Tempat Wisata Belitung Timur

Tempat Wisata Belitung Timur

Travelling , tips travelling , travel ke indonesia , travel ke luar negeri , tips hemat jalan jalan ke jepang , Tempat Wisata Singapura Gratis , Wisata Dubai Yang Harus Anda Kunjungi , Tempat Wisata Populer China , Pantai Terbersih Di Dunia , Tips Jalan Jalan Di Perth , Tempat Wisata Di Byron Bay Australia , Tempat Wisata Di Izmir Terfavorit , Tempat Wisata Di Hualien , Tempat Wisata Di Konya Turki , Tempat Wisata Di Oahu , Kota Terkenal Di Amerika , Tempat Wisata Di Washington DC , Wisata Natal di New York , Tempat Wisata Di Kepulauan Nias , Tempat Wisata Di Danau Toba , Wisata Sejarah di Aceh , Tempat Wisata Belitung Timur , Objek Wisata di Rejang Lebong , Tempat Wisata Di Jambi
Tempat Wisata Belitung Timur

Kabupaten Belitung Timur adalah salah satu kabupaten di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Belitung dan beribukota Manggar. Kabupaten Belitung Timur pernah menjadi lokasi pertambangan timah sejak masa kolonial Belanda hingga masa Orde Baru. Semenjak kemerdekaan, usaha pertambangan dijalankan oleh PN Timah. Kabupaten Belitung Timur ini merupakan tempat “Laskar Pelangi” yang ditulis Andrea Hirata. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Tempat Wisata Belitung Timur :

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di tempat wisata Belitung Timur. Pulau Lengkuas terkenal akan keindahannya, air laut yang masih berwarna biru jernih dan pasir putih yang masih sangat bersih. Selain keindahan alamnya pulau lengkuas memiliki cerita sejarah mengenai penjajahan, di pulau ini terdapat mercusuar dengan tinggi Sekitar 50 hingga 60 meter yang merupakan peninggalan dari penjajah. Mercusuar tersebut dibangun pada tahun 1882 oleh para kolonial Belanda. Para wisatawan pun dapat menaiki mercusuar tersebut, namun siapkan tenaga ekstra ya karena mercusuar ini mempunyai tinggi 18 lantai dan wisatawan harus menaiki tangga. Lelah yang didapatkan dari menaiki tangga untuk sampai menara mercusuar akan terbayar ketika sampai puncak menara mercusuar, karena pemandangan yang sangat indah pulau lengkuas terlihat dari atas menara. Selain mercusuar di sekitar pulau lengkuas terdapat makam penjajah Belanda.

Untuk rute perjalanan menuju pulau ini cukup sulit karena kita tidak dapat langsung sampai ke pulau lengkuas. Rute yang dapat dilewati yaitu melalui desa Tanjung Kelayang setelah itu kita melewati beberapa mulai seperti pulau babi, pulang burung dan pulau pasir barulah kita sampe ke pulau lengkuas. Selain rute tersebut kita juga dapat melewati Tanjung Binga, jika wisatawan akan melewati rute Tanjung Binga maka pulau yang akan dilalui sebelum sampai ke pulau lengkuas yaitu pulau litiung dan pulau semaju. Selain menikmati keindahan alam dan mencoba menaiki mercusuar, wisatawan dapat mencoba untuk mandi di kolam yang terbentuk dari batuan granit yang menyatu dan air laut yang berasal dari pulau lengkuas pun menyatu di kolam tersebut kolam tersebut disebut dengan kolam bidadari. Nah untuk kalian yang mempunyai hobi pemancing, ternyata pulau lengkuas merupakan salah satu spot terbaik memancing di Belitung. Jika ingin memancing maka dapat menyewa kapal untuk mendatangi spot terbaik memancing, ikan yang terdapat di pulau lengkuas ini diantaranya yaitu ikan jenis mayong, ikan kakap merah, dll.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi terletak di kabupaten Belitung tepatnya di kecamatan Sijuk. Pantai ini rupanya memiliki pesona yang sangat indah, pasir putih yang masih sangat bersih dan air laut berwarna hijau kebiruan dengan berbagai bebatuan disekitar pantai membuat pemandangan pantai ini tidak dapat diragukan lagi. Tak heran jika banyak wisatawan mengunjungi pantai ini, bahkan wisatawan mancanegara pun sudah banyak yang mengunjungi pantai tanjung tinggi. Pantai tanjung tinggi merupakan pantai yang berbentuk teluk kecil dengan panjar berkisar 100m, oleh karena itu ombak yang ada di pantai tanjung tinggi ini tidak besar. Hal unik yang ada dipantai ini masih banyak ubur-ubur jadi berhati-hati jika bermain-main di pantai.

