Tips Travelling Ke Thailand Dengan Murah

Tips Travelling Ke Thailand Dengan Murah

Jangan pernah berhenti bermimpi sebelum dapat menjelajah keelokan negara luar salah satunya dengan melakukan perjalanan travelling ke thailand dengan murah. Apakah anda pernah terpikir untuk menjadi backpacker? Melalukan wisata beransel bukanlah sebuah angan semata, bahkan semua orang bisa merencanakan perjalanan ke suatu tempat dengan membawa barang-barang sesuai kebutuhan dalam tas gendong. Tapi melakoni peran sebagai backpacker harus dituntut untuk bersikap mandiri, mengurus semua keperluan liburan anda sendiri tanpa bantuan layanan perjalanan.

Mulai dari sekarang anda bisa mengatur perjalanan wisata solo ke luar negeri, tidak perlu jauh-jauh cobalah untuk mengunjungi Thailand. Negara berjuluk Gajah Putih ini merupakan tempat wisata terjangkau di Asia Tenggara yang memiliki pesona unik. Mayoritas memilih Negeri Seribu Pagoda sebagai tujuan ekspedisi kali pertama oleh backpacker pemula karena negara ini cukup ramah untuk dijadikan tempat liburan hemat. Berikut akan kami berikan Tips Travelling Ke Thailand Dengan Murah .

1. Beli tiketmu jauh-jauh hari sebelum masa keberangkatan datang.

7 Trik Mudah Bikin Liburan Kamu ke Thailand Jadi Murah Meriah

Langkah pertama yang harus kamu perhatikan jika ingin jalan-jalan murah ke Thailand adalah jangan membeli tiket menjelang hari keberangkatan. Idealnya kamu membeli tiket pesawat 3-6 bulan sebelum waktu kepergian tiba. Harga tiket normal dari Jakarta ke Thailand berkisar 600.000 hingga 800.000 rupiah untuk sekali jalan. Akan tetapi bukan tidak mungkin loh kamu mendapat harga yang lebih murah jika membeli lebih awal lagi.

Nah agar bisa mendapatkan tiket dengan harga miring kamu bisa berlangganan newsletter dari masing-masing maskapai. Nantinya saat ada tiket murah pihak maskapai akan mengabarkannya melalui email langsung kepadamu. Jika kira-kira sudah ada harga yang sesuai langsung saja beli karena bila ditunda kamu bisa jadi dapat harga yang lebih mahal.

2. Thailand adalah tujuan wisata populer di dunia, maka pergilah di saat low season saat negara tersebut relatif sepi dan murah.

7 Trik Mudah Bikin Liburan Kamu ke Thailand Jadi Murah Meriah

Tidak hanya harus membeli tiket dari jauh-jauh hari, IDNtimes juga menyarankanmu untuk pergi ke Thailand saat sedang low season. Apa itu low seasonLow season adalah suatu masa di mana sebuah tempat atau negara sedang tidak banyak kedatangan wisatawan. Karena jumlah turis sedang menurun biasanya harga tiket pesawat, hotel dan akomodasinya pun murah.

Untuk turis dengan budget minim berpergian saat sedang low season merupakan waktu terbaik. Waktu low season di Thailand sendiri berlangsung pada bulan Maret hingga September. Namun khusus di bulan April low season tidak berlaku karena sedang ada festival Songkran yang mendatangkan banyak wisatawan ke negara tersebut.

3. Jangan ragu-ragu untuk hunting penginapan murah di Khaosan Road.

7 Trik Mudah Bikin Liburan Kamu ke Thailand Jadi Murah Meriah

Hal ketiga yang harus kamu perhatikan jika ingin jalan-jalan murah ke Thailand adalah urusan penginapan. Yap, bisa dibilang selain tiket pesawat alokasi dana yang tak kalah menguras tabungan adalah penginapan. Karenanya sebagai seorang smart traveler kamu harus cerdik memilih penginapan yang murah tapi tetap nyaman.

Salah satu lokasi berburu penginapan murah di Thailand adalah Khaosan Road. Tempat ini memang menjadi pusat backpacker di negara yang terkenal dengan sebutan gajah putih tersebut. Kisaran harga penginapan di sana adalah mulai dari 150.000 rupiah untuk hostel. Baiknya kamu memesan hostel sebelum berangkat yang informasinya dapat dengan mudah dicari via internet.

