Tempat Wisata Singapura Gratis

Tempat Wisata Singapura Gratis

Travelling , tips travelling , travel ke indonesia , travel ke luar negeri , tips hemat jalan jalan ke jepang , Tempat Wisata Singapura Gratis
Tempat Wisata Singapura Gratis

Singapura (nama resmi: Republik Singapura) adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan ketiga di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia. Hmmm jika anda ingin pergi berwisata ke pulau ini , kami akan memberikan anda tips Tempat Wisata Singapura Gratis yang indah , berikut ini ulasannya :

1. Merlion Park

Merlion park merupakan tempat pertama yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Singapura. Di Merlion park ini terdapat patung kepala singa yang merupakan iconik dari negara Singapura. Tempat ini sering dijadikan objek untuk berfoto, karena semua orang mengetahui bahwa the merlion hanya ada tempat wisata Singapura gratis. Patung merlion ini mempunyai tinggi sekitar 8 hingga 9 meter dan dirancang pada tahun 1964. Merlion ini berasal dari kata mer yang mempunyai arti laut dan lion singa, jadi merlion merupakan kepala singa yang terlihat oleh seorang pangeran bernama Sang Nila Utama, dan iya melambangkan kota kuno Temasek yaitu laut.

Untuk mengunjungi merlion park ini jika kamu menggunakan MRT maka turunlah di stasisun Rafles Place dan keluar melalui Exit H (six battery road), setelah itu berjalanlah ke arah sungai. Carilah gedung marina bay dan berjalan dengan patokan ke arah gedung Marina Bay Sand. Merlion park buka setiap hari selama 24 jam, jadi kamu dapat mengunjungi kapanpun. Untuk memasuki tempat ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

2. Orchard Road

Orchard road merupakan salah satu pusat perbelanjaan dengan luas jalan sekitar 2,2 km. Untuk kalian para pecinta belanja maka jangan lewatkan untuk mengunjungi orchard road. Pada sebelum tahun 1850 orchard road hanya merupakan jalanan kecil dengan berbagai perkebunan buah. Namun sekitar tahun 1850 mulai lah jalan ini berubah, banyak orang berdatangan pada orchard road karena saat itu orchard road sudah berubah menjadi pusat jajanan kuliner, pasar basah, dll. Pada tahun 1903 mulai lah beraneka ragam toko mulai dibangun dan saat itu juga swalayan pertama sebagai tempat wisata Singapura gratis dibangun saat ini merupakan Centrepoint dari orchard road. Pada sekitaran 1970an mulai muncul bioskop, tempat bowling, dan mall yang mempunyai tempat yang luas. Hingga akhirnya sampe saat ini tahun 2007 di orchard road berbagai tempat semakin berkembang.

Jika kalian mengunjungi orchard roadi maka kalian akan melihat berbagai pusat perbelanjaan, restoran dan juga hotel selain itu kalian juga dapat mengunjungi berbagai pusat kuliner. Di orchard road ini kalian dapat berbelanja berbagai fashion yang dirancang oleh desainer ternama. Berbagai restoran kelas atas tersedia di orchard road ini. Selain itu terdapat berbagai kerajinan etnik dan galeri seni. Untuk kalian yang ingin mencari tempat nongkrong di Singapura, orchard road ini cocok dijadikan tempat bersantai bersama teman-teman kalian.

3. Little India

Dari namanya sudah pasti ketebak ya, little India merupakan tempat tinggal orang-orang yang berasal dari keturunan India. Little India merupakan salah satu tempat paling ramai di Singapore. Saat kalian menyusuri serangoon road dan jalan pada sekitarnya kalian dapat menemukan berbagai macam kuliner, pernak-pernik, kain, rempah-rempah dan bahkan kuil pun berada di Little India ini. Beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi ketika mengunjungi Little India yaitu Mustafa centre, Tekka centre, dan kuil-kuil tempat spritual.

