Tempat Wisata Di Sulawesi Barat

Tempat Wisata Di Sulawesi Barat

Travelling , tips travelling , travel ke indonesia , travel ke luar negeri , tips hemat jalan jalan ke jepang , Tempat Wisata Singapura Gratis , Wisata Dubai Yang Harus Anda Kunjungi , Tempat Wisata Populer China , Pantai Terbersih Di Dunia , Tempat Wisata Di Puncak Bogor , Tempat Wisata Permainan Di Malang , Tempat Wisata Di Gorontalo Utara , Tempat Wisata Di Sulawesi Barat , Tempat Wisata Di Pekanbaru
Tempat Wisata Di Sulawesi Barat

Sulawesi Barat (disingkat Sulbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat Sulawesi. Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat telah diperjuangkan sejak tahun 1960. Pada masa itu pulau Sulawesi terdapat 3 (tiga) Provinsi yakni Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Utara. Namun, pada tahun 1963 Pemekaran Provinsi di pulau Sulawesi oleh pemerintah pusat adalah pembentukan Provinsi Sulawesi Tenggara. Usulan pembentukan Provinsi Sulawesi Barat tidak disetujui Pemerintah Pusat.

Perjuangan pembentukan Provinsi Sulawesi Barat kembali menemukan momentumnya pada tahun 1999 pasca gerakan reformasi. Pembentukan Provinsi Baru di Indonesia seperti Terbentuknya Provinsi Banten, Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Gorontalo menjadi semangat gerakan perjuangan pembentukan provinsi Sulawesi Barat. Perjuangan panjang pembentukan Provinsi Sulawesi Barat akhirnya terwujud melalui upaya massif rakyat Mandar dengan didukung oleh Anggota DPR RI melalui usulan Hak Inisiatif Anggota DPR RI tentang Undang-Undang Pembentukan Daerah Otonom Baru. Tanggal 5 Oktober 2004 Provinsi Sulawesi Barat Resmi terbentuk berdasarkan UU No. 26 Tahun 2004. Berikut adalah Tempat Wisata Di Sulawesi Barat :

1. Pantai Dato

Pantai Dato merupakan salah satu objek wisata andalan di Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene. Pantai yang berjarak sekitar 7 km dari kota Majene ini memiliki air yang jernih dengan pantai berpasir putih dan berkarang bisa kamu nikmati dengan melakukan snorkeling atau sekedar memancing sambil menikmati pesona tenggelamnya matahari di balik bukit.

Pantai yang juga merupakan objek wisata pantai tropis di Sulawesi Barat ini juga masih tergolong pantai yang alami dan terawat dengan baik.

2. Pantai Lombang-Lombang

Pantai lombang-lombang terletak di kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat yang jaraknya sekitar 30 km dari Kota Mamuju. Di kawasan pantai indah ini, wisatawan bisa leluasa bermain di hamparan pasir hitam sepanjang 5 km. Pantai ini juga cocok bagi kamu yang menggemari olahraga air.

Pantai ini juga memiliki keindahan senja dengan iringan debur ombak yang tenang. Pohon bakau yang besar dan unik menambah daya tarik wisatawan yang penat dengan hiruk-pikuk pekerjaan untuk datang dan menikmati kenyamanan yang ditawarkan pantai lombang-lombang.

3. Pantai Manakarra

Pantai Manakarra terletak di kota Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang berkilau. Keindahan pantai Manakarra didukung dengan anjungan unik yang dihiasi gong perdamaian dan miniatur perahu khas orang Mandar, membuat Pantai Manakarra menjadi salah satu tempat wisata di Sulawesi Barat teramai di jantung Kota Mamuju.

Pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang berkilau dan hilir mudik perahu para nelayan sebagai bentuk dari fungsinya sebagai sentra perhubungan (Pelabuhan Batu) di Kota Mamuju. Pantai Manakarra sejak dulu banyak dimanfaatkan sebagai tempat berkumpulnya para kawula muda. Kebanyakan para kauwula muda berkumpul di sekitar pantai ini pada jam 4 sore hingga jam 12 malam.

Pantai Manakarra tidak kalah indah dengan Pantai Losari yang ada di Kota Makassar, karena Pantai Manakarra ini adalah Losarinya Mamuju. Apalagi ditambah dengan latar belakang Pulau Karampuang yang menjadikan pantai ini semakin terlihat eksotis.

Akses untuk menuju objek wisata ini, dapat ditempuh dengan menggunaan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Jika Anda berasal dari arah bandara udara Tampa Padang Mamuju Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju objek wisata ini dengan menempuh waktu sekitar 20 menit.

4. Pantai Batu Raja

Pantai Batu Raja adalah salah satu dari sekian banyak pesona alam yang ada di Sulawesi Barat. Pantai ini terletak di Desa Bukit Samang, Kecamatan Sendana. Pantai Batu Raja berada di Desa Bukit Samang, Kecamatan Sendana. Sangat mudah menemukan Pantai Batu Raja Apoang ini.

