Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

Sejak awal pengakuannya sebagai sebuah ilmu pada tahun 1879, psikologi terus mengalami perluasan menjadi berbagai macam cabang dan bidang. Ini dikarenakan perilaku manusia yang begitu beragam dan pemikiran yang berbeda-beda dari para ilmuwan dalam memandang pola perilaku manusia tersebut.

Dari berbagai perspektif itu, kemudian psikologi dibagi dalam bidang-bidang berikut : psikologi pendidikan , psikologi olahraga, psikologi kepribadian, psikologi remaja, psikologi sosial, psikologi islam, psikologi kesehatan dan seterusnya. Koeswara mengungkapkan bahwa psikologi kepribadian merupakan bidang yang cangkupan pembahasannya paling luas.

Dalam artikel ini kami akan membahas seputar beberapa Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi , yuk mari kita simak ulasannya dibawah ini .

1. Koleris

Ada 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, yang Manakah Kamu?

Kepribadian pertama yang disebutkan dalam teori Hippocrate-Galenus adalah Koleris. Koleris dikenal sebagai tipe kepribadian yang memiliki semangat dan selalu optimis. Selain itu sifat tersebut juga disertai dengan keras kepala hingga mudah marah.

Sisi negatif dari sifat koleris ini adalah sifatnya yang tidak sabaran dan menyukai keributan hingga pertengkaran yang berujung perkelahian. Intinya karakter koleris adalah tipe yang memiliki semangat tinggi serta emosi yang meledak-ledak.

2. Melankolis

Ada 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, yang Manakah Kamu?

Orang yang termasuk golongan Melankolis adalah mereka yang sering merasa khawatir dan orang-orang yang mudah menyerah. Namun kelebihan Melankolis adalah seseorang yang analitis dan sangat kreatif. Walaupun begitu Melankolis kadang sering meremehkan diri mereka sendiri yang pada kenyataannya diri mereka tidak seburuk itu.

3. Plegmatis

Ada 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, yang Manakah Kamu?

Tidak suka kekerasan dan selalu cinta damai adalah karakter khas dari seorang Plegmatis. Plegmatis juga seorang yang sering menyebarkan kebahagiaan lewat humor-humornya yang jenaka.

Plegmatis juga orang yang tidak mudah terpengaruh dan tipe yang tidak mau terlihat populer. Plegmatis lebih suka ketenangan dan tidak mau ambil pusing terhadap hal-hal yang menurutnya tidak terlalu penting. Hayo, siapa nih yang Plegmatis?

4. Sanguinis

Ada 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, yang Manakah Kamu?

Selalu mendahulukan perasaan daripada pemikiran adalah karakter khas tipe Sanguinis. Selalu bersemangat dan hangat kepada setiap orang yang ia temui membuat dirinya dicintai banyak orang akibat keramahannya tersebut.

Sangat tidak suka dengan kesedihan membuat Sanguinis selalu mencari cara untuk terus bahagia. Dan sisi negatif dari Sanguinis adala mereka orang yang takut untuk tidak populer. Mereka menyukai kepopuleran dan akan stress jika mereka tidak populer dalam hidup.