Wisata Dubai Yang Harus Anda Kunjungi

Wisata Dubai Yang Harus Anda Kunjungi

Travelling , tips travelling , travel ke indonesia , travel ke luar negeri , tips hemat jalan jalan ke jepang , Tempat Wisata Singapura Gratis , Wisata Dubai Yang Harus Anda Kunjungi
Wisata Dubai Yang Harus Anda Kunjungi

Dubai merupakan salah satu kota di Uni Emirat Arab yang sering dikunjungi karena mempunyai banyak tempat wisata menarik yang indah. Dubai sendiri memang termasuk kota metropolitan yang berkembang sangat pesat, sama dengan Jakarta. Kota ini memiliki berbagai bangunan canggih yang megah dengan arsitektur modern yang tidak akan bisa dijumpai di kota lain.

Berbagai tempat mewah yang menakjubkan dan sangat terkenal sampai ke seluruh dunia seperti Burj Al Arab, Dubai Mall, dan masih banyak lainnya bisa ditemukan di kota ini. Selain menawarkan fasilitas lengkap yang dapat memanjakan para wisatawan, berbagai tempat mewah tersebut juga memiliki bentuk yang sangat unik sehingga sering kali dijadikan tempat berfoto-foto.

Meskipun Dubai dikelilingi dengan gurun pasir, Dubai berhasil mengembangkan sektor pariwisatanya menjadi sangat maju dengan sukses. Sektor pariwisata di Dubai bahkan telah menjadi sumber pemasukan yang perkembangannya paling pesat. Karena itu, berkunjung ke Dubai baik untuk berlibur ataupun berbisnis pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang mengesankan.

Kota yang terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab ini sangatlah maju dan telah menarik perhatian dunia dengan keberhasilan pembangunan berbagai bangunan inovatif yang lain dari pada yang lain. Bangunan dan tempat inovatif yang ada di Dubai saat ini telah menjadi tempat wisata yang sangat menarik dan diminati oleh para pengunjung. Berikut adalah Wisata Dubai Yang Harus Anda Kunjungi :

The Dubai Fountain

Obyek wisata Air Mancur Dubai menjadi salah satu obyek wisata favorit para wisatawan dunia. Dengan luas 30 hektar, tidak heran kalau air mancur ini kemudian diketahui sebagai dancing fountain paling besar yang ada di dunia yang didesain dengan posisi tepat di atas Burj Khalifa. Air yang diluncurkan oleh air mancur ini 500 kaki tingginya dan memang bisa disetarakan dengan gedung yang berlantai 50 apalagi dengan panjangnya juga yang dibangun 900 kaki ditambah 2 pusat pancuran dan 5 lingkaran yang beragam ukurannya.

Aksi air mancur ini bisa ditonton setiap hari dan lebih apiknya lagi adalah adanya tambahan beberapa cahaya spektakuler yang dipancarkan di waktu tertentu serta lagu-lagu indah yang enak didengar turut mengiringi indahnya pancuran air tersebut. Untuk jadwal dari aksi air mancur itu sendiri bisa disaksikan pada jam 1 siang untuk pertunjukan pertama, lalu untuk pertunjukan yang kedua adalah pada jam setengah 2 siang. Pengecualian untuk hari Jumat karena untuk pertunjukan pertama diadakan pada jam setengah 2 siang, dan pertunjukan keduanya bisa disaksikan pada jam 2 siang. Jadwal sebelumnya adalah untuk pertunjukan siang hari, dan rupanya masih ada pertunjukan di sore harinya yang dibagi menjadi dua jadwal. Yang pertama adalah hari Minggu hingga Rabu pada jam 6 sore sampai 11 malam, lalu yang kedua adalah dari hari Kamis hingga Sabtu dengan jam pertunjukan dari jam 6 sore sampai setengah 12 malam. Tidak perlu khawatir tentang biaya tiket masuk karena pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya berapapun.

Burj Khalifa

Bangunan atau obyek wisata ini juga termasuk di dalam daftar tempat wisata paling mengagumkan di Dubai. Dibangun oleh seorang arsitek jenius nan luar biasa, kini bangunan menara ini menjadi yang paling tinggi di dunia. Menariknya lagi adalah bahwa menara ini dibangun di tengah padang pasir yang tentunya sangat tidak mudah sebab adanya angin bisa menghambat proses konstruksi.

