Wisata Kuliner Khas Fiji

Wisata Kuliner Khas Fiji

51 FAKTA MENARIK TENTANG FIJI | semestafakta

Fiji dikenal karena budaya pribumi yang kaya dan pantai yang indah, bukan makanannya. Tetapi menelusuri salah satu dari banyak pasar di pulau itu mengungkapkan banyak hasil bumi segar. Bahan-bahan ini, bersama dengan kreativitas memasak Fiji, menghasilkan masakan yang benar-benar beragam dan menarik.

Unsur dasar memasak Fiji terdiri dari ubi jalar, talas (sayuran akar seperti ubi), beras, singkong, kelapa dan ikan. Metode memasak utama adalah melalui api terbuka atau menggunakan metode memasak bawah tanah. Migrasi orang India ke Fiji dimulai di 1870, ketika ribuan orang tiba untuk bekerja di industri tebu. Bersama mereka mereka membawa bahan-bahan baru dan menarik dari tanah air mereka, dan ketika budaya-budaya itu bergabung, gaya khas masakan ‘Fiji-Indo’ berevolusi. Karena alasan ini, masakan Fiji memiliki unsur kari dan rempah-rempah yang berwarna-warni di dalamnya, yang tidak dimiliki negara-negara tetangganya di Pasifik. Seperti yang Anda harapkan dari sebuah pulau, makanan Fiji sangat dipengaruhi oleh laut sekitarnya. Hidangan tradisional termasuk berbagai kerang, rumput laut, gurita, teripang, landak laut, penyu, hiu, dan tentu saja ikan. Nah, selain banyak pemandangan indah , SukaGAUL kan mengajak anda mengenali berbagai kuliner disana , untuk itu simak ulasan Wisata Kuliner Khas Fiji dibawah ini.

1. Kokoda

5 Kuliner Ikonik khas Fiji, Negara Kepulauan di Pasifik Selatan

Bisa dibilang, kokoda adalah hidangan nasional Fiji. Masakan ini terbuat dari ikan yang direndam dalam jus jeruk, krim kelapa, bawang, tomat dan cabai. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan mahi-mahi (Coryphaena hippurus), tutur laman Nomlist.

Lalu, masakan ini ditaruh di atas batok kelapa atau cangkang berukuran besar. Penduduk Fiji sendiri menyukai kokoda yang dibuat pedas. Kamu bisa membeli kokoda di Nadina Authentic Fijian Restaurant yang beralamatkan di ​Port Denarau Marina, Building C, Shop R1 & R2, Denarau Island, Viti Levu, Fiji.

2. Roti lolo

5 Kuliner Ikonik khas Fiji, Negara Kepulauan di Pasifik Selatan

Tahukah kamu, makanan apa ini? Ini adalah roti lolo, yakni roti kelapa khas Fiji. Hidangan ini mirip dengan pani popo asal Hawaii, jelas laman Nomlist. Roti lolo cocok dinikmati sesaat setelah keluar dari oven dan ditemani dengan teh atau kopi.

Kamu bisa memakannya sebagai sarapan atau side dish untuk makan malam. Roti lolo terbaik ada di Dicks Place Bar & Bistro yang berlokasi di Musket Cove Island Resort, Fiji.

3. Palusami

5 Kuliner Ikonik khas Fiji, Negara Kepulauan di Pasifik Selatan

Mungkin, makanan satu ini tidak terlihat estetik. Tapi, percayalah kalau rasanya enak! Namanya palusami, yakni daging, santan dan bawang bombai yang dibungkus dengan daun talas atau daun rourou, tutur laman Nomlist.

Daging yang dipakai ialah daging kornet, tetapi bisa diisi dengan seafood. Penduduk Fiji memakai daging kornet karena daging segar tidak mudah didapatkan di negara kepulauan. Kunjungi The Old Mill Cottage di 49 Carnarvon St, Suva, Viti Levu, Fiji untuk mendapatkan palusami terbaik.

4. Purini

5 Kuliner Ikonik khas Fiji, Negara Kepulauan di Pasifik Selatan

Bagi kamu yang menyukai hidangan manis, bisa menjajal purini. Ini adalah puding kukus yang terbuat dari tepung, santan, bubuk cokelat, esens vanila, tak lupa diberi baking soda dan baking powder agar adonan mengembang, saran laman Spicy Side Up.

Setelah dikukus dan matang, purini bisa dihidangkan bersama custard atau mentega, lalu ditemani dengan secangkir teh atau kopi, ungkap laman Nomlist. Jika kamu tak bisa pergi ke Fiji, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahannya mudah!

5. Kare kepiting

5 Kuliner Ikonik khas Fiji, Negara Kepulauan di Pasifik Selatan

Karena merupakan negara kepulauan yang dikelilingi dengan laut, tak heran banyak masakan berbahan dasar seafood. Salah satunya ialah kare kepiting. Bahannya ialah kepiting bakau, bubuk kari, daun kari, bawang putih, jahe, kaldu ikan dan minyak canola, ujar laman Gourmet Traveller.

Bagaimana cara memasaknya? Pertama, potong kepiting menjadi dua bagian dengan pisau tajam dan buang insangnya. Lalu, panaskan minyak dan masukkan semua bumbu. Setelah aromanya harum, masukkan kaldu dan kepiting. Masak sampai matang dan bumbu mengental, lalu sajikan!