Tempat Wisata Di Albania

Tempat Wisata Di Albania

Travelling , tips travelling , travel ke indonesia , travel ke luar negeri , tips hemat jalan jalan ke jepang , Tempat Wisata Singapura Gratis , Wisata Dubai Yang Harus Anda Kunjungi , Tempat Wisata Populer China , Pantai Terbersih Di Dunia , Tips Jalan Jalan Di Perth , Tempat Wisata Di Byron Bay Australia , Tempat Wisata Di Izmir Terfavorit , Tempat Wisata Di Hualien , Tempat Wisata Di Konya Turki , Tempat Wisata Di Oahu , Kota Terkenal Di Amerika , Tempat Wisata Di Washington DC , Wisata Natal di New York , Tempat Wisata Di Kepulauan Nias , Tempat Wisata Di Danau Toba , Taman Bunga Mawar Terindah Di Dunia , Ladang Lavender Terindah Di Dunia , Pantai Pink Indah Di Dunia , Tempat Wisata Di Islandia , Tempat Wisata Di Albania
Tempat Wisata Di Albania

Albania terletak di daerah yang dikelilingi oleh pegunungan. Negara ini juga memiliki sejarah, kebudayaan, hingga sosial yang beragam. Dengan perbedaan itu, negara ini memiliki keunikan tersendiri.

Keindahan alam yang bersandingan dengan kebudayaan yang kental, membuat Albania menjadi salah satu tujuan wisata yang patut untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa Tempat Wisata Di Albania  :

1. Riviera Albania

Objek wisata Riviera Albania sangat menakjubkan dengan pantai panjang berkerikil dan air lautnya yang biru kehijauan. Dihiasi pula oleh gereja-gereja kecil Ortodoks, jalanan berbatu dan bunga di mana-mana. Kunjungi spot-spot populer seperti Dhërmi, Pantai Drymades, Vuno, Qeparo, dan kota tepi laut Himara.

2. BunkArt di Tirana

BunkArt adalah sebuah bunker yang menyimpan pesona tersendiri bagi para wisatawan. BunkArt dibangun di pinggir kota tahun 70-an oleh mantan diktator Enver Hoxha. Tempat wisata ini menyimpan sejarah Komunis Albania. Bagi Anda yang suka dengan sejarah, maka wajib menyempatkan untuk datang ke lokasi ini.

3. Kota Gjirokastër

Salah satu tujuan paling menakjubkan di Albania dan Balkan adalah Gjirokastër karena arsitektur Utsmaniyah yang unik. Kota ini telah dimasukkan dalam situs warisan oleh UNESCO. Gjirokastër menawarkan pemandangan kota yang spektakuler.

4. Berat

Kota ini memiliki julukan Kota Seribu Jendela. Berat adalah salah satu kota tertua di Albania. Berat juga bagian dari situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2008. Tidak hanya karena keindahannya, tetapi juga karena kota ini merupakan contoh dari toleransi beragama.

5. Kota tua Kruja

Kruja adalah rumah bagi Museum Etnografi Nasional, salah satu tempat wisata Albania yang populer. Kruja juga menawarkan pemandangan memukau Laut Adriatik, benteng George Kastrioti Skanderbeg, dan jangan lewatkan berjalan-jalan di pasar tua dan membeli suvenir lokal.

6. Saranda

Saranda dikenal karena pantainya yang indah, Butrint yang merupakan Situs Warisan Dunia, taman arkeologi dan kehidupan malam yang semarak. Terletak di antara pulau Corfu di Yunani, dapat dicapai dengan naik perahu selama 40 menit.

7. Vlora

Tempat wisata Albania ini memiliki julukan semenanjung Karaburun yang tak tersentuh dengan keindahannya yang menakjubkan. Vlora, sebuah kota dengan situs bersejarah penting, seperti kastil Kanina, pulau Zvernec, dan Orikum.

8. Llogara Pass

Salah satu pemandangan alam Albania yang paling indah adalah Llogara, jalur jalannya cukup menantang tetapi panorama yang akan didapatkan sangat spektakuler.

9. Syri I Kalter

Terletak di antara kota Saranda dan Gjirokastër, Syri I Kalter salah satu tempat wisata Albania yang alami. Syri I Kalter adalah mata air alami lebih dari 50 meter.

