Wisata Kuliner Hanoi

Wisata Kuliner Hanoi

Berkunjung ke suatu negara rasanya belum lengkap kalau tidak turut mencicipi kuliner khas negara tersebut. Vietnam pun demikian. Negara yang satu ini memiliki setidaknya 1- tempat wisata kuliner enak dan murah di Vietnam yang layak untuk Anda singgahi saat sedang berada disana. Penasaran dengan tempat-tempatnya? Berikut ini kami mengajak anda berWisata Kuliner Hanoi

1. Ca La Vong Restaurant

kuliner enak di Hanoi

Ca La Vong termasuk golongan restoran tua di Hanoi yang telah dibuka lebih dari seabad lalu. Awalnya restoran ini didirikan oleh sebuah keluarga lokal Hanoi untuk menyajikan hidangan spesial bagi prajurit pada masa pemerintahan kolonial Perancis. Restoran ini terletak di 14 Cha Ca Street, Hanoi. Terdiri dari dua lantai dengan area makan yang luas, Ca La Vong selalu penuh dan ramai terutama saat jam-jam makan.
Menu utama yang menjadi andalan di restoran ini adalah Cha Ca. Warga Hanoi sangat gemar menyantap makanan yang satu ini karena rasanya yang nikmat. Pada dasarnya Cha Ca terbuat dari mie yang ditambahkan dengan lele goreng renyah dengan bumbu kunyit, dill, dan berbagai rempah lainnya.

2. Bun Cha Dac Kim

rekomendasi restaurant di Hanoi

Bun Cha Dac Kim merupakan restoran yang berpusat di Jalan Hang Manh No. 1, Hanoi. Meski terkesan sederhana, restoran ini selalu ramai dikunjungi wisatawan maupun penduduk lokal. Bahkan, Bun Cha Dac Kim telah memiliki cabang lain di Jalan Duong Thanh No. 67. Restoran ini buka setiap hari dari jam 10.00 hingga jam 19.00.
Menu utama yang ditawarkan Bun Cha Dac Kim adalah Bun Cha, daging cincang panggang mirip isian burger yang gurih dan lezat. Biasanya, Bun Cha disajikan bersamaan dengan sohun, lumpia kepiting, acar, serta tak ketinggalan sebaskom sayuran mentah. Sebaiknya Anda datang bersama teman jika ingin menikmati hidangan di sini lantaran posi yang disuguhkan lumayan besar dan tak habis dimakan satu orang.

3. Bun Bo Nam Bo

tempat makan enak di Hanoi

Kedai Bun Bo Nam Bo berada di Jalan Hang Dieu No. 67. Kedai ini mirip kedai bakso mie yang biasa di Indonesia, namun tentu dengan gaya Vietnam. Jam buka Bun Bo Nam Bo mulai dari pukul 07.00 hingga malam jam 22.30. Dengan jam buka yang sedemikian rupa, Anda bisa datang ke kedai ini dengan leluasa untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam.
Sesuai nama kedainya, menu utama yang disajikan adalah Bun Bo Nam Bo. Menu ini berisikan bihun dengan topping toge, daun yansui, irisan daging dengan taburan bawang dan kacang tanah goreng. Biasanya hidangan ini dilengkapi dengan acar papaya muda.

4. Pho 10

kuliner di Hanoi

Belum ke Hanoi jika belum mampir ke Pho 10. Kedai yang berada di Jalan Ly Quoc Su No. 10 ini merupakan spot legendaris yang wajib dikunjungi. Buka dari jam 10.00 hingga jam 14.00. Setelah itu kedai akan tutup untuk istirahat dan buka kembali jam 17.30 hingga 22.00.
Menu populer yang disajikan adalah Pho. Terbuat dari mie beras yang diolah menjadi sup dengan tambahan daging toge dan daun jeruk. Makanan ini adalah kuliner wajib masyarakat Vietnam.