Perjalanan menuju Majene, kabupaten di Sulawesi Barat, melalui Mamuju, biasanya akan melewati jalan raya di tepian Pantai Batu Raja Apoang. Kab Majene memiliki kontur geografis yang unik, lokasinya yang berada di bagian barat provinsi Sulawesi Barat membuat satu sisinya dibatasi sepenuhnya oleh laut, Kab. Majene punya segala alasan untuk menjadi destinasi wisata pantai yang memukau. Pantai dan laut merupakan hal yang menyenangkan jika dilihat di Majene.

5. Pantai Palippis

Satu lagi pantai yang dapat kamu jadikan sebagai tujuan destinasimu selama di Sulawesi Barat. Pantai Palipis. Pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya sebab pantai palipis memiliki tebing karang yang indah dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Kamu hanya perlu menyusuri jalan poros dan sebuah desa sejauh 20 km untuk mencapai Palipis dari Polewali Mandar. Pantai Palipis salah satu pantai indah yang masih asri dan belum banyak terjamah wisatawan

Pantai Palippis dikenal dengan keindahan panorama alam laut yang sangat eksotis. Pantai Palippis berada di jalan poros Sulawesi Barat, tepatnya di Desa Kecamatan Balanipa atau sekitar 20 Km dari ibu kota Polewali Mandar, tidak hanya hamparan pasir putih yang memanjang, di sepanjang pantai juga tampak keindahan alam perbukitan serta batu karang dengan tebing dan goa alam di Lawuang yang memanjang dan bersambung dengan pantai Palippis (kurang lebih tiga kilometer).

Di kawasan ini juga dapat ditemukan tebing karang yang menyerupai ngarai, gua kelelawar yang berada di atas bukit yang membentang tidak jauh dari bibir pantai semakin menambah keindahan pesona pantai Palippis. Jadi, tunggu apalagi untuk singgah di Pantai Palipis.

6. Pantai Mampie

Pantai Mampie terletak di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menjadi salah satu obyek wisata yang selalu dipadati warga Polewali. Pantai ini terkenal dengan keasrian dan keindahannya yang terbentang sepanjang pantai yang menghadap selat Makassar.

Untuk mencapai pantai Mampie, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 9km dari jalan raya, Trans Sulawesi melalui Tumpiling yang dapat ditempah dengan kendaraan roda atau roda empat. Pemandangan tambak dan persawahan warga akan menemanimu selama perjalanan menuju pantai Mampie.

7. Pantai Labuang

Pantai Labuang adalah salah satu objek wisata di Sulawesi Barat yang bisa kamu temukan di kepulauan Selayar, tepatnya di Desa Bogaiya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Selayar yang bisa ditempuh dengan jarak tempuh sekitar 35km dari kota Benteng Kota. Pantai Labuang salah satu pantai yang difavoritkan karena keindahan batu karang dan pasir putihnya.

Batu karang yang besar yang menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Labuang nyatanya bisa membuat wisatawan manapun terpana melihatnya. Batu karang berukuran besar memanjang dari barat ke timur dengan berbagai bentuk yang terlihat alami. Hal itu yang membuat pantai Labuang terlihat seperti benda seni berbentuk abstrak. Jadi untuk kamu penyuka pantai, pantai labuang cocok dijadikan salah satu destinasimu.

8. Pantai Gonda

Keindahan pantai dan laut sangat melekat dengan Sulawesi Barat. Adalagi Pantai Gonda yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke Sulbar. Pantai ini bisa disebut sebagai surganya para penyelam. Kamu bisa lakukan banyak hal disini, seperti snorkeling, menyusuri hutan bakau dan melihat terumbu karang yang cantik dan unik,  juga makhluk laut dengan beragam bentuk

9. Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusung Toraja terletak di jejeran beberapa pulau di kawasan Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman. Pulau ini populer dengan pasir putihnya yang bersih dan agak halus. Pulau ini juga salah satu tempat yang difavoritkan untuk dikunjungi karena keindahan alam dan momen terbit dan tenggelamnya matahari yangbisa kita nikmati dengan mata telanjang.

Pulau yang dihiasi dengan terumbu karang yang mempesona ini termasuk yang terbaik di kawasannya. Untuk kamu yang akan berkunjung ke pantai ini sebaiknya melakukan persiapan yang matang karena pulau ini tidak berpenghuni dan akan membuatmu susah jika tidak melakukan persiapan terbaik.

 

10. Air Terjun Tamasapi

Objek wisata air agaknya mendominasi di Sulawesi Barat. Selain keberadaan pulau yang sangat indah, wisatawan juga akan dimanjakan oleh kehadiran air terjun yang tidak kalah menawan. Air Terjun Tamasapi yang berasal dari aliran air sungai tamasapi di kecamatan Mamuju, tepatnya di dusun Tamasapi. Untuk mencapainya kamu hanya perlu berjalan kaki sejauh 1 km menuju air terjun. Perjalananmu tidak akan terasa membosankan karena kamu bisa melihat pemandangan indah selama perjalanan.

