Tips Hindari Dehidrasi Saat Puasa

Tips Hindari Dehidrasi Saat Puasa

Sekitar 60% komposisi tubuh manusia adalah air. Fungsi air dalam tubuh sangat penting, yaitu sebagai zat pembawa, penyerap panas metabolisme tubuh, menjaga volume darah, dan membuang zat sisa metabolisme. Selama bulan suci Ramadhan, umat Muslim berpuasa dengan tidak makan dan minum dari waktu sahur sampai waktu berbuka. Tentunya umat Muslim yang sedang berpuasa lebih berisiko untuk mengalami dehidrasi selama bulan puasa ini. Semakin lama waktu berpuasa, semakin besar risiko untuk terjadi dehidrasi. Untuk itu berikut ini kami akan membagikan Tips Hindari Dehidrasi Saat Puasa , Mari kita simak ulasannya dibawah ini.

1. Kurangi minum kopi dan teh saat berbuka

Meminum kopi dan teh memang akan menambah cairan dalam tubuh, namun meminum yang mengandung kafein bersifat diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran kencing. Sehingga cairan yang terserap pada tubuh bisa jadi kurang cukup dalam menjaga kadar cairan tubuh dari sahur hingga berbuka.

2. Makan buah yang mengandung banyak air

Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, dan melon dapat ikut membantu menambah kadar cairan yang dibutuhkan tubuh selama puasa.

3. Minum air minimal 8 gelas

Kalau tips yang satu ini pasti sudah nggak asing ya, Bela. Nggak hanya saat berpuasa, setiap haripun cairan yang dibutuhkan dalam tubuh memang ideal pada 8-12 gelas perhari. Berikut tips pembagian gelas minum saat berpuasa :

  • Satu gelas saat bangun tidur
  • Satu gelas saat sahur
  • Satu gelas saat berbuka puasa
  • Satu gelas saat makan malam
  • Satu gelas setelah sholat maghrib
  • Satu gelas setelah sholat isya
  • Satu gelas setelah tarawih
  • Satu gelas sebelum tidur

4. Kurangi makanan asin saat sahur

Garam yang berlebihan dalam tubuh dapat membuat pengaturan cairan tubuh nggak stabil. Maka nggak heran jika baru beberapa jam puasa saja sudah membuat kamu terasa haus. Sebaiknya konsumsi buah-buahan dan sayuran sebagai penyeimbangnya ya, Bela.

5. Atur jam tidur

Jam tidur yang nggak teratur atau terlalu banyak tidur juga bisa membuat kamu dehidrasi. Selama kita tidur proses keluarnya cairan tubuh tetap terjadi. Jadi pastikan untuk tetap mengatur jam tidur kamu ya!