4. Kalau ogah bayar hotel coba deh cari tumpangan menginap dari teman-teman di CouchSurfing.

7 Trik Mudah Bikin Liburan Kamu ke Thailand Jadi Murah Meriah

Cari penginapan murah memang meringankan anggaran, tapi lebih mantap lagi kalau kamu bisa dapat tumpangan teman saat liburan di Thailand. Lantas bagaimana caranya? Caranya adalah dengan ikutan jadi anggota Couchsurfing yakni jejaring hospitality exchange di mana kamu bisa mencari host untuk menampungmu di suatu tempat. Jejaring sosial ini memiliki anggota di seluruh dunia termasuk juga Thailand.

Karena itu IDNtimes menyarankanmu untuk memanfaatkan keberadaan Couchsurfing agar bisa menekan biaya liburan. Tapi sebelum memutuskan menginap, perhatikan dulu ya tata cara menjadi tamu yang baik dan juga lihat review dari orang mengenai host tersebut.

5. Untuk mengeksplorasi Thailand, manfaatkan transportasi umum yang murah dan nyaman.

7 Trik Mudah Bikin Liburan Kamu ke Thailand Jadi Murah Meriah

Selanjutnya yang tidak boleh kamu lupakan adalah masalah transportasi. Ya biaya transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya tidak bisa dianggap sepele. Karenanya agar tetap hemat, pilihlah moda transportasi umum yang banyak tersedia di Thailand. Jika liburan di Bangkok, kamu bisa menggunakan BTS (Bangkok Mass Transit System) yang harga tiketnya berkisar 15-40 baht tergantung jarak.

Selain BTS, wisatawan juga dapat menggunakan bus umum yang harganya lebih murah lagi yakni sekitar 8-20 baht. Namun khusus untuk bus kamu harus betul-betul menghafalkan nomer destinasi karena nama daerah di sana menggunakan huruf lokal yang sulit dimengerti. Jika kamu berpergian dalam kelompok 3-4, orang maka pilihan menggunakan taksi juga bisa jadi pilihan tepat.

6. Pilih kuliner pinggir jalan yang rasanya enak tapi harganya gak bikin kering tabungan.

7 Trik Mudah Bikin Liburan Kamu ke Thailand Jadi Murah Meriah

Tips keenam jalan-jalan murah ke Thailand adalah pilih makanan pinggir jalan. Eits jangan curiga dulu, makanan kaki lima di sana tak kalah loh dengan kualitas restoran. Mulai dari Tom Yum hingga Pad Thai (mie khas Thailand) semuanya tersedia. Kisaran harga sekali makan untuk kelas kali lima di Thailand adalah 15.000 hingga 30.000 rupiah untuk sekali makan.

Namun kalau kamu ragu dengan kehalalan makanan pinggir jalan, makanan murah tetap bisa kok ditemukan di convenience store yang tersebar di seluruh Thailand. Di tempat tersebut kamu dapat melihat-lihat dulu kandungan makanan dalam sebuah makanan sebelum membelinya.

7. Pergilah ke tempat-tempat wisata gratis yang bertebaran di Thailand.

7 Trik Mudah Bikin Liburan Kamu ke Thailand Jadi Murah Meriah

Tips terakhir jalan-jalan murah ke Thailand versi IDNtimes adalah kamu sebaiknya pergi menyambangi tempat liburan yang gratisan. Beberapa tempat seperti Pasar Chatuchak, Wat Hua Krabeu dan Taman Suan Rot Fai tidak menarik biaya masuk dari pengunjungnya. Kamu yang punya dana terbatas tapi tetap ingin mengeksplorasi Thailand bisa datang ke tempat-tempat tersebut.

Selain ketiga tempat di atas masih ada lagi sederet tempat gratis di Thailand yang wajb dikunjungi. Oh ya saran IDNtimes kamu sebaiknya mengontrol juga ya keinginanan untuk belanja karena di Thailand ada banyak sekali pusat perbelanjaan murah yang menggoda iman.