10. Taman Nasional Lembah Valbona

Lokasinya tersembunyi di antara Pegunungan Alpen Albania. Valbona adalah taman nasional yang dihiasi dengan pemandangan menakjubkan, lanskap pegunungan alpine, gletser, batu, hutan, air terjun, cagar alam, yang membentuk ekosistem unik yang masih murni.

11. Taman Arkeologi Butrint

Tempat wisata Albania ini dihuni sejak zaman prasejarah. Taman arkeologi Butrint menjadi yang terbesar dan paling terkenal di Albania sekaligus tercatat dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain itu, terdapat teater, tempat baptisan, dan basilika. Sedangkan di pusat kota, ada sebuah museum dengan artefak kunonya.

12. Pogradec

Pogradec, sebuah kota kecil terletak di tepi Danau Ohrid yang merupakan salah satu danau tertua dan terdalam di Eropa. Pogradec adalah tujuan wisata musim panas paling terkenal di Albania karena pantainya dan kehidupan malamnya yang semarak.

13. Dardha

Dardha adalah desa kecil yang indah dan dikenal sebagai area ski paling terkenal di Albania. Penggemar olah raga ski wajib mengunjungi Dardha di musim dingin.

14. Danau Koman

Tempat wisata Albania yang satu ini menawarkan pemandangan paling menakjubkan di Semenanjung Balkan. Perjalanan dengan kapal feri akan membawa pelancong dari bendungan pembangkit listrik tenaga air di Koman kemudian ke pelabuhan Fierza.

15. Durres

Durres dikenal sebagai pelabuhan utama sekaligus kota tertua Albania. Durres adalah rumah bagi ampiteater terbesar di Balkan. Kota ini juga memiliki museum arkeologi yang menarik.

Tips berwisata ke Albania
Berwisata ke luar negeri bukanlah perkara yang gampang, salah satunya ketika Anda memutuskan untuk ke Albania. Nah, untuk ke Albania Anda tidak boleh asal berangkat saja. Ada beberapa hal yang mesti Anda persiapkan agar liburan disana bisa maksimal dan anti ribet. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Hemat dan banyak menabung
    Ingat perjalanan liburan ke luar negeri tidak akan puas jika hanya 1 atau 2 hari saja, jadi pastikan untuk menyiapka budgetnya. Anda bisa memulainya jauh-jauh hari sebelum liburan dengan menerapkan gaya hidup hemat dan rajin menabung.
  2. Cari tahu segala hal tentang Albania dan juga lokasi wisata yang ingin dikunjungi
    Datang jauh-jauh untuk berlibur tentunya membuat kita harus menyiapkan segala hal dengan matang. Salah satunya yakni lokasi wisata dan juga kebiasaan di sekitarnya. Ini penting mengingat setiap daerah memiliki perbedaan kebiasaan sehingga kita harus patuh terhadap peraturan yang ada disitu. Selain itu dengan tahu lebih dulu membuat kita lebih mudah menentukan arah dan tujuan ketika liburan.
  3. Paspor dan visa
    Dua hal ini haruslah disiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Tanpa dua benda penting ini, kita akan kesulitan untuk bisa berlibur. Malah bisa jadi kita akan berurusan dengan pihak berwenang.
  4. Pelajari bahasa
    Bahasa adalah hal yang sangat penting ketika kita memutuskan untuk liburan ke luar negeri. Jadi pelajarilah sedikit demi sedikit bahasa Albania. Jika Anda kesulitan bisa menggunakan bahasa Inggris.
  5. Tukarkan uang
    Ingat, mata uang kita tidak sama dengan mata uang di Albania. Jadi sebelum berangkat, pastikan untuk menukarkan uang terlebih dahulu. Hindari menukarkan uang di negara tujuan karena bisa prosesnya akan sulit.
  6. Google maps dan translate
    Ini adalah senjata bagi para traveler. Gunakan maps untuk mengetahui lokasi Anda dan gunakan translate untuk memudahkan komunikasi dengan warga sekitar.
    Demikian ulasan singkat 15 tempat wisata Albania beserta tips berwisata ke Albania. Albania memanglah sebuah negara yang kecil, namun untuk masalah kkeindahan alamnya, jangan pernah diragukan. Ya, dan ini adalah alasan mengapa Albania sudah selayaknya masuk dalam daftar destinasi wisata Anda.