5. Kedai Ms. Thu

rekomendasi makanan enak di hanoi

Bagi Anda yang menyukai produk olahan laut alias seafood, cobalah untuk datang ke kedai Ms. Thu. Terletak di dekat St. Joseph’s Cathedral, Tho Xuong Alley, kedai Ms. Thu menyajikan menu utama bernama Bun Rieu. Hidangan ini adalah mie kuah dengan sajian daging maupun seafood. Warnanya merah menyala lantaran adanya tomat serta minyak annatto yang terbuat dari biji achiote.

6. Café Giang

restaurant enak di Hanoi

Café Giang terletak di Jalan Nguyen Huu Huan No. 39, Hang Bac, Hoan Kiem, Hanoi. Café ini dikenal akan spesialisasinya dalam menyajikan Ca Phe Trung yang lezat. Minuman ini merupakan menu khas Hanoi yang mencampurkan kopi dan telur dengan cara yang apik. Konsistensinya mirip kue meringue yang creamy dan lembut. Di bagian atas ada busa yang berasal dari kocokan putih telur.

7. Batavia Restaurant & Café

makana enak di hanoi

Tengah di Hanoi dan rindu akan masakan Indonesia? Anda bisa datang ke Batavia Restaurant & Café yang terletak di Jalan Xuan Dieu No. 25, Quang An, Tay Ho, Hanoi. Restoran ini terbilang cukup baru dibanding restoran yang telah disebutkan di atas. Restoran ini mulai dibuka sejak Desember 2016 lalu dengan menyuguhkan berbagai masakan nusantara yang beragam.
Menu utama yang menjadi primadona adalah sop buntut dan ayam penyet. Chef yang bekerja di tempat ini didatangkan langsung dari Jakarta untuk menjaga keaslian cita rasa. Namun, tak melulu masakan Indonesia, café ini juga menyediakan piihan menu western dan beberapa masakan asli Vietnam seperti Pho Bo.

8. DLions Restaurant

kuliner hanoi

Bosan dengan masakan Vietnam maupun Indonesia? Anda bisa menikmati cita rasa yang berbeda di DLions Restaurant. Restoran ini memfokuskan spesialisasinya pada masakan Melayu, utamanya Malaysia dan Singapura. Terletak di Le Duan No. 92, Hanoi, restoran ini telah memiliki sertifikat halal sehingga aman untuk wisatawan muslim yang datang.

9. Cong Caphe

kuliner wajib coba di hanoi

Tak jauh berbeda dengan Indonesia, budaya minum kopi masyarakat Hanoi ternyata juga cukup kuat. Tak heran banyak coffee shop bertebaran di jalanan. Salah satu yang terkenal dalam bisnis coffee shop dengan cita rasa lokal adalah Cong Caphe. Coffee shop satu ini termasuk yang paling terkenal di Vietnam dan memiliki berbagai cabang di okota-kota besar.
Salah satu yang terkenal terletak di Hanoi, tepatnya di sebelah katedral ST. Joshep, Jalan Trang Tien. Uniknya, dekorasi pada café ini bertemakan perang Vietnam yang akan membawa Anda mengenang sejarah masa lalu. Menu andalannya adalah coconut coffe.

10. Nola Café

makanan enak di Hanoi

Café ini berlokasi di Jalan May May, Old Quarter, Hoan Kiem. Lokasinya tersembunyi di dalam gang namun memiliki atmosfir dan nuansa yang nyaman. Tak heran tempat ini sering dijuluki hidden gem. Dengan dekorasi vintage bercampur perabotan yang bermacam, café ini memiliki keunikan tersendiri untuk nongkrong. Café ini juga sering dijadikan spot foto berlatar kanopi payung yang berwarna-warni.
Berlibur ke Hanoi tak melulu soal pantai bukan? Anda pun bisa mencicipi rekomendasi kuliner Hanoi yang menggetarkan lidah? Kira-kira tempat mana yang akan Anda kunjungi ketika ke Hanoi nanti?