Wisata Kuliner Banyuwangi

Wisata Kuliner Banyuwangi

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau
Wisata Kuliner Banyuwangi

Banyuwangi adalah sebuah kecamatan di KabupatenBanyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Selain ituBanyuwangi adalah ibu kota kabupaten ini.Posisinya sebagai ibukota kabupaten menjadikan banyaknya gedung-gedung pemerintahan, cabang-cabang perusahaan, dan pusat keramaian yang berdiri di wilayah ini. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa tempat Wisata Kuliner Banyuwangi yang top lezatnya :

1. Sego Cawuk Warung Bu Mantih

Sego cawuk adalah salah satu kuliner khas Banyuwangi yang bisa dinikmati saat jam makan. Sego cawuk adalah nasi yang ditambag kuah serta parutan kelapa. Kuah dari sego cawuk ini dibuat dari bumbu enak.

Sedangkan untuk lauknya sendiri ada lauk seperti dendeng, pepes ikan, atau telur, yang bisa dipilih sesuai selera. Lauk dan nasi ini dijual dengan harga terpisah.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Warung Bu Mantih, Jalan Wahid Hasyim (dekat stasiun Rogojampi)
  • Harga: Rp 6.000 per porsi (belum termasuk lauk)

2. Sego Tempong Mbok Wah

Tempat wisata kuliner Banyuwangi berikutnya adalah sego tempong yang bisa dinikmati di Warung Mbok Wah. Sego tempong ini memang salah satu kuliner khas Banyuwangi yang sangat enak.

Segi tempong adalah satu kuliner yang berupa nasi dengan sambal tempong. Rasanya sangat enak dan saat ini kuliner nasi tempong juga mulai menyebar ke kawasan lain di Jawa Timur seperti Malang dan Surabaya.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Warung Mbok Wah, Jalan Gembrung No. 22 Banyuwangi
  • Harga: Rp 7.000 per porsi (nasi, sambal tempong, sayuran, dan ikan asin)

3. Pecel Rawon Mbak Sumi

Setelah lelah mengunjungi Tempat Wisata Banyuwangi, cobalah cari kuliner Banyuwangi yang khas dan enak seperti pecel rawon, yang bisa dinikmati salah satunya di Pecel Rawon Mbak Sumi. Seperti namanya, pecel rawon adalah nasi pecel yang diberikan kuah rawon.

Pecel rawon bisa menjadi salah satu makanan kebanggaan Banyuwangi setelah nasi tempong. Jika Anda mampir ke Banyuwangi, usahakan untuk mencicipi kuliner yang satu ini, karena di daerah Anda kemungkinan belum ada makanan ini.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Jalan A. Yani 37 (depan SMPN 01 Kota)
  • Jam buka: 24 jam

4. Pecel Pitik di Desa Kemiren

Pernah mendengar Suku Osing di Banyuwangi? Jika pernah, maka kuliner yang satu ini adalah salah satu kuliner khas Suku Osing yang asli Banyuwangi. Makanan ini bisa dinikmati dengan lezat dan biasanya digunakan sebagai makanan untuk kepentingan adat.

Nasi pecel pitik adalah nasi pecel yang dibuat dari urap-urap ayam kampung dengan parutan kelapa. Ayam ini biasanya disuri-suir dan diurap dengan kelapa mentah namun sudah dibumbui.

Jika ingin makan kuliner ini, berikut beberapa informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Anda bisa makan pecel pitik di Desa Kemiran, Kecamatan Glegah, Banyuwangi
  • Cara mendapatkan: datanglah ketika suku Osing sedang menggelar sebuah acara adat

5. Rujak Soto Mbok Mbret

Banyuwangi sebagai salah satu Tempat Wisata di Jawa Timur akan semakin lengkap jika dikunjungi sambil berwisata kuliner. Setelah pecel rawon, wisata kuliner Banyuwangi yang satu ini juga memadukan 2 jenis makanan dalam 1 piring makanan, yaitu rujak soto. Rujak soto adalah makanan perpaduan rujak dengan kuah soto yang bisa dicoba saat berkunjung ke Banyuwangi.

Rasanya tentu saja sangat unik namun enak. Biasanya juga ada dagung babat dan telur puyuh untuk menambah cita rasa. Jika penasaran, maka cobalah makanan ini di Warung Mbok Mbret.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Jalan Raya Jember, Samping bangunan bekas bioskop Sylvia, Benculuk, Cluring, Kab. Banyuwangi
  • Harga: Rp 20.000 per porsi

6. Mie Ayam Ahem

Pecinta mie yang tidak ingin mencicipi nasi bisa mencoba datang ke Mie Ayam Ahem. Mie ayam imi bisa dinikmati dengan lezat. Ada juga menu lain seperti mie pangsit yang tidak kalah enaknya.