Spot paling tepat dan paling diincar oleh para wisatawan adalah bagian puncaknya di mana dari tempat itulah orang-orang bisa menikmati pemandangan luar biasa akan kota Dubai. Untuk menuju puncaknya, wisatawan bisa memulainya dari lantai bawah yang kita kenal dengan Dubai Mall, dan dalam perjalanannya, akan ada presentasi lewat multimedia yang bisa disaksikan dan dinikmati oleh pengunjung tentang Dubai dan sejarahnya, dan tidak lupa tentang Burj Khalifa sendiri.

Untuk tiket dan biayanya dibagi menjadi beberapa tipe yang bisa dipesan lebih dulu.

  • Jadwal non-prime hours di puncak level 124 – Untuk pengunjung dengan usia di atas 12 tahun dikenakan biaya AED 125 atau sekitar Rp 473 ribu, sementara untuk anak-anak dengan usia 4-12 tahun dikenakan biaya AED 95 atau sekitar Rp 400 ribu.
  • Jadwal non-prime hours di puncak 125+148 – Untuk pengunjung dengan usia 12 tahun ke atas dan anak-anak berusia 4-12 tahun akan sama-sama dikenakan biaya AED 350 atau sekitar Rp 1,3 juta per pengunjung.
  • Jadwal prime hours di puncak level 124 – Untuk pengunjung usia 12 tahun ke atas dikenakan biaya AED 200 atau sekitar Rp 750 ribu, sementara anak-anak antara 4-12 tahun dikenakan biaya AED 160 atau sekitar Rp 605 ribu.
  • Jadwal prime hours di puncak level 125+148 – Untuk pengunjung usia 12 tahun ke atas serta anak-anak yang berusia antara 4-12 tahun sama-sama harus merogoh kocek sebesar AED 500 atau sekitar Rp 1,9 jutaan.
  • Untuk pengunjung anak-anak di bawah 4 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis.

Dubai Mall

Tempat terluas untuk shopping yang ada di Dubai dan sangat patut untuk dikunjungi adalah Dubai Mall. Sebagai salah satu mall paling besar yang ada di dunia, tentu tempat ini merupakan surga dunia bagi para wisatawan yang hobi belanja. Di dalam mall ini butik-butik yang paling populer di dunia ada untuk melayani keinginan Anda. Tenang saja, barang-barang bermerk tersebut tidak selalu mahal karena ketika datang di saat yang tepat, yaitu Dubai Shopping Festival, karena inilah momen tepat untuk mendapatkan diskon di sana-sini.

Di tengah-tengah interiornya terdapat sebuah akuarium yang berukuran sangat besar dan ada beragam makhluk laut yang menghuni akuarium tersebut, termasuk pari manta dan juga hiu. Selain dari adanya kebun binatang laut, di dalam Dubai Mall yang besar ini juga tidak ketinggalan ring es yang menyediakan kapasitas hingga 2.000 orang untuk masuk dan menikmati ice-skating. Makin komplit saja mallsatu ini dengan kehadiran toko permen terbesar di dunia yang mulai ada di tahun 2009.

Miracle Garden

Satu lagi obyek wisata di Dubai yang seharusnya tidak luput untuk dimasukkan ke dalam daftar destinasi Anda sebab taman bunga satu ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk berfoto-foto dan tempat wisata yang cocok untuk anak muda. Memang bagi orang-orang yang khususnya berada di daerah dengan iklim tropis sudah biasa dengan taman bunga seperti ini, tapi lihatlah keunikannya. Dubai yang terkenal dengan gurun pasir nyatanya berhasil membangun sebuah taman bunga dengan warna yang beraneka ragam.

Berlokasi di area Dubailand, memang taman ini tidak dekat dengan pusat kota, tapi taman ini wajib dikunjungi apabila ingin mendapatkan pengalaman berbeda untuk menikmati 45 juta lebih bunga yang ditata dengan desain dan format yang cantik. Beberapa atraksi lain yang harus disaksikan sendiri saat ke Dubai, apalagi ke Miracle Garden adalah Aromatic Garden, Butterfly Park, Colorful Peacocks dan Floral Clock yang makin menambah semarak liburan Anda di taman ini.Demi menikmati semua yang indah di taman ini, tiket seharga 30 AED atau Rp 113 ribu bisa dibeli. Khusus untuk kunjungan ke taman oleh anak-anak di bawah 3 tahun sama sekali tidak perlu merogoh kocek berapapun karena digratiskan. Untuk para penyandang disabilitas tidak akan dikenakan biaya juga. Buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam, setiap pengunjung hanya diberikan waktu di dalam taman sekitar 3 jam saja.