Jika kamu ingin menikmati berbagai kuliner khas India maka kunjungilah Tekka centre. Di tekka centre terdapat berbagai kuliner khas India mulai dari makanan,minuman dan cemilan. Kamu bisa mencoba makanan khas India disini yaitu nasi briyani selain itu chicken tandoori, roti prata dan teh tarik dijual di beberapa gerai yang ada di Tekka centre ini. Selain kuliner berbagai souvenir khas India pun dapat ditemui di toko-toko yang ada di Tekka centre ini. Tekka centre buka dari 06.30 hingga 21.00.

Selain tekka centre kalian bisa mengunjungi mustafa centre. Mustafa centre merupakan tempat belanja murah di Singapura pusat perbelanjaan peralatan rumah tangga, elektronik, berbagai bahan makanan dan juga souvenir. Harga jual di mustafa centre ini relative murah, dan perlu diketahui bahwa mustafa centre buka setiap hari selama 24 jam. Nah selain berbelanja kamu juga bisa mengunjungi tempat spiritual yaitu kuil-kuil Hindu. Beberapa kuil yang bisa kamu kunjungi di Little India yaitu kuil Sri Veeramakaliamman. Kuil Sri Veeramakaliamman buka setiap pukul 6 hingga 12 dan buka kembali jam 17 hingga 21. Jika kita ingin melihat bagaimana kegiatan spritual dilaksanakan maka kunjungi kuil pada hari Selasa dan Jumat.

4. China town Singapore

China town merupakan tempat tinggal orang-orang yang mempunyai keturunan China. Chinatown merupakan sebutan yang diberikan oleh orang Inggris sedangkan orang China yang tinggal di Singapore biasanya menyebutnya dengan Niu Che Shui. China town memiliki lima distrik diantaranya yaitu Telok Ayer, Bukit Pasoh, Kreta Ayer, Tanjong Pagar dan Ann Siang Hill.

Telok ayer merupakan distrik yang terkenal mengenai tempat ibadah yang indah, selain itu di Telok Ayer terdapat berbagai kafe dan toko-toko unik pada sepanjang jalan Ann Siang Hill. Bukit pasoh merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah mengenai etnis China di Singapore. Sedangkan di Tanjong Pagar sekarang telah banyak dibangun apartement dan berbagai tempat hiburan malam. Kereta Ayer merupakan pusat dari China town di tempat ini terdapat berbagai belanjaan tradisional dan juga berbagai jajanan khas China.

Jika kamu ingin mengunjungi China town kamu bisa menggunakan MRT ataupun bus. Jika kamu menggunakan MRT maka turun di stasiun North East Line – China town (NE 4) biasanya kereta yang menuju China town terakhir beroperasi jam 11.50 pm. Sedangkan jika kamu menggunakan bus kamu bisa menggunakan bus dengan berhenti di South bridge road (C2, 166, 197, NR5), Eu Tong Sen Street (2, 12, 33, 54, 143, 147, 190, 520), Maxwell road.

5. National Museum of Singapore

Jika berlibur ke Singapore dan ingin mengetahui berbagai sejarah negara Singapore, maka dapat mengunjungi National Museum of Singapore sebagai jawaban ketertarikan kamu terhadap sejarah Singapore. Museum singapore dibangun pada tahun 1849. Berbagai peninggalan sejarah dapat ditemukan di museum ini seperti artefak Singapore Stone, Dagguerreotype of Singapore Town, dan masih banyak lagi. Bangunan museum ini pun sangat menarik berbentuk bangunan arsitektur kuno memiliki desain Neo-Palladian dan Renaissance. Bentuk museum ini memiliki 2 persegi panjang dan memiliki satu dome.

Alamat lengkap National Museum of Singapore yaitu di 93 Stamford Rd, Singapura 178897. Museum mulai buka dari jam 10.00 hingga 18.00 (History gallery) dan pukul 10.00 hingga 20.00 (Living gallery). Untuk memasuki ini tidak ada dipungut biaya apapun kecuali ketika ingin memasuki gallery. Jikapun ingin memasuki gallery biaya tiket tidak mahal dan cukup terjangkau yaitu S$10.00 untuk orang dewasa, S$5.00 untuk pelajar, dan S$30.00 jika datang rombongan.

