Wisata Kuliner Cirebon

Wisata Kuliner Cirebon

Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Pada awalnya Cirebon berasal dari kata sarumban , Cirebon adalah sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa. Lama-kelamaan Cirebon berkembang menjadi sebuah desa yang ramai yang kemudian diberi nama Caruban (carub dalam bahasa Cirebon artinya bersatu padu). Diberi nama demikian karena di sana bercampur para pendatang dari beraneka bangsa diantaranya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya bangsa Arab), agama, bahasa, dan adat istiadat. kemudian pelafalan kata caruban berubah lagi menjadi carbon dan kemudian cerbon. Berikut ini kami akan memberikan anda informasi mengenai Wisata Kuliner Cirebon :

1. Empal Gentong Haji Apud

6 Wisata Kuliner Cirebon Ini Nikmatnya Kebangetan, Wajib Coba

Empal Gentong Haji Apud adalah salah satu tempat kuliner legendaris yang wajib kamu kunjungi saat di Cirebon. Tempat kuliner ini menyajikan berbagai macam menu empal gentong yang sangat enak. Bahkan daging dalam empal gentongnya pun terasa empuk dan tidak keras.

Tak hanya empal gentong, di tempat ini pun terdapat menu empal asem. Rasa kuah empal asemnya pun sangat menyegarkan, berbeda dengan empal gentong yang menggunakan kuah santan. Kalian bisa menikmati empal ini dengan menggunakan lontong dan nasi.

2. Nasi Jamblang Ibu Nur

6 Wisata Kuliner Cirebon Ini Nikmatnya Kebangetan, Wajib Coba

Selanjutnya, ada Nasi Jamblang Ibu Nur yang sudah terkenal sejak dulu dan selalu ramai pengunjung. Sesuai namanya, tempat kuliner yang selalu ramai ini menyediakan sajian utama, yakni nasi jamblang.

Nasi jamblang adalah nasi yang diberikan alas daun jati. Untuk lauknya, tersedia berbagai macam masakan, seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel, dan lainnya. Nasi Jamblang ini terkenal dengan aromanya yang wangi.

3. Restoran Seafood Jumbo

Bagi kamu yang menyukai masakan laut, mungkin Restoran Seafood Jumbo bisa menjadi pilihan. Sesuai dengan namanya, restoran ini menyediakan berbagai macam masakan laut dengan ukuran jumbo, seperti kepiting jumbo, udang jumbo, dan kerang jumbo.

Namun di sini tersedia juga berbagai macam masakan lauk yang berukuran normal lainnya. Saat Ramadhan, restoran ini selalu memberikan bonus takjil gratis loh.

4. Bubur M. Toha

6 Wisata Kuliner Cirebon Ini Nikmatnya Kebangetan, Wajib Coba

Bagi kalian yang selalu merasakan lapar di tengah malam, mungkin Bubur M. Toha ini bisa menjadi alternatifnya. Pasalnya, Bubur M. Toha buka selama 24 jam nonstop. Di tempat ini menyediakan menu bubur ayam lengkap dengan segala topingnya yang lezat.

Jika bosan, kalian juga bisa memesan bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam disini. Tempat ini selalu ramai pembeli, makanya kalian harus rela mengantri sedikit lama untuk bisa membeli bubur disini.

5. Rumah Makan Haji Moel

6 Wisata Kuliner Cirebon Ini Nikmatnya Kebangetan, Wajib Coba

Rumah Makan Haji Moel ini sudah sangat terkenal di Cirebon. Di tempat ini menyediakan makanan seafood dan chinese food. Untuk seafood, di sini tersedia berbagai macam olahan, seperti udang saus tiram, sate cumi, gurame goreng, kerang rebus, dan lain-lainnya.

Sedangkan chinese food kamu bisa memesan kwetiau goreng, kwetiau rebus, dan capcai. Rumah makan Haji Moel ini buka sampai pukul 02.00 WIB.

6. Restoran Klapa Manis

6 Wisata Kuliner Cirebon Ini Nikmatnya Kebangetan, Wajib Coba

Restoran Klapa Manis ini memiliki dekorasi dan desain tempat yang sangat bagus. Di sini kamu dapat melihat pemandangan alam yang indah. Kalau ingin melihat pemandangan Cirebon saat malam hari, kamu bisa memesan tempat makan di lantai yang paling atas. Di tempat itu kamu dapat melihat berbagai macam cahaya lampu kota yang indah.

Restoran Klapa Manis ini memiliki beberapa menu andalannya, seperti nasi tutug oncom, nasi bakar tongkol, nasi timbel polos, nasi pepes, dan lain-lain. Kalian juga bisa memesan berbagai macam olahan sayur, olahan daging, seafood, tahu, tempe, dan sambal.