Batu-batu yang ada disekitar pantai pun menjadi daya tarik karena beraneka ragam batu mulai dari berukuran kecil hingga besar menjadikan salah satu spot foto terbaik ketika matahari akan terbenam. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di pantai ini mulai dari berenang, memancing, snorkeling dapat dapat menyewa jetski ataupun perahu karet untuk menjelajahi pantai ini. Fasilitas yang ada disekitar pantai tanjung tinggi sudah lengkap, teah tersedia rumah makan. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Belitung yaitu Gangan, gangan merupakan masakan sayur dengan bumbu utama kunyit dan disajikan dengan kepala ikan dan nanas muda. Cocok sekali ketika selesai bermain-main di pantai dan merasa lapar maka coba makanan ganga ini. Akses kendaraan untuk mencapai pantai ini disarankan untuk menyewa mobil karena masih sangat sulit angkutan umum yang menuju pantai ini.

3. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai terletak di Belitung Timur tepatnya di desa Lalang, Kecamatan Manggar atau tepatnya berjarak sekitar 1,5 KM dari pusat kota tempat wisata Belitung Timur. Pantai Nyiur Melambai sering juga disebut dengan Pantai Lalang hal ini karena pantai tersebut berada di desa Lalang. Ketika kamu berkunjung ke pantai ini maka saat akan memasuki kawasan pantai terdapat tulis Nyiur Melambai yang cukup besar.

Keindahan pantai ini tidak kalah indah dengan pantai tanjung tinggi dan pulau lengkuas, sama halnya dengan kedua pantai tersebut pantai nyiur melambai mempunyai pasir yang putih dan dikelilingi dengan pepohonan yang melambai-lambai ketika tertiup angin. Berbeda halnya dengan pantai tanjung tinggi, pantai nyiur melambai tidak mempunyai banyak bebatuan disekitar pantainya. Pantai nyiur melambai cukup landai sehingga ombak pun cukup kecil sehingga sangat aman untuk melakukan berbagai kegiatan air di pantai ini.

Fasilitas yang ada di sekitar pantaipun sudah cukup lengkap terdapat bangku yang dilengkapi dengan payung besar sehingga kamu tidak perlu takut untuk kepanasan. Selain kegiatan air pengunjung juga dapat melakukan futsal ataupun voli pantai. Keunikan dari pantai nyiur melambai ini yaitu sering kali diadakan festival mengenai kesenian daerah setempat. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini yaitu pagi hari ketika matahari mulai terbit, keindahan sunrise di tempat ini sangat mempesona. Jika telah bermain dengan sepuasnya dan merasa lapar, di sekitar pantai ini sudah tersedia banyak tempat makan dan juga terdapat warung-warung untuk sekedar membeli makanan ringan.

4. Pantai Punai

Pantai Punai terletak di Kecamatan Dendang, Desa Tanjung Kelumpang, Belitung. Kata punai merupakan nama yang berasal dari nama burung yaitu burung punai hal ini karena terdapat banyak burung punai yang tinggal di pepohonan sekitar pantai punai. Belitung sangat terkenal akan pantai-pantai yang ada di Bangka Belitung yang sangat bersih hampir semua pantai memiliki pasir yang putih dan air berwarnah hijau kebiruan yang asih sangat jernih begitupun di pantai punai.

Selain itu terdapat pohon nyiur dan cemara laut disekitar pantai punai dan batu-batu granit berukuran kecil hingga besar. Kita dapat melihat para nelayan lokal sedang berlayar dan kita dapat membeli langsung ikan hasil tangkapan para nelayan, berbagai jenis ikan segar pun banyak di dapatkan oleh para nelayan. Jika pengunjung ingin bermalam di pantai ini tidak usah khawatir karena sudah mulai tersedia beberapa cittage yang mempunyai fasilitas lengkap seperti televisi, AC atau kipas angin, dispenser, dan jika ingin memasak ikan segar yang dijual para nelayan di cottage terdapat juga fasilitas untuk memasak seperti kompor, piring dan gelas.