Burj Al Arab

Sebenarnya tempat wisata ini adalah sebuah penginapan atau hotel bintang 7 yang didesain dengan ketinggian 321 meter dan memiliki kesamaan dengan layar bergelombang. Bangunan-bangunan gedung pencakar langit lainnya pun terdominasi dan kalah tinggi dari gedung hotel ini menjadikannya berada di urutan ke-4 hotel paling tinggi yang ada di dunia. Saking mengagumkannya, Burj Al Arab bisa disimpulkan dan dianggap sebagai ikon kota Dubai, jadi kalau ke Dubai tanpa melihatnya tentu kurang afdol rasanya.

Tentu para wisatawan cukup melihatnya saja karena namanya saja hotel bintang 7, jadi tidak semua orang bisa seenaknya keluar masuk hotel ini. Yang boleh masuk hanyalany para tamu yang sudah melakukan reservasi. Bagi yang penasaran dan ingin mencoba menginap di hotel ini, kocek yang harus dirogoh per malamnya adalah sekitar Rp 19 jutaan, maka tidak heran kalau hotel yang ada di area beachfront Dubai ini sangat mewah.

Palm Island

Pulau Palem ini merupakan tempat wisata menarik dan menawan lainnya yang ada di Dubai. Alasan mengapa obyek wisata ini begitu istimewa adalah karena Palm Island dikenal sebagai pulau buatan yang berisikan banyak atraksi wisata atraktif, hotel-hotel yang terkenal, shopping mall dan fashion mewah yang akan membuat para wisatawan otomatis merasa dimanjakan. Jika ingin ke sebuah wisata yang sarat akan inspirasi, Palm Island adalah yang paling tepat karena di sana banyak tempat hiburan, pantai-pantai cantik, theme park, akuarium serta beragam olahraga air yang menyenangkan.

Untuk mengunjungi tempat yang juga dijuluki sebagai pulau impian ini hanya cukup dengan mengendarai kereta monorel yang sudah terkoneksi dengan sistem trem yang berada di darat. Hanya memang yang disayangkan di sini adalah kenyataan bahwa hanya orang-orang kaya saja yang bisa menikmati segudang hiburan menarik tersebut. Simpel saja alasannya, hal ini dikarenakan harga barang-barang yang dijual di sana begitu mengejutkan.

Bastakia Quarter

Dubai memang dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi, megah dan mewah yang arsitekturnya bukan main mengagumkan, tapi tidak hanya itu saja yang perlu diketahui oleh para wisatawan. Ada Bastakia Quarter yang merupakan sebuah kawasan di mana suasana yang berbeda akan disuguhkan kepada pengunjung. Sejarah panjang akan kota Dubai bakal menjadi sebuah presentasi apik di tempat ini.

Apa yang bisa ditemukan di kawasan ini adalah kota lama Dubai atau yang disebut juga dengan Old Dubai. Banyaknya museum yang ada di daerah Al Fahidi ini makin membuat banyak wisatawan merasa tertarik sebab ada beragam museum unik yang akan menambah pengetahuan kita. Museum kopi, arsitektur Arab, perangko, koin dan lain sebagainya terdapat di kompleks pemukiman Arab kuno satu ini. Itulah yang menjadi alasan mengapa Bastakia adalah salah satu obyek wisata yang bisa dijadikan favorit. Untuk mengunjungi tempat ini bisa dilakukan sewaktu-waktu, khususnya pada siang hari karena beberapa bangunan akan mulai menutup pintunya antara jam 1 siang dan 4 sore demi menghindari panasnya hawa di siang hari. Boleh juga bila ingin ke tempat ini saat malam tiba karena akan lebih ramai lingkungan sekitarnya. Soal biaya tidak usah khawatir karena untuk ke tempat ini dinyatakan gratis, sehingga wisatawan bisa benar-benar sepuasnya berjalan-jalan dan melihat-lihat di kawasan ini.

Naif Market

Kalau Anda sudah menyimak di mana lokasi yang tepat untuk berbelanja mewah dengan barang-barang bermerk di mana-mana, maka kali ini ada yang beda dan di Naif Market inilah para wisatawan yang gemar berbelanja barang dengan harga miring boleh bereksplorasi. Pasar ini secara otomatis akan mengingatkan kita akan pasar Tanah Abang yang ada di Jakarta atau Pusat Grosir Solo di mana barang dagangan apa saja ada dan sama sekali tidak mahal.

Kebutuhan sandang apa saja ada di pasar ini dan dijual dengan harga murah yang pastinya tidak akan membuat kantong Anda kering. Oleh karena itu, tempat ini lebih disarankan bagi yang ingin membeli oleh-oleh. Lebih dari itu, penjual-penjual yang ada di area pasar ini pun akan dengan ramah menyapa para pengunjung yang wajahnya kelihatan melayu. Sapaan sederhana dengan Bahasa Indonesia pun akan terlontar dari mulut mereka, untuk menarik lebih banyak pembeli.

Ski Dubai

Saat kita mendengar sebuah negara, yaitu Uni Emirat Arab, khususnya kota Dubai, mungkin yang ada di imajinasi kebanyakan orang adalah padang gurun yang tiada bertepi ditambah dengan teriknya matahari. Memang betul bahwa Dubai memiliki padang pasir yang mengelilinginya dan cuaca di sana pun sangat terik bila siang hari, namun hal itu tidak berarti para wisatawan tidak bisa menemukan ski untuk bermain. Ski resort indoor yang dibangun dan diresmikan pertama di Timur Tengah justru adalah Ski Dubai ini.

Dengan salju buatannya, ski ini tetap oke dan menarik untuk dinikmati, apalagi oleh pengunjung yang ingin mencoba merasakan bermain salju, melakukan tobogganingsnowboarding atau ski. Berlibur di tempat ini adalah keputusan terbaik apalagi jika belum pernah melihat salju. Wisatawan tidak perlu bingung dengan pakaian apa yang harus dipakai di tempat ini sebab sudah ada peralatan berikut pakaian khusus yang bisa pengunjung kenakan demi bisa bermain salju di tengah padang pasir sepuasnya hanya dengan membayar AED 250-500 atau bila dirupiahkan sekitar 950-1,9 jutaan.

Dubai Museum

Bagi yang senang menambah ilmu pengetahuan dan gemar dengan hal-hal berbau sejarah, jangan lupa untuk memasukkan Dubai Museum ke dalam daftar tujuan liburan Anda selama di Dubai. Dibangun pada sekitar tahun 1800-an, obyek wisata ini adalah Al Fahidi fort yang juga dianggap sebagai benteng kuno yang sudah ditransformasi hingga berubah menjadi sebuah museum yang menarik.

Di tempat inilah wisatawan akan dapat menyaksikan diorama sejarah kota Dubai mulai dari peradabannya hingga perkembangannya yang luar biasa. Untuk jadwal pelayanan tempat ini adalah dari hari Sabtu hingga Kamis yang buka mulai dari jam setengah 9 pagi hingga setengah 8 malam, dan khusus di hari Jumat buka mulai dari jam 2 siang sampai setengah 8 malam. Harga tiket pun tidak terlalu mahal karena untuk pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk AED 3 atau sekitar Rp 11.300, sementara untuk anak-anak hanya AED 1 atau sekitar Rp 3.800.

Mushrif Park

Salah satu tempat bersantai saat liburan di Dubai adalah taman seluas 5,35 kilometer persegi ini. Para wisatawan yang datang bersama keluarga bisa menikmati tempat ini dan lokasinya adalah di bagian timur dari kota Dubai. Pembangunan dari taman ini sendiri adalah di awal tahun 1980 dan sekitar 9 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1989, taman ini mengalami pembaruan dan perkembangan yang cukup signifikan.

Taman ini menyediakan lapangan parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dan biaya parkir yang dikenakan adalah sekitar AED 10 per mobil atau sekitar Rp 38 ribu. Di sana juga ada kolam renang yang bisa digunakan, tapi juga jangan lupa membayar untuk masuk ke tempat tersebut; pengunjung dewasa harus membayar AED 10 atau Rp 38 ribu, sementara anak-anak dikenakan biaya AED 5 atau sekitar Rp 19 ribu. Taman ini pun ada jam operasinya, walau buka setiap hari, pengunjung hanya akan dilayani mulai dari jam 8 pagi sampai 11 malam saja.

Safa Park

Ada taman lainnya di Dubai yang juga layak untuk dikunjungi, yaitu Safa Park yang memiliki luas sekitar 64 hektar dan telah mengalami proses pembangunan kembali dua kali, yaitu pada tahun 1984 dan yang kedua adalah antara tahun 1989 dan 1992.

Pengembangan yang dilakukan pertama kali rupanya adalah demi menambah taman bermain indoor serta utilitas sanitasi, sementara pada pengembangan yang terakhir taman ini diubah lebih nyaman dengan penambahan beberapa layanan, termasuk fasilitas rekreasi. Buka setiap hari, taman ini buka dari jam 8 pagi sampai 11 malam dengan biaya masuk yang dikenakan adalah AED 3 atau sekitar Rp 11.300.

 

Dubai Marina

Dubai Marina ini sebetulnya dikenal sebagai sebuah daerah pemukiman dengan kepadatan bangunan yang luar biasa karena di sanalah ditemukan banyak mall, apartemen serta hotel. Wisatawan pun akan melihat beratus-ratus yacht yang bersandar di sana. Antara satu komplek dengan komplek yang lain akan dikoneksina melalui trem  Bila ingin berlayar dengan Dhow Cruise yang merupakan sebuah kapal Arab dengan modelnya ala zaman dulu sambil makan malam, pelayaran akan dimulai dari Dubai Marina ini.

Untuk tremnya sendiri, jadwal operasinya adalah dari hari Sabtu hingga Kamis mulai dari jam setengah 7 pagi sampai setengah 2 siang, sementara khusus di hari Jumat akan mulai beroperasi dari jam 9 pagi hingga setengah 2 pagi. Interval antar trem hanya 10 menit dan perjalanan ke seluruh kompleks bisa memakan waktu lebih dari 40 menit. Dengan total 11 trem yang beroperasi, biaya yang dikenakan per trem adalah AED 3 atau sekitar Rp 11.300, namun khusus untuk Gold Class yang dapat melakukan reservasi lebih dulu dikenakan biaya AED 6 atau sekitar Rp 23 ribu.

Dubai Creek

Wisata lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah Dubai Creek yang air lautnya sangat penting untuk perekonomian kota Dubai di zaman dulu karena di laut tersebutlah aktivitas pemancingan dan pencarian mutiara dilakukan sebagai mata pencaharian orang-orang yang bermukim di sana pada abad ke-19. Di era modern ini, Dubai Creek adalah tempat di mana ada bangunan-bangunan seperti museum dan juga aktivitas perdagangan yang aktif, seperti tekstil, rempah-rempah dan emas.

Wisata air yang disebut abra tidak boleh terlewatkan selama berada di Dubai Creek ini. Rakit tradisional adalah kekhasan dari wisata air tersebut yang termasuk murah untuk dinikmati. Wisata ini mengenakan biaya per pengunjungnya cukup AED 1 saja atau sekitar Rp 3.800 untuk sekali jalan, jadi tidak ada alasan untuk tidak mencoba obyek wisata ini karena sudah termasuk paling terjangkau di Dubai.

Big Red

Tempat ini memang lebih populer bagi para warga lokal Dubai, tapi tidak ada salahnya untuk mencari hiburan dengan datang ke Big Red, terutama di hari Jumat atau hari libur. Ada beberapa bus tur lokal yang bisa diandalkan untuk bisa menuju ke lokasi ini dan berpartisipasi dalam kegembiraan yang berbeda. Sand-boarding adalah aktivitas yang paling seru untuk dilakukan di bukit pasir satu ini, atau jika mau Anda juga bisa menyewa quad-bikes untuk berpetualang.

Tempat ini memang akan dipenuhi oleh warga lokal, tapi bagi para wisatawan jangan ragu untuk mengunjungi Big Red, apalagi kalau memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu yang menantang selama berlibur di Dubai. Inilah aktivitas terseru yang bisa memacu adrenalin Anda. Bagi yang penasaran dengan bukit pasir Dubai yang berwarna merah agak oranye, tentu saat menjangkau area ini, Anda tidak akan menyesal dan kecewa dengan kecantikan alami dari Big Red.