Tanaman Obat Penyakit Lupus

Tanaman Obat Penyakit Lupus

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Pare Untuk Penyakit Kista , Manfaat Temu Putih Untuk Wanita , Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan , Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan , Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan , Mengobati Penyakit Hepatitis Secara Alami , Obat Tradisional Sakit Telinga , Cara Mengobati Busung Lapar , Cara Mengobati Bisul Bernanah , Cara Mengatasi Masuk Angin Berat , Resep Obat Tradisional Insomnia Alami , Obat Tradisional Pneumonia , Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis , Manfaat Daun Sambung Nyawa , Resep Obat Pegal Linu Tradisional , Obat Tradisional Gangguan Pencernaan , Khasiat Daun Ungu Untuk Obat Wasir , Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan , Mengobati Hernia Secara Tradisional , Daun Bakung Untuk Patah Tulang , Resep Obat Tradisional Kram Perut , Obat Tradisional Psoriasis , Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan , Khasiat Daun Seribu Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih , Tanaman Obat Penyakit Lupus , Obat Tradisional Mata Ikan
Tanaman Obat Penyakit Lupus

Lupus merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini termasuk dalam penyakit autoimun. Penyakit terjadi apabila terjadi anomali pada sistem dan kerja sel pertahanan tubuh manusia. Sel pertahanan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari masuknya kuman atau gangguan eksternal lainnya justeru menyerang tubuh pemiliknya . Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan pada jenis Eritematosus Sistemik atau yang juga disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Lupus jenis ini lebih dikenal dan sering digunakan untuk menyederhanakan penyebutan dan pemahaman tentang penyakit ini di kalangan umum. Selain jenis tersebut, terdapat beberapa jenis penyakit lupus lainnya yaitu lupus neonatal (lupus yang terjadi pada bayi) dan lupus terinduksi obat . Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Tanaman Obat Penyakit Lupus :

Menurut studi medis, tidak ada penjelasan yang pasti tentang penyebab penyakit lupus. Penelitian menyebutkan karena faktor hormon, lingkungan dan genetik. Kemungkinan lain disebabkan oleh sinar matahari, merokok, hormon seks wanita, kekurangan vitamin D, dan infeksi. Ada juga jenis lupus yang lain, diantaranya  Discoid Lupus Erythematosus, Neonatal Lupus, dan Subacute Cutaneous Lupus Erythematosus.
Medis menyebutkan, tidak ada obat untuk SLE, dan pengobatan alternatif belum terbukti menyembuhkan penyakit ini. Sementara harapan hidup penderita sangat kecil, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular yang menyebabkan kematian. Resiko penyakit yang diderita SLE bervariasi, dan umumnya terjadi antara usia 15 dan 45 tahun. Menurut legenda pada abad ke-18, penyakit lupus disebabkan oleh gigitan serigala, dan namanya dalam bahasa latin disebut Lupus (serigala).
Beberapa tanaman obat penyakit lupus dipercaya beberapa daerah mampu mengurangi gejala, bahkan ada yang menyatakan sembuh. Berikut jenis tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan dan perawatan penyakit lupus:

Ektrak Tanaman Boswellia Serrata

Tanaman boswellia merupakan bahan utama penghasil kemenyan tradisional. Senyawa yang terkandung didalamnya berfungsi sebagai antiinflamasi yang kuat. Mampu mengurangi produksi Leukotrien tubuh yang meningkatkan peradangan. Adapun cara pembuatan ekstrak tanaman obat penyakit lupus sebagai berikut:
  1. Sediakan 10 gram Boswellia.
  2. Iris-iris, dan masukkan kedalam 110 ml air bersih.
  3. Ektraksi dengan cara membuat infusa, dipanaskan selama 15 menit pada suhu 90 derajat celsius, kemudian disaring.
  4. Dosis ini untuk sekali minum, sehari 2 kali. Lakukan setiap pagi dan sore hari.

 

Selain untuk mengobati penyakit lupus, Boswellia juga digunakan untuk mengobati:
  1. Penyakit Crohn, penyakit yang mempengaruhi saluran pencernaan, berkembang di ujung usus kecil atau pangkal usus besar.
  2. Fibromyalgia atau fibromyalgia syndrome (FMS), penyakit kronis yang menyebabkan rasa sakit di sekujur tubuh.
  3. Osteoarthritis, penyakit kerusakan lapisan tulang rawan sendi, menipis, atau hilang, yang menyebabkan rasa sakit.
  4. Peradangan gastrointestinal, suatu kelainan atau penyakit pada pencernaan.

Teh Daun Pegagan (Centella Asiatica)

Ramuan teh daun pegagan dianggap sangat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan penyakit lupus. Bermanfaat sebagai adaptogen, detox, tonik darah, dan pelemas sistem saraf pusat. Adaptogen dari ramuan ini akan membantu penderita lupus mengatasi dan meminimalkan stres. Pengolahan herba dapat dilihat pada halaman Cara Membuat Teh Pegagan.

Semanggi Merah (Trifolium Pratense)

Red clover, atau dikenal sebagai semanggi merah, juga digunakan dalam pengobatan tradisional di India. Manfaatnya sebagai tanaman obat penyakit lupus berguna untuk agen deobstruent, antispasmodic, ekspektoran, obat penenang, anti-inflamasi dan antidermatosis. Bagian yang digunakan untuk ekstraksi adalah daun, pucuk tanaman dan bunga. Dalam pengobatan alternatif, semanggi merah dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit manusia, setidaknya mengurangi gejala lupus. Resep pembuatan dengan metode infusa, sama seperti ekstraksi Boswellia.