5. Museum Kata

Museum Kata merupakan museum yang didirikan pada tahun 2010 oleh Andrea Hirata yaitu seorang penulis Laskar Pelangi. Laskar Pelangi merupakan novel yang mempunyai kisah inspiratif yang dijadikan sebuha film. Film Laskar Pelangi sangat sukses pada saat penayangannya sehingga menyebabkan banyak orang ingin mengetahui lebih dalam mengenai Belitung. Museum Kata terletak di Jl. Raya Laskar Pelangi No.7, Belitung Timur. Di museum ini kamu dapat menemukan berbagai macam jenis seni mulai dari musik, berbagai novel karya Andrea hirata, dll.

Museum ini mempunyai banyak keunikan diantaranya yaitu di museum ini terdapat tempat untuk menulis dan mengirim kartu pos, selain itu terdapat kedai kopi di tengah-tengah museum ini, dan tempat ini juga dijadikan tempat untuk mengajar anak-anak belajar Bahasa Inggris. Bangunan arsitektur yang sangat menarik dengan interior yang di desain semenarik mungkin membuat tempat ini menjadi salah satu daya tarik para pengunjung yang mengunjungi Belitung Timur. Bangunan depan museum kata merupakan bangunan rumah tua yang telah berusiah sekitar 200 tahun dan mempunyai nilai sejarah. Akses kendaraan untuk menuju museum kata yang itu dapat menggunakan travel ataupun menyewa kendaraan pribadi. Museum kata hanya berjarak sekitar 1 jam dari Bandara Hanandjoeddin. Jika ingin berlibur lama di Belitung Timur terdapat beberapa penginapan di sekitar museum kata.

Selain lima tempat wisata tersebut, masih banyak lagi tempat wisata Belitung Timur yang tentunya mempunyai keindahan alam yang sama dengan lima tempat wisata tersebut. Berikut ini tempat wisata lainnya yang ada di Belitung Timur:

  1. Pantai Serdang
  2. Pantai Sengaran
  3. Galeri Laskar Pelangi
  4. Replika SD Laskar Pelangi
  5. Open Pit
  6. Pantai Burung Mandi
  7. Pantai Olivier
  8. Batu Buyong
  9. Kampoeng Ahok
  10. Vihara Dewi Kwan Im
  11. Pantai Bukit Batu
  12. Pantai Tambak
  13. Pantai Penyak
  14. Pantai Tanjung Kelayang
  15. Bukit Berahu
  16. Galeri Ahok
  17. Pulau Memperak
  18. Pantai Mudong
  19. Bendungan Pice
  20. Warkop Manggar
  21. Danau Kaolin
  22. Pulau Pasir
  23. Pulau Lutong
  24. Air Terjun Gurok Beraye
  25. Pulau Batu Berlayar
  26. Tanjung Binga
  27. Air Terjun Kapala Kawai
  28. Pulau Kepayang
  29. Bukit Pangkuan
  30. Kampong Dedaun
  31. Tirta Marundang
  32. Sail Belitung
  33. Pantai Penyabong
  34. Batu Penyu
  35. Pantai Selindang
  36. Bandoeng River
  37. Pulau Pekandis
  38. Pantai Pesairan
  39. Batu Betarak
  40. Air Terjun Marsilla
  41. Objek Wisata Ngenjungjak
  42. Pelabuhan Rakyat Dendang
  43. Air Terjun Simpang Tiga
  44. Pulau Nangka
  45. Kelenteng Fuk Tet Che
  46. Air Panas Buding
  47. Vihara Dharma Suci
  48. Burunan Belanda
  49. Danau Merantik
  50. Danau Jambu Bulog
  51. Pantai Batu Belida
  52. Pantai Gusong Cina
  53. Pantai Batu Lalang
  54. Pantai Pangkalan Limau
  55. Makam Syekh Abdul Jabar Samsudin
  56. Museum Istiqomah Building
  57. Pulau Pandan
  58. Pantai Keramat
  59. Monumen Batu Perjuangan
  60. Pantai Lalang Permai
  61. Kepulauan Air Masin
  62. Kelenteng Sun Li San
  63. Kelenteng Damar
  64. Vihara Sun Go Kong
  65. Rumah Keong
  66. Pantai Tanjung Pendam
  67. Bukit Peramun
  68. Dermaga Kirana
  69. Niaga Gurok Beraye
  70. Museum & Zoo Tanjungpandan
  71. Bundaran Batu Satam
  72. Bakau Labunaji
  73. Kolam Renang Suci Indah
  74. Museum Daerah
  75. Mangrove Kuala

Sekian pembahasan mengenai 80 tempat wisata Belitung Timur. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan referensi ketika akan berlibur ke Belitung Timur. Siapkan berbagai keperluan yang dianggap penting untuk berlibur dan yang terpenting utamakan kesehatan.