Wisata Kuliner di Purwakarta

Wisata Kuliner di Purwakarta

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau
Wisata Kuliner di Purwakarta

Purwakarta adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Pusat pemerintahan Kabupaten Purwakarta berada di Kecamatan Purwakarta. Kecamatan ini memiliki penduduk terpadat daripada yang lainnya, dan menurut data sensus penduduk tahun 2010 penduduk kecamatan ini sebanyak 165.447 jiwa.

Di kecamatan ini pula terdapat banyak kegiatan perniagaan sehingga menjadikannya sebagai kecamatan yang paling ramai sekaligus terpadat penduduknya (18,38% dari jumlah penduduk Kabupaten Purwakarta) meskipun memiliki luas yang paling kecil di antara kecamatan lainnya (2,71% dari luas Kabupaten Purwakarta). Kecamatan Purwakarta memiliki ketinggian kira-kira 84m Dari permukaan laut. Di kecamatan ini mempunyai danau kecil yakni situ buleud yang melambangkan kota purwakarta ini. Kecamatan Purwakarta ini sering disebut Kota Purwakarta. Selain banyak pemandangan yang indah , ternyata purwakarta memiliki banyak kuiner yang lezat seperti berikut ini , kami akan memberikan anda beberapa informasi mengenai Wisata Kuliner di Purwakarta  :

1. Sate Maranggi Cibungur

Kuliner Purwakarta yang pertama bernama sate maranggi yang berlokasi di Jalan Raya Cibungur. Anda bisa mencapainya dengan menyusuri jalan arah tol Cikampek sampai ke arah yang banyak hutan jatinya. Pokoknya jika anda dari arah Purwakarta letak kedai makan sate maranggi ini ada di sebelah kanan jalan. Anda tak akan menyangka bahwa yang dijajakan di kedai tersebut adalah sate kambing. Anda akan mengira itu sate sapi dikarenakan tak ada bau kambing yang tercium. Ya, itu karena kepintaran si penjual dalam mengolah daging kambing menjadi tidak berbau dan lezat.

Nah, sate maranggi di Jalan Raya Cibungur ini dibanderol dengan harga Rp 10.000,- untuk 10 tusuk sate. Sate yang disantap dengan nasi hangat dan bumbu sambal kecap dengan irisan cabai dan tomat ini akan lebih segar bila dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Menu lain yang disediakan kedai ini adalah ayam bakar dan gurame bakar, sup sapi, soto, sup kambing, gado-gado, karedok, mie bakso, hingga sayur asem.

Kedai sate ini pertama kali dibuat pada tahun 1990 dan masih ramai pengujung sampai sekarang. Terlebih jika bulan puasa tiba, tempat ini bahkan penuh pelanggan dan tak jarang ada yang sampai menggelar tikar untuk menikmati kelezatan sate marangginya. Suasana kedai yang berbatasan langsung dengan hutan jati tersebut cukup nyaman. Kedai yang satu ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00. Dan khusus hari minggu akan buka sampai dengan pukul 20.00.

2. Sate Maranggi Jalan Situ Wanayasa

Masih dari kuliner sate maranggi. Sate yang berada di Jalan Situ Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat bernama Rumah Makan Saung Situ ini terkenal lezat dan gurih. Banyak pelanggan yang datang setiap harinya. Untuk seporsi sate maranggi dibanderol seharga Rp 10.000,- berisi 10 tusuk sate.

Selain anda dapat memesan sate maranggi di warung makan ini, anda juga bisa memesan menu yang lain lho, seperti ikan bakar, ayam bakar, sop kambing, karedok, hingga soto ayam. Kabarnya, selain sate maranggi-nya, ayam bakar di Rumah Makan Saung Situ ini termasuk sangat populer lho di kalangan para pelanggan. Jadi, ketika anda memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, jangan lewatkan juga ayam bakarnya.

3. Mie 3 Warna Purwakarta

Bagi anda yang mencari kuliner sehat? Ada nih yang terkenal dari daerah Purwakarta dan berlokasi di Situ Cikumpay, Kecamatan Cempaka, Purwakarta. Nama makanannya adalah mie 3 warna atau yang lebih dikenal dengan mie sehat 3 warna. Sesuai dengan namanya, kuliner berbahan tepung yang satu ini memang punya 3 warna, seperti pelangi (merah, kuning, dan hijau).

Jadi di mana sehatnya? Ya, mie ini sehat dikarenakan bahan pewarna yang digunakan untuk memberi warna pada mie tersebut berasal dari bahan-bahan yang alami. Diantara bahan pewarna alami yang digunakan adalah wortel, akar bit, sampai dengan buah naga. Untuk seporsi mei sehat 3 warna ini dipatok dengan harga Rp 10.000,- satu porsi.

4. Aneka Pepes Ibu Ani

Jika anda suka dengan ikan, silakan mampir ke warung aneka pepes Ibu Ani. Penjualnya memang menyediakan berbagai jenis pepes ikan nan lezat. Lokasinya ada di Jalan Ir. H, Juanda No.2, Purwakarta. Harga pepes ikannya bervariasi mulai dari Rp 2.000,- sampai dengan Rp 10.000,-.

