Tempat Wisata Di Kepulauan Nias

Tempat Wisata Di Kepulauan Nias

Travelling , tips travelling , travel ke indonesia , travel ke luar negeri , tips hemat jalan jalan ke jepang , Tempat Wisata Singapura Gratis , Wisata Dubai Yang Harus Anda Kunjungi , Tempat Wisata Populer China , Pantai Terbersih Di Dunia , Tips Jalan Jalan Di Perth , Tempat Wisata Di Byron Bay Australia , Tempat Wisata Di Izmir Terfavorit , Tempat Wisata Di Hualien , Tempat Wisata Di Konya Turki , Tempat Wisata Di Oahu , Kota Terkenal Di Amerika , Tempat Wisata Di Washington DC , Wisata Natal di New York , Tempat Wisata Di Kepulauan Nias , Tempat Wisata Di Danau Toba
Tempat Wisata Di Kepulauan Nias

Nias adalah kepulauan yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Indonesia, dan secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini merupakan pulau terbesar dan paling maju di antara jejeran pulau-pulau di pantai barat Sumatera, dihuni oleh mayoritas suku Nias (Ono Niha) yang masih memiliki budaya megalitik. Daerah ini memiliki objek wisata penting seperti selancar (surfing), rumah tradisional, penyelaman, fahombo (lompat batu).

Pulau dengan luas wilayah 5.625 km² ini berpenduduk hampir 900.000 jiwa.

Agama mayoritas di daerah ini adalah Kristen Protestan dimana 90% penduduknya memeluk agama ini, sedangkan sisanya beragama Katolik, Islam, dan Budha. Penduduk yang memeluk agama Islam pada umumnya berada di wilayah pesisir Kepulauan Nias.

Pulau Nias yang sebelumnya adalah hanya 1 kabupaten saja, saat ini telah dimekarkan menjadi empat kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara, dan Kota Gunungsitoli. Berikut adalah Tempat Wisata Di Kepulauan Nias :

 

1. Pantai Tureloto

Sebagai salah satu bagian dari tempat wisata di Sumatera Utara, Kepulauan Nias memang memiliki sebuah potensi wisata yang sangat menarik. meskipun destinasi wisata yang di di kawasan ini kebanyakan terdiri dari wisata pantai yang menarik. Salah satu destinasi tempat wisata di Kepulauan Nias yang wajib di kunjungi adalah Pantai Tureloto.

Pantai yang satu ini adalah pantai yang langsung menghadap ke Samudra Hindia. Pantai yang satu ini memang merupakan sebuah pantai yang sangat cantik dan menarik. Maka, tak mengherankan jika kawasan pantai yang satu ini merupakan salah satu andalan destinasi tempat wisata di Nias Utara. Keindahan pantai yang satu sudah tak perlu diragukan. Air lautnya yang berwarna biru bening akan sangat kontras dengan warna pasir bibir pantai dan bebatuan yang ada. Kawasan pantai yang satu ini pada awalnya sangat mirip dengan wisata pantai yang lain.

Namun, sejak gempat besar 2005 silam, kawasan wisata yang satu ini memiliki perubahan yang sangat besar dan mendasar. Kini diantara hamparan pasir pantai yang ada terdapat beragam jenis batuan karang yang semakin menambah keindahan. Jika kalian ingin berkunjung kawasan pantai ini, maka sebaiknya datanglah pada siang hari. Hal ini karena keindahan pantai ini akan semakin terlihat, gradasi warna biru laut yang menyatu dengan warna kecoklatan pasir dan karang. Meskipun pantai ini berhadapan langsung dengan samudra Hindia, tapi pantai yang satu tidak memiliki ombak besar. Justru hal yang sangat menarik adalah, jika kita berenang di pantai ini, maka kita akan sangat mudah untuk terapung. Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Tureloto ini merupakan “laut mati”nya indonesia.

2. Pulau Asu

Sebaiknya kalian jangan terlalu berpikiran yang macam-macam dengan lokasi wisata yang satu ini. Nama Asu disini bukan bermakna anjing atau sebuah kata umpatan, namun memang nama dari pantai ini sendiri bernama Pulau Asu. Pulau ini banyak sekali memiliki pantai yang sangat indah dan menarik.

Air lautnya yang bening bersih akan memungkinkan bagi kita untuk melihat keindahan dari dasar lautnya. Keindahan pantai yang disini, tak kalah dengan pantai-pantai yang menjadi destinasi tempat wisata di Bali. Pulau yang berada di kawasan Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, ini merupakan sebuah pulau yang bisa dikatakan cukup sepi dengan yang namanya penduduk. Jumlah penduduk yang mendiami pulau ini memang sangat sedikit, hal ini adalah imbas dari bencana tsunami beberapa tahun silam.

Jadi bisa dikatakan bahwa pulau yang satu ini memang cukup sepi dan bagi yang ingin mencari ketenangan pulau yang satu ini bisa menjadi pilihan. Menikmati pemandangan hamparan pantai terbaik di Indonesia yang ada di kawasan pulau ini pastinya akan memberikan pengalaman tersendiri. Untuk mencapai kawasan pulau ini memang cukup susah. Kita harus ke Medan terlebih dahulu, baru bisa ke Sirombu untuk kemudian dilanjutkan ke Pulau Asu. Selama perjalanan pastinya kita bisa menikmati beragam pemandangan yang memang sudah disediakan.