6. Esplanade

Esplanade merupakan teater yang terletak bersebelahan dengan Merlion park. Esplanade resmi dibuka 12 oktober 2001. Esplanade dibangun dengan tujuan sebagai pusat seni untuk semua kalangan. Seni yang ditampilkan pun mencakup semua genre mulai dari seni musik, seni tari dan seni teater semua seni berfokus kepada kebudayaan Asia. Esplanade memiliki dua ruangan besar yaitu terdiri dari sebuah teater dengan jumlah kursi sebanyak 2000 dan memiliki concert hall yang dapat menampung 1600 orang. Selain itu terdapat dua studio kecil. Bentuk bangunan Esplanade sangat unik yaitu kubah penutup memiliki bentuk seperti duri sehingga sering disebut durian.

Selain itu Eslpanade memiliki teater outdoor dengan ukuran 300m dan dapat menampung penonton 450 sampai 600 orang. Esplanade beroperasi setia hari senin hingga jumat pukul 10.00 hingga 20.00 dan pada hari sabtu pukul 11.00 hingga puku 20.00. Untuk memasuki Esplane tidak dipungut biaya apapun alias gratis, kecuali beberapa acara yang mengharuskan membeli tiket. Untuk sampai ke Esplanade kamu bisa menggunakan taksi, bis , MRT dan dapat berlayar menggunakan feri di Singapore River.

7. Singapore Botanic Garden

Singapore botanic gardern merupakan hutan yang berada di tengah-tengah kota. Singapore Botanic Garden ini mempunyai letak tepat di sebelah Gleneagles hospital. Berbagai macam tanaman hidup di Singapore Botanic Garden ini. Berbagai tanaman yang hampir punah pun di reservasi di Singapore Botanic Garden. Jika di Indonesia tempat ini hampir mirip dengan Taman Bunga Nusantara. Kebun ini mempunyai lahan yang luas yaitu 64 hektare. Berbagai pemandangan alam hijau tersuguhkan dan Danau angsa menambah suasana berlibur semakin nyaman.

Kamu bisa melakukan piknik di Singapore Botanic Garden dan ini merupakan salah satu tips liburan keluarga dengan membawa makanan dan kamu bisa menikmati dibawah pohon-pohon yang rimbun bersama keluarga. Selain itu di tempat ini terdapat National Orchid Garden. Untuk memasuki Singapore Botanic Garden tidak dipungut biaya alias gratis, kecuali jika kamu ingin masuk ke National Orchid Garden kamu harus membayar tiket S$5 untuk orang dewasa , S$1 untuk orang lanjut usia, dan gratis untuk anak-anak. Nah jika kamu ingin berbelanja berbagai souvenir khas tempat ini kamu bisa membeli tepat di sebelah pintu masuk taman.

Selain 7 tempat diatas, masih ada banyak lagi tempat wisata Singapura gratis. Berikut ini tempat wisata gratis lainnya yang ada di Singapura :

  1. Henderson waves bridge.
  2. Clarke Quay.
  3. Haw par villa.
  4. Raffles landing site.
  5. Arab street Singapura.
  6. ST. Andrew’s Cathedral Singapura.
  7. Masjid sultan Singapura.
  8. Wisata belanja – Mustafa centre Singapore.
  9. Wisata kuliner – Katong.
  10. East coast park Singapore.
  11. Bugis street.
  12. Fountain of wealth & suntec city mall.
  13. Marina bay sands
  14. Vivo city.
  15. Chjimes.
  16. Buddha tooth relic temple dan museum.
  17. Helix bridge.
  18. Singapore river.
  19. HarbourFront.
  20. Haji lane.
  21. Southern island.
  22. Asian civilisations museum.
  23. Mint museum of toys.
  24. Crane dance.
  25. Tiong bahru.
  26. Nature walk – dragon trail.
  27. Gardens by the bay.

Nah itulah rekomendasi 30 wisata Singapura gratis yang dapat kamu kunjungi ketika berlibur ke Singapura. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberi referensi tempat-tempat yang akan kamu kunjungi ketika ke Singapura ya. Berbagai tips wisata ke singapura segera lakukan ya.