Tempat ini dijamin akan memanjakan anda para pecinta aneka pepes, karena disini aneka pepes telah tersebar di mata depan mata anda, dan anda tinggal memilihnya saja. Jenis pepes yang dijual di warung makan ini antara lain adalah pepes cumi, pepes ikan, pepes jamur, pepes belut, hingga pepes jambal. Selain aneka pepes, ketika anda memutuskan untuk berkunjung ke warung ini, jangan lupa untuk memesan menu ikan baby-nya ya. Ikan baby ini merupakan sebutan ikan mas kecil yang digoreng kering. Nah, menu ikan baby ini merupakan salah satu menu paling populer di warung ini lho.

5. Simping Kaum

Inilah camilan enak dari Purwakarta. Simping kaum merupakan sejenis makanan yang bentuknya bulat pipih dan kress jika dimakan. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan tapioka dengan tepung terigu yang selanjutnya dicetak menggunakan alat khusus. Wilayah Kaum adalah pusat dari jajanan tersebut.

Salah satu toko yang menjual simping kaum enak di Purwakarta adalah simping kaum Jalan Mr. Dr. Kusuma Atmaja No.34 dengan label nama simping kaum “Ananda” (Hj. Enen Komariah) yang tersedia dalam beragam varian rasa mulai dari keju, pandan, nangka, udang, kencur, susu, pisang, pedas, dan bawang. Untuk harga sebungkus kecil sampai besar dipatok dengan harga Rp 3.500,- sampai dengan Rp 7.500,-.

Selain jajanan simping kaum, toko tersebut juga menyediakan camilan berupa gapit. Dengan adonan yang sama dengan simping kaum, hanya saja ditambah gula merah (gapit rasa wijen dan jahe), kue semprong jahe, dan lain sebagainya. Toko ini buka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00.

6. Ayam Goreng Kampung Sajolna

Anda yang suka ayam, bisa datang ke Warung Sajolna yang beralamat di Jalan Letjend Basuki Rahmat No.157. Ayam goreng di sini menggunakan ayam kampung. Yang lebih istimewa adalah sambalnya. Ya, itu adalah sambal dadakan yang pedas dan tentunya menggugah selera makan anda.

Harga menu yang disediakan warung satu ini bervariasi mulai dari Rp 7.000,- sampai dengan Rp 30.000,-. Untuk harga ayamnya sendiri, warung makan ini mematok biaya Rp 15.000,- per potongnya. Namun selain memesan ayam per potong, disini anda juga dapat memesan satu ayam utuh, yang cocok dipesan jika anda membawa keluarga anda atau nongkrong bersama teman-teman anda.

Selain menu ayam kampung yang tentunya menjadi menu andalan di warung ini, anda juga dapat memilih lauk-lauk penunjang lho, semisal karedok yang dibanderol Rp 5.000,- saja. Selain itu, anda juga bisa memesan gado-gado, jengkol, pencok leunca, hingga sayur asam dengan harga yang murah meriah tentunya.

7. Soto Sadang

Soto memang sudah terkenal kelezatannya dan tersebar ke seluruh pelosok nusantara. Termasuk juga di Purwakarta. Tepatnya berada di Jalan Veteran No.12, anda akan temukan sebuah warung soto bernama Soto Sadang Asli. Soto Sadang Asli mempunyai rasa lezat dan khas. Warung yang telah ada sejak 30 tahun yang lalu ini harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan soto-soto lainnya, akan tetapi harga itu sesuai dengan rasanya yang nikmat.

Jadi, soto sadang tidak hanya memiliki satu jenis saja, tapi ada 2 jenis soto sadang. Anda bisa memesan soto sadang yang memiliki kuah bening, atau soto sadang yang memiliki kuah santan. Semuanya itu tergantung selera anda. Pilihan ini juga bisa dikombinasikan lho dengan daging sapi atau daging ayam, jadi di tempat ini anda bisa memesan soto ayam kuah bening, soto ayam kuah santan, soto daging kuah bening, atau soto daging kuah santan. Jika anda masih bingung, mungkin anda bisa membayangkan tampilan soto kuah santan ini mirip dengan soto Betawi.

8. Nasi Liwet Ibu Dini Purwakarta

Lokasinya berada di Jalan Raya Pondok Salam KM 10, Purwakarta. Anda bisa mencicipi kelezatan nasi liwet Ibu Dini. Makanan yang harganya sampai dengan Rp 40.000,- dengan berbagai macam menu yang tersedia. Sesuai dengan namanya, warung yang satu ini memang mempunyai makanan andalan berupa nasi liwet. Akan tetapi, jika anda bosan dengan nasi liwet, anda pun bisa memesan menu yang lainnya. Diantaranya adalah nasi tutug oncom dan juga nasi kabeulem.

