Ole Ole Khas Gorontalo

Ole Ole Khas Gorontalo

Ada banyak oleh-oleh khas Gorontalo yang bisa kalian beli saat akan pulang ke daerah asal kalian. Menjadi salah satu bagian dari wilayah Indonesia, Gorontalo termasuk kota yang memiliki banyak keragaman baik dari budaya hingga kulinernya. Ada bermacam Ole Ole Khas Gorontalo yang akan sering kalian temui disini, hingga makanan ringan yang lezat. Jadi bagi anda yang sedang berjalan – jalan ke gorontalo , ada baiknya anda membawa pulang beberapa ole ole ini .

Songkok Gorontalo

Kalau Aceh dikenal dengan sebutan Kota Serambi Mekkah, maka julukan yang melekat pada Gorontalo adalah Bumi Serambi Madinah. Populasi masyarakat muslim di sini cukup tinggi, sehingga songkok Gorontalo terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas.

Songkok Gorontalo adalah kopiah atau peci, yang terbuat dari anyaman kulit kayu pohon mintu.

Kain Karawo

Indonesia memang kaya akan adat budaya, salah satu buktinya adalah keberadaan kain tradisional dari berbagai daerah. Selain ulos, songket, dan batik, ada juga kain karawo khas Gorontalo.

Proses pembuatannya unik, dengan cara disulam secara manual. Sesuai arti dari kata ‘karawo’ yaitu sulaman tangan. Selembar karawo bisa dihargai sampai jutaan rupiah, tergantung tingkat kesulitan pengerjaannya.

Kue Karawo

Punya nama sama dengan kain tradisional khas Gorontalo, kue karawo sebenarnya dibuat dari bahan baku kue kering pada umumnya. Keunikan kue ini terletak pada motif di bagian atasnya yang dilukis warna-warni seperti motif kain karawo. Duh, jadi nggak tega mau makan kuenya.

Duduli Gorontalo

Makanan ringan khas Gorontalo yang satu ini berbentuk seperti dodol. Rasanya manis dengan tekstur lunak dan lengket di dalamnya. Duduli Gorontalo memang dibuat dari ketan dan gula, dengan proses seperti pembuatan dodol.

Bedanya, duduli dibungkus dengan daun woka yang memunculkan aroma khas. Duduli tersedia dalam dua rasa, original dan durian. Kira-kira kamu lebih suka yang mana nih?

Kopi Pinogu

Indonesia juga terkenal sebagai negara penghasil biji kopi berkualitas di dunia. Kondisi alam dan iklim tropisnya cocok untuk membudidayakan tanaman kopi. Nah, kalau mampir ke Gorontalo, jangan lupa bawa pulang kopi pinogu. Kopi jenis robusta ini punya aroma khas dan tingkat keasaman yang nggak terlalu tinggi. Aman dikonsumsi oleh penderita maag sekalipun.

Image result for gorontalo