3. Pantai Lagundri

Tempat wisata di Kepulauan Nias yang satu ini memang sudah terkenal dengan keindahan dan kecantikannya yang luar biasa. Nama pantai Lagundri sebagai salah satu destinasi tempat wisata di Nias Selatan memang tak perlu diragukan lagi. Keindahan dari pantai yang satu ini telah menyihir banyak sekali wisatawan guna datang dan menikmati keindahannya.

Maka tak mengherankan jika kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi turis asing di Indonesia. Salah satu hal yang membuat mereka datang dan berkunjung adalah ombak yang ada di pantai ini. jika kalian menyukai salah satu olah raga yang surfing, maka pantai lagundri adalah salah satu destinasi wajib. Tak hanya sebagai pantai terindah di Indonesia yang dapat menyita perhatian dengan keindahan pemandangan alamnya. Namun, pantai ini juga mampu memikat banyak sekali wisatawan dengan ombaknya.

Ombak yang ada di pantai lagundri sendiri bisa dikatakan memiliki ketinggian yang cukup pas dan baik untuk olah raga surfing. Maka dari itu sering sekali kawasan pantai ini dijadikan sebagai salah satu lokasi untuk mengadakan perlombaan surfing baik bertaraf nasional maupun internasional. Jika kalian tak bisa menikmati ombak di pantai ini karena tak dapat surfing, maka jangan khawatir. Kalian bisa saja duduk bersantai menikmati keindahan pantai ini. Pasirnya yang berwarna putih, serta air lautnya yang berwarna biru kehijuan akan membuat siapa saja jatuh cinta.

4. Fahombo

Jika kalian sudah besar sebelum tahun 2000-an atau sebelum jaman reformasi, maka pastinya kalian pernah melihat uang kertas pecahan Rp 1,000 yang berwarna biru. Di salah satu sisi bagian uang kertas tersebut terdapat gambar seorang pria yang sedang melompati tumpukan batu. Kegiatan tersebut dinamakan dengan fahombo, sebuah ritual adat yang sangat khas Nias.

Bahkan kegiatan tersebut kini sudah menjadi salah satu daya tarik wisata di kepulauan nias. Banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung untuk melihat dan menyaksikan sendiri ritual tersebut. Sebagai salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia, kegiatan tersebut memang bisa dikatakan cukup menarik namun juga cukup ekstrim dan berbahaya. Pada masa awalnya kegiatan lompat batu atau fahombo ini adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menunjukan kedewasaan dari seorang anak.

Bahkan pada masa lampau seorang anak suku nias, sudah mempersiapkan diri sejak kecil untuk ritual Fahombo ini. Hal ini dikarenakan jika seorang pria bisa melewati ritual ini, maka dirinya sudah dianggap dewasa untuk menjadi seorang prajurit  dan menikah. Namun, sekarang tujuan dari kegiatan yang satu ini mulai berbeda. Selain menjadi sebuah ritual adat yang sakral, kegiatan ini juga mulai bertujuan untuk dapat menarik pengunjung atau wisatawan.

Selain tempat wisata yang disebutkan di atas , masih ada beberapa lokasi lain yng bisa kita kunjungi, seperti

  1. Pantai Pasir Berbisik
  2. Pantai Teluk Bengkuang
  3. Pantai Pasir Putih
  4. Pantai Nela
  5. Pantai Fofola
  6. Kara Sangadulo
  7. Danau Megoto
  8. Pantai Moawo
  9. Perkebunan Toyolawa
  10. Kuburan Kramat Pulau Maose
  11. Pantai Lafau
  12. Huol Makkora
  13. Togi Haria
  14. Air Terjun Enoo
  15. Air Terjuna Tuna
  16. Puncak Hili Maziaya
  17. Pantai Laosi-laosi
  18. Pasir Merah
  19. Air Terjun Togi Gana’a
  20. Air Terjun Hambawa
  21. Pantai Turedawolo
  22. Gua Simangani
  23. Air Terjun Luaha Ndroi
  24. Tapak Rusa Gunung Batu
  25. Hilinievori
  26. Kara Sangadulo
  27. Rumah adat Nias Utara
  28. Batu Megalith Gowe Balugu
  29. Dua Nisuiaro
  30. Togi Wiro
  31. Pantai Botogawu
  32. Pantai Marisa
  33. Pantai Tanyao
  34. Asi Walu
  35. Teluk Siabang
  36. Air terjun helewuti
  37. Pulau Tello
  38. Gua Fetalasa
  39. Pantai Ladeha
  40. Ewali Sawolo
  41. Pulau Batu
  42. Pantai Fetalasa
  43. Desa Bawomataluo
  44. Pantai Rockstar
  45. Kampung Tua Boronadu
  46. Situs Megalit Tetegewo
  47. Pantai Moale
  48. Pantai Sa’ua
  49. Desa adat Hilisimaetanö
  50. Batu Megalith
  51. Pulau Herunga
  52. Pulau Imana
  53. Pulau Bawa
  54. Pulau Bogi
  55. Pulau Langu
  56. Pantai Falaete
  57. Pantai Fari’i
  58. Pantai Ture
  59. Pantai Fadaya
  60. Pulau Bogi
  61. Pulau Herunga
  62. Desa Sitolubanua
  63. Desa Lolozirugi
  64. Desa Sisarahili
  65. Pantai Sorake
  66. Pantai Baloho
  67. Pulau Hamatula
  68. Pulau Hinako
  69. Pantai Sirombu
  70. Pantai Toyolawa