Lalu, apa itu nasi kabeulem? Nasi kabeulem merupakan sebuah nasi yang secara penyajian sama saja dengan nasi timbel, namun yang membedakannya dengan nasi timbel adalah pada nasi kabeulem ini sudah diberi bumbu-bumbu berupa parutan kelapa dan ikan teri, kemudian campuran tersebut dibakar dengan arang. Untuk melengkapi sajian nasi liwet dan nasi kabeulemnya, anda juga bisa memesan lauk-lauk sederhana macam ayam, tempe, tahu dan lain-lain. Jika anda penyuka sambal, maka tantang diri anda dengan memesan sambal bledag saat berkunjung ke tempat ini.

9. Surabi Kedai Koka

Kuliner yang patut untuk anda coba saat liburan ke Purwakarta selanjutnya adalah surabi Kedai Koka. Walaupun bukan termasuk warung legendaris yang usianya sudah puluhan tahun, surabi di tempat satu ini rasanya enak dan gurih. Dengan bahan pembuatan adonan yang merupakan campuran dari tepung beras, terigu, juga kelapa, surabi ini mampu membuat lidah berdansa.

Hidangan yang disediakan Kedai Koka diantaranya adalah surabi manis, surabi asin, serta pisang bakar. Untuk surabi manisnya memiliki banyak varian rasa, diantaranya adalah rasa keju susu, cokelat, susu, sampai dengan special. Untuk pilihan rasa surabi asin, diantaranya adalah telur keju, ayam, oncom special, telur, ayam keju, sosis, dan lain sebagainya. Nah, itu menu camilannya.

Jika anda merasa masih lapar, bisa lanjut dengan memesan makanan berat diantaranya adalah nasi goreng, mie goreng, gulai kambing, aneka seafood, sosis, capcay, omelet, dan beraneka ragam steak. Kedai yang lokasinya ada di Jalan Tugu Pahlawan No. 2 ini buka tiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00. Kedai Koka akan lebih ramai pengujung saat malam tiba, oleh karena itu, pihak Kedai Koka memanfaatkan pelataran apotek yang tutup di dekatnya sebagai lokasi tambahan.

10. Peuyeum Bendul

Makanan selanjutnya bernama peuyeum bendul. Dinamai peuyeum bendul karena makanan ini dijual sepanjang Jalan Raya Bendul. Jika anda dari Purwakarta, deretan ruko yang menjual peuyeum bendul dapat ditemui di sepanjang jalan menuju arah Bandung (sekitar 15 km). Tak tanggung-tanggumg, ruko yang menjual peuyeum ini panjangnya sampai dengan 2 km.

Peuyeum yang dijajakan dengan cara digantung ini memiliki tekstur yang lebih padat dan manis dibandingkan dengan peuyeum Bandung yang cenderung banyak airnya. Perbedaan tekstur peuyeum ternyata disebabkan oleh cara pembuatan kudapan tersebut yang sedikit berbeda. Jika peuyeum Bandung diperam dalam keranjang bambu yang alasnya daum pisang selama 2 malam, akan tetapi waktu pemeraman peuyeum bendul lebih pendek (hanya 1 malam saja).

Cara pembuatannya adalah singkong yang telah dicuci bersih selanjutnya dikupas, kemudian direbus sampai matang dan tampak terapung, kemudian barulah singkong didinginkan (pastikan singkong sudah dingin betul) selanjutnya baru diberi ragi. Perlu diperhatikan bahwa pencucian singkong harus dilakukan dengan benar-benar bersih untuk menghasilkan peuyeum yang rasanya manis. Kalau tidak bersih, peuyeum akan terasa asam. Kedai di sini biasa buka mulai jam 7 pagi sampai dengan jam 10 malam. Nah, jika anda merasa bosan dengan kudapan peuyeum yang biasanya. Anda bisa mencoba peuyeum modifikasi, namanya adalah colenak. Ini adalah kudapan peuyeum yang dibakar atau dikukus lagi kemudian ditaburi gula merah, kacang tanah dan kelapa.

11. Hj. Ciganea

Rumah makan Ibu Hj, Ciganea ini letaknya ada di Jalan Veteran No.138, tidak jauh dengan rumah makan Soto Sadang. Sekedar info, rumah makan Ibu Hj. Ciganea ini sudah buka cabang di Bandung lho, namun tetap rumah makan asli Hj. Ciganea ini bertempat di Purwakarta ini.

Memang rumah makan ini menyediakan beraneka macam menu khas sunda, akan tetapi ada keunikannya, lho. Menu yang tersedia di sini susunan piringnya bertumpuk-tumpuk, mirip seperti makanan yang ada di restoran padang. Hal ini dilakukan dengan alasan lebih praktis dan akan lebih cepat memberikan pelayanan pada pelanggan. Pokoknya semua hidangannya memiliki citarasa lezat. Ditambah sambal dadakan, makin lengkap menu santapan anda. Sebagai bahan rekomendasi dan pertimbangan anda, ketika anda dan keluarga memutuskan untuk mencoba berbagai santapan disini, pastikan anda jangan melewatkan menu khas Pasundan seperti karedok dan pencok leunca-nya yang sangat terkenal.