Wisata Kuliner Kota Batu

Wisata Kuliner Kota Batu

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau , Kuliner Murah Meriah Di Medan , Wisata Kuliner Kota Batu
Wisata Kuliner Kota Batu

Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 700-2.000 meter dan ketinggian rata-rata yaitu 871 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata mencapai 11-19 derajat Celsius.

Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Pada tanggal 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa Bersama dengan Kota Malangdan Kabupaten Malang, Kota Batu merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang). Berikut ini kami akan membahas mengenai Wisata Kuliner Kota Batu  :

Omah Kitir Cafe Factory

Omah Kitir menjadi urutan teratas di kategori tempat kuliner terbaik di Kota Batu. Model bangunan semi kolonial, mungkin itulah kesan pertama yang dirasakan setiap pengunjung ketika melihat Omah Kitir Batu. Selain terkesan nyaman dan rapi, nuansa romantis khas Omah Kitir Batu juga sangat kental dirasakan apalagi ketika waktu sore hari menjelang malam, benar-benar “The Most Romantic Place in Town”. Untuk menu hidangan yang disajikan juga beragam mulai dari baked pasta, pizza, chicken noodle, fried rice, klappertaart, steak, pie corner, sandwich, side dish dan aneka menu snack lainnya yang siap menemani waktu bersantai di Omah Kitir Cafe Factory Batu.

Alamat : Jl. Ridwan No. 1, Ngaglik, Batu
Jam Buka : 11.00 – 23.30 WIB
Harga menu masakan : Rp 13.000 – 50.000 / porsi
Harga menu minuman : Rp 6.000 – 21.000 / porsi
Baca Selengkapnya : Omah Kitir Batu

Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo

Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo terkenal akan sensasi berkuliner yang dijamin membuat Anda terkesan. Makanan tradisional seperti aneka olahan ikan, ayam, bebek dan sