Wisata Kuliner di Kepulauan Riau

Wisata Kuliner di Kepulauan Riau

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau
Wisata Kuliner di Kepulauan Riau

Kepulauan Riau (disingkat Kepri) adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riauberbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara; Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur; provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; Negara Singapura, Malaysia dan provinsi Riau di sebelah barat. Membahas mengenai kepulauan riau , kami akan mengajak anda ke beberapa tempat Wisata Kuliner di Kepulauan Riau yang wajib anda coba :

1. Ikan Asam Pedas

Wisata kuliner di Kepulauan Riau yang pertama akan kita bahas adalah sebuah makanan yang berbahan dasar seafood. Makanan yang satu ini biasanya akan dapat kita temui jika saat waktu-waktu khusus saja. Biasanya makanan ini akan kita temukan saat lebaran atau waktu hari perayaan yang lain.

Makanan yang satu ini memang cukup khas dan berbeda dengan yang lain. Ikan asam pedas khas Kepri ini sendiri memiliki kuah yang lebih merah jika dibandingkan dengan kuah asam pedas masakan lain. Selain itu kuah dari masakan ini juga terasa lebih pedas jika kita cicipi. Biasanya penyajian masakan yang satu ini akan diletakan di atas tungku kecil. Hal ini bertujuan untuk menjaga makanan ini agar tetap hangat.

Jika makanan ini tetap hangat maka cita rasa yang ada akan selalu terjaga. Biasanya masakan ini akan terbuat dari ikan utuh yang dipotong-potong sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Maka dari itu selama penyajian biasanya akan ditemani dengan mangkuk kecil untuk mengambil daging ikan tersebut. Cita rasa asam yang dipadu dengan rasa pedas akan membuat lidah kita tak berhenti bergoyang.

2. Otak-Otak Tulang

Mungkin makanan yang satu ini sudah biasa kita temui di berbagai tempat. Namun sebagai salah satu primadona wisata kuliner di Kepulauan Riau pastinya otak-otak ini memiliki ciri khas khusus. Jika biasanya kira menemukan otak-otak yang terbuat dari ikan tengiri dan berwarna putih. Maka kita akan menemukan otak-otak berwarna merah yang ada di kepulauan riau.

Hal ini karena otak-otak yang berasal dari kepulauan riau ini tak hanya terbuat daru ikan tengiri saja, tapi juga sotong dan gurita. Bahan pembuat tersebut lah yang membuat warna dari otak-otak ini menjadi sedikit berbeda dengan yang lain. Untuk menemukan makanan yang satu ini sebenarnya sangat mudah sekali.kita bisa menemukan makanan yang satu ini di berbagai destinasi wisata yang ada di Kepulauan Riau. Untuk harga sendiri biasanya hanya dipatok Rp 3,000 saja, harga yang sangat murah namun dengan cita rasa yang tak murahan. Makanan yang satu ini sangat cocok sebagai cemilan sembari menikmati pemandangan.

3. Lempok Durian

Jika kita berbicara mengenai dodol, maka akan banyak sekali nama dodol yang akan kita sebutkan. Namun, biasanya yang langsung tersirat adalah dodol garut yang memang sudah cukup terkenal. Namun kali ini kita akan membahas sebuah panganan khas kepulauan riau yang sangat khas, yaitu Lempok Durian.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa lempok durian pada dasarnya adalah nama lain dari dodol. Lempok durian khas kepulauan riau ini sendiri memiliki cita rasa yang lebih legit jika dibandingkan dengan dodol durian daerah lain. Selain itu pembuatan dodol ini sendiri masih dipertahankan dengan menggunakan metode tradisional yang pastinya akan sangat menjaga cita rasa yang ada.

Selain bisa kita nikmati di tempat, maka lempok durian ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat pas untuk kita bawa pulang. Bagi kalian yang memang mengaku mencintai durian, maka makanan yang satu ini wajib kalian cicipi. Untuk membeli makanan yang satu sangat mudah, karena memang sudah bisa kita temukan di berbagai tempat penjualan yang tersebar di Kepulauan Riau.

4. Mie Lendir

Satu lagi primadona wisata kuliner di kepulauan Riau yang wajib kita cicipi. Kuliner yang satu ini bernama mie lendir, bagi beberapa orang mungkin namanya akan terdengar sedikit aneh. Namun, pada dasarnya makanan yang satu ini tak jauh berbeda dengan masakan berbahan dasar mie yang banyak kita temui.

Makanan yang satu ini merupakan sebuah mie rebus yang memiliki kuah terbuat dari kacang tanah dan ubi jalar. Campuran kedua bahan ini membuat kuah mie terlihat berwarna coklat yang oleh masyarakat dianggap mirip dengan lendir. Namun, jangan berpikiran yang aneh-aneh dahulu, meskipun memiliki nama yang aneh dan unik tapi rasa dari makanan yang satu ini tak bisa di anggap remeh begitu saja.

Rasa gurih, manis dan sedikit pedas akan membuat kita tak berhenti menggoyang lidah. Untuk dapat menemukan masakan yang satu ini tak akan terlalu sesah. Jika kalian berkunjung ke Kepri maka akan banyak kalian temukan rumah makan yang menjual masakan yang satu ini.

Selain makanan yang disebutkan di atas masih ada beberapa makanan lagi yang bisa kalian cicipi seperti

  1. Sup Ikan
  2. Kopi Hawaii
  3. Kerupuk Atom
  4. Lakse
  5. Mie Tarempa
  6. Gonggong
  7. Nasi Lemak
  8. Roti Prata
  9. Teh Tarik
  10. Nasi Dagang
  11. Kerang Bulu
  12. Bubur Pedas
  13. Roti Jala
  14. Sotong Masak Hitam
  15. Gulai Siput Sedut
  16. Lendot
  17. Mie Siam Kuning
  18. Laksmana Mengamuk
  19. Luti gendang
  20. Kue Bangket
  21. Kue Semprong
  22. Epok-Epok
  23. Bingka Bakar

Itu tadi beberapa wisata kuliner di Kepulauan Riau yang wajib kalian coba. Memang tak akan terasa lengkap jika kita berkunjung ke suatu tempat tapi tidak menikmati kuliner yang ada di tempat tersebut. jika kalian berkunjung ke Kepulauan Riau sempatkan sejenak untuk menikmati makanan tersebut. Semoga informasi tadi bermanfaat.