Air Terjun Taasapi ini memiliki terjunan yang cukup deras disertai dengan angin kencang yang akan membuat Anda terpesona. Sampai saat ini, air terjun ini menjadi salah satu pilihan wisata penduduk lokal maupun luar kota karena akses untuk menuju objek wisata ini sudah diperbaiki hal ini dapat memudahkan pengunjung untuk menempuh lokasi. Suasana alam di objek wisata ini masih sangat alami, pohon-pohon yang besar menutupi sekitar air terjun, hal ini menimbulkan kesegaran alami.

11. Anjoro Pitu

 

Anjoro Pitu yang artinya Kelapa Tujuh ialah objek wisata yang menawarkan pesona perbukitan dimana kamu bisa menikmati keindahan kota Mamuju. Anjoro Pitu yang terletak di timur kota Mamuju, sangat direkomendasikan untuk kamu yang gemar jalan-jalan di malam hari, karena pemandangan di Anjoro Pitu dilengkapi oleh lampu-lampu kota tampak indah bak berlian menghiasi malam Mamuju.

Akses untuk menuju kawasan ini, dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dan di perlukan keahlian dalam berkendara sebab Anda akan melalui medan yang menajak. Kawasan ini sering menjadi salah satu kawasan yang sering dikunjungi oleh penduduk Kota Mamuju maupun pendatang dari luar kota untuk menyaksikan langsung pemandangan sudut kota Mamuju.

12. Landmark Mamuju

Barisan perbukitan yang diselimuti pepohonan hijau ala Hollywood juga ada di kota Mamuju. Landmark ala Hollywood ini memperoleh rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai landmark terpanjang dengan panjang 160 meter dan tinggi 16 meter pada HUT RI ke-69. Tempat ini tak boleh dilewatkan walau hanya sekedar untuk berfoto.

Landmark ini ternyata berada di seberang rumah dinas Bupati Mamuju yang dikenal dengan sebutan Sapota. Uniknya rumah Bupati berada di puncak bukit. Jika Anda datang ke lokasi ini Anda akan menyaksikan panorama yang indah, unik, dan tiada duanya. Dari kawasan ini Anda dapat melihat seantero Kota Mamuju.  Sejauh mata memandang terlihat gundukan tanah dan hamparan birunya lautan.

13. Pesta Pattudu

Saat berkunjung ke Sulawesi Barat, cobalah pada waktu bulan Maulid. Biasanya akan ada acara Pesta Pattuddu atau dengan nama lain Sayyang Pattuddu’. Pesta ini merupakan sebuah acara yang dilakukan untuk anak-anak yang khatam Al-Qur’an. Pada umumnya Pesta Pattuddu dilaksanakan per Desa ata per Kecamatan dengan jumlaah peserta yang berbeda-beda. Penduduk Sulawesi Barat sendiri menyebut ritual pesta Pattudu dengan Sayyang Pattuddu’ (kuda menari). Sayyang Patuddu’ dirayakan untuk memperingati keberhasilan anak muda suku Mandar yang sudah menghafalkan al-Qur’an. Jika Anda beruntung berada di Sulawesi Barat pada bulan Maulid, maka Anda akan bersitatap dengan hingar-bingarnya pesta Pattudu yang diadakan oleh tiap desa di Mandar.

Keistimewaan dari acara ini adalah ketika puncak acara khataman al-Qur’an dengan menggelar pesta adat dengan dayatarik tersendiri. Acara ini dimeriahkan dengan arak-arakan kuda mengelilingi desa yang dikendarai oleh anak-anak yang khatam al-Qur’an. Setiap anak mengendarai kuda yang sudah dihias dengan sedemikian rupa. Selain itu kuda-kuda yang mengikuti acara ini telah dilatih untuk mengikuti irama musik tabuhan rebanan.

14. Loka Anjoroi

Nah kalau yang ini adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata untuk pecinta kuliner kuliner yang ada di Sulawesi Barat. Loka Anjoroi merupakan makanan khas Mandhar, Sulawesi Barat yang biasanya dihidangkan pada saat acara keluarga. Bahan utama loka anjoroi terbuat dari pisang yang diolah dengan dengan parutan kelapa.

Makanan ini memiliki rasa yang unik Loka Anjoroi juga dikenal sebagai makanan khas di pagi hari masyarakat Mandar. Untuk membuat makanan ini tidak memerlukan waktu lama dan keahlian khusus. Dalam proses pembuatannya, pertama-tama pisang kepok mulai di rebus bersama kulitnya. Setelah dirasa sudah matang, pisang itu diangkat dari air rebusan lalu dipisahkan dari kulitnya, kemudian dimasukan dalam larutan santan yang telah disediakan lebih awal. Jika sudah dimasukan kedalam larutan santan, pisang diaduk-aduk sampai santan lengket di panci.

Tempat wisata lainnya yaitu:

1. Pantai Karampuang 

2. Pantai Lapeo

3. Air Terjun Limbong Kamandang

4. Air Terjun Indo Rannuang