidak membersihkannya dengan shampoo. Anda dapat melakukan keramas dengan shampoo esok hari setelah pemakaian. Lakukan treatment ini secara dua atau tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. Dan anda akan mendapatkan rambut sehat berkilau tanpa kerontokan.

2. Manfaat Air Teh Hijau untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh ahli rambut dari korea menemukan bahwa kandungan senyawa EGGG mampu meningkatkan Dermal Papillae yang sangat berguna untuk kekuatan rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan berfungsi membersihkan sel-sel kulit mati. Dengan kemampuannya untuk membersihkan sel-sel kulit mati inilah sehingga pertumbuhan folikel rambut tidak terhambat. Dengan demikian, pemakaian teh hijau secara rutin dapat mempercepat pertumbuhan rambut serta menyuburkannya.

Adapun cara penggunaannya hampir sama dengan di atas. Anda perlu menyiapkan air teh hijau yang berasal dari rendaman selama sehari. Sebaiknya anda menyimpannya dalam posisi terbuka. Ini dimaksudkan agar air teh tersebut berembun. Selanjutnya lakukan penyiraman rambut secara merata dan diamkan selama 30 menit. Jangan lupa menggunakan tutup kepala atau handuk agar air tehnya meresap dengan baik. Lalu bilas menggunakan air bersih.

3. Air Teh Hijau untuk Mengatasi Ketombe

Kerusakan rambut yang paling sering dialami oleh sebagian orang adalah ketombe. Ketombe atau bahasa ilmiahnya Pityriasis capitis sebenarnya adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan yang terjadi pada kulit kepala. Kurangnya nutrisi dan kulit kepala kering merupakan penyebab adanya ketombe. Ketombe yang terlalu banyak tentu saja sangat mempengaruhi keprcayaan diri seseorang, apalagi jika mengenakan pakaian gelap dan ketombe jatuh dimana-mana. Dijamin Anda pasti akan malu setengah mati. bukan itu saja, kulit kepala yang ketombean juga sangat gatal. Sebelum hal ini terjadi pada Anda, alangkah baiknya anda menjaga kesehatan kulit kepala anda.

Sebenarnya penggunaan shampoo yang tepat dapat menghindarkan anda dari gangguan ketombe. Namun pemakaian shampoo berlebihan yang mengandung bahan kimiawi juga tentu tidak baik untuk rambut. Sehingga anda dapat memanfaatkan bahan alami dari air teh yang banyak tersedia di rumah. Langkah-langkah penggunaannya sama dengan di atas. Untuk mendapatkan hasil maksimal anda dapat melakukan pemijitan di kulit kepala pada saat pengaplikasian air teh hijau tersebut. Pemakaian rutin dapat mengatasi ketombe yang berlebihan di kulit kepala. Anda sudah siap mencobanya?

4. Mampu Menghambat Pertumbuhan Uban

Apakah anda menemukan uban di rambut saat usia anda masih muda? Bisa jadi penyebabnya adalah karena penggunaan minyak rambut, cat/pewarna rambut, paparan polusi, dan asupan makanan yang mengakibatkan ketidakseimbangan kadar pH dan minyak pada kulit kepala anda. Tentu akan sangat tidak enak dipandang jika rambut putih tumbuh dan menyebar di rambut anda kan!

Solusi menyemir atau mencabut rambut putih bukanlah solusi yang tepat. Rambut yang dicabut akan berpengaruh pada syaraf-syaraf tertentu. sehingga sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan. Adapun menyemir rambut agar kembali hitam juga memberikan dampak yang tidak baik karena kandungan bahan kimiawi cat yang malah dapat memperparah kondisi rambut anda.

Seperti halnya dengan perawatan rambut lain, anda dapat memanfaatkan daun teh hijau untuk mengatasi uban. Daun teh hijau kaya akan kandungan polienol, vitamin C dan vitamin E yang berfungsi menstabilkan produksi minyak dan kandungan pH di kulit kepala sehingga mampu mengembalikan kesuburan rambut dan mengurangi pertumbuhan uban yang disebabkan oleh radiasi sinar UV. Untuk memulai perawatan rambut dengan bahan air teh hijau, Anda dapat mengikuti cara di atas dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Diamkan air teh di wadah yang terbuka semalaman, kemudian saring untuk memisahkan dengan daun teh. Anda dapat mencampurkannya dengan satu sendok garam lalu aduk secara merata
  • Oleskan ke kulit kepala sambil dipijat perlahan
  • Diamkan selama satu jam dengan mengenakan penutup kepala
  • Lakukan pembilasan. Lakukan secara rutin dua sampai tiga kali seminggu. Penggunaan rutin air teh hijau dijamin dapat mengembalikan keindahan kemilau rambut dan menghambat pertumbuhan uban di rambut.