Satu porsi mie ayam atau mie pangsit sudah berisi daging ayam atau bakso yang enak dan banyak. Selain itu, bumbu di makanan ini juga diracik dengan sangat sempurna sehingga kenikmatannya tidak terkalahkan.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Warung Ahem, Jalan Haryono No. 93, Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi. (Dekat Hotel Berlin Barat)

7. Sego Bungkus Bu Poer

Wisata kuliner Banyuwangi yang satu ini juga cukup populer bagi masyarakat asli Banyuwangi. Di warung ini ada banyak pilihan menu yang tradisional dan juga khas dari Jawa.

Banyak orang yang datang ke sana karena aneka ragam menunya yang enak. Beberapa di antaranya adalah nasi jagung, nasi kuning, nasi merah, nasi putih, yang bisa dipilih sesuai selera. Sedangkan lauk pauknya juga tersedia banyak, seperti gudeg, oseng-oseng, dan juga gorengan.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Jalan PB Sudirman Banyuwangi (di depan BNI Syariah)
  • Harga: Kurang lebih Rp 12.000 per porsi

8. Botok Tawon

Botok adalah sebutan bagi makanan khas Jawa yang diolah dengan dikukus dan dibungkus dengan daun pisang. Sedangkan tawon adalah bahasa Jawa dari lebah. Ya, makanan ini adalah makanan yang diolah dari sarang lebah.

Rasanya cukup unik dan juga gurih. Makanan ini merupakan salah satu makanan langka yang mungkin tidak ada di daerah lainnya selain Banyuwangi. Oleh karena itu, alternatif makanan yang satu ini patut dicoba.

Jika ingin mendapatkan botok tawon, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Bisa mendapatkannya di beberapa pasar tradisional di Banyuwangi. Atau bisa juga datang ke Warung Bu Misnah di Kecamatan Rogojampi Desa Lemahbang Kulon.

9. Rawon Bu Atik

Banyuwangi juga terkenal dengan rawonnya yang enak. Rawon di Banyuwangi bisa didapatkan dengan harga yang murah. Salah satunya jika berkunjung ke Rawon Bi Atik.

Rawon adalah makanan yang bisa dinikmati dengan nasi. Kuahnya berwarna gelap dan biasanya diisi dengan daging. Untuk tambahan lainnya biasanya adalah sambal dan juga lalapan kecambah, yang semakin nikmat dengan kerupuk.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Warung Bu Atik di Jalan Ahmad Yani 83 Banyuwangi.
  • Harga: Rp 27.000 untuk 1 porsi.

10. Mie Kuah Warung Kepiting

Pantai Plengkung Banyuwangi adalah salah satu objek wisata pantai terkenal. Ternaya selain itu ada juga spot wisata pantai yang cocok untuk sekalian berwisata kuliner. Pernah mencoba mie yang diolah dengan makanan seafood seperti kepiting? Jika belum, maka kuliner yang satu ini wajib Anda coba ketika bepergian ke Banyuwangi.

Mie di sana memang disajikan dengan kepiting. Namun jika Anda tidak suka seafood atau alergi seafood, maka ada juga pilihan makanan lainnya yang bisa dicoba tetap dengan rasa yang enak dan pasti Anda sukai.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Jalan Kepiting No. 29B Banyuwangi

11. Bakso Kiki Genteng

Genteng adalah salah satu kawasan di Banyuwangi yang bisa dikunjungi untuk berwisata kuliner. Di sana ada tempat makan bernama Bakso Kiki Genteng. Tempat makan yang satu ini selalur ramai pengunjung, terutama ketika lebaran tiba, dimana orang-orang mudik ke Banyuwangi.

Menu makanannya tentu saja adalah bakso. Jenis bakso yang ada di sana juga beragam, mulai dari bakso kasar, bakso halus, hingga bakso isi telur. Jika Anda adalah penggemar bakso, maka cobalah mampir ke sana.

Jika ingin makan di sana, beirkut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Jalan KH hasyim Asyari, Genteng, Banyuwangi
  • Jam buka: 09.00 sampai 21.00

12. Lodeh Koro Pedas Warung Lya

Lodeh koro pedas adalah kuliner berikutnya yang khas di Banyuwangi. Lodeh ini meruoakan salah satu makanan pedas yang bisa dinikmati saat perjalanan menuju atau dari Banyuwangi ke arah Situbondo.

Makanan lodeh ini adalah makanan khas pedesaan yang diolah dari koro (salahs atu jenis sayuran) dengan bumbu-bumbu dan juga tempe dan tahu. Untuk lauknya sendiri ada beberapa gorengan seperti ayam, ikan, paru, peyek, dan sebagainya.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang dibutuhkan:

  • Lokasi: Jalan Raya Situbondo, No. 425, Kecamatan Wongserejo, Desa Alasrejo, Banyuwangi

13. Bakso Hamil Beranak

Makanan yang satu ini mungkin sudah mulai berkembang di kota-kota lainnya. Di Banyuwangi sendiri juga ada bakso hamil beranak yang bisa dicoba rasa dan kelezatannya.

Ukuran bakso hamil beranak ini adalah jumbo alias super besar. Bahkan ada menu bakso dengan ukuran mencapai 30 cm dan beratnya mencapai 2 kg. Jika penasaran, cobalah datang dan buktikan sendiri.

Jika ingin makan bakso hamil beranak, berikut beberapa informasinya:

  • Lokasi: Bakso Pak Andre, di Jalan Dr. Soetomo Banyuwangi (di depan kantor BPN Banyuwangi)

14. Warung Pesantongan Kemangi Kemiren

Pesantongan adalah bahasa khas Banyuwangi yang berarti tempat nongkrong atau tempat tongkrongan. Tempat ini bisa dikunjungi saat ingin nongkrong ala-ala Banyuwangi bersama rekan seperjalanan.

Aneka menu makanan yang ditawarkan di sana adalah menu makanan khas Banyuwangi seperti pecel pitik, dan beberapa nasi khas lainnya. Untuk minumannya sendiri ada minuman khas kemiren, temulawak, kopi, beras kencur, dan sebagainya.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang diperlukan:

  • Lokasi: Pesantongan Kemien di desa Kemiren, Glagah, Banyuwangi
  • Jam buka: 11.00 sampai 23.00

15. Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi

Suka ikan bakar? Jika ya, maka salah satu lokasi terbaik untuk menikmati ikan bakar di Banyuwangi adalah di Blimbingsari. Di sana kiga ada pantai yang merupakan pantai penghasil ikan Banyuwangi.

Bahkan dari pantai ini bisa dilihat pemandangan pulau Bali dari kejauhan yang sangat indah. Sambil menikmati ikan bakar, Anda bisa menikmati suasan pinggir pantai dengan angin semilir.

Jika ingin menuju Blimbingsari Rogojampi, berikut informasinya:

  • Akses: Dari Bandara Blimbingsari menuju ke arah timur.
  • Jam buka: pagi hingga malam

16. Warung Biru

Satu lagi tempat kuliner Banyuwangi yang cukup terkenal, yaitu Warung Biru. Warung Biru berada di pusat kota Banyuwangi sehingga cukup mudah untuk didatangi.

Makanan khas yang ditawarkan di sana adalah makanan olahan laut. Selain itu ada juga makanan khas Banyuwangi yang memiliki ciri sambel pedas dengan gorengan ayam dan seafood.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang diperlukan:

  • Lokasi: Warung Biru di Jalan Kapten Piere Tendean
  • Jam buka: 09.00 sampai 17.00

17. Sop Kesrut Rodiyah

Banyuwangi terkenal dengan Wisata Kawah Ijen yang mempesona. Namun kuliner yang satu ini juga bisa membuat wisatawan ingin kembali ke Banyuwangi di lain kesempatan. Sop kesrut mungkin terdengar tidak begitu familiar di telinga masyarakat luar. makanan ini adlaah salah satu menu makanan yang cukup unik dan enak untuk dinikmati selagi berwisata ke Banyuwangi.

Makanan ini adalah makanan olahan kaldu yang cukup kental, lengkap dengan ayam kampung yang gurih dan asam. Da juga rasa-rasa pedasnya dan sangat menggugah selera dan wajib dicoba.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang diperlukan:

  • Lokasi: Warung Rodiyah, DUsun Kraan, Desa Segobang. (Pertigaan jalan menuju Ijen Resto).

18. Ayam Pedas Rantinem

Jika Anda suka akan wisata kuliner yang pedas dan menggugah selera, maka makanna yang satu ini bisa menjadi salah satu alternatif yang direkomendasikan.

Inilah makanan pedas dari olahan ayam yang bisa dinikmati dengan nasi dan juga lalapan. Hal yang menarik dari makanan ini adalah ayam dibakar terlebih dahulu sebelum diolah dengan kuah pedas, sehingga rasanya sangat enak.

Jika ingin makan di sana, berikut informasi yang diperlukan:

  • Lokasi: Samping Kantor Pos Genteng Banyuwangi
  • Jam buka: 10.00 sampai 21.00

Demikianlah beberapa wisata kuliner Banyuwangi yang direkomendasikan karena kekhasan dan kelezatannya. Jika ingin berkunjung ke Banyuwangi, cobalah mencicipi salah satu dari makanan khas di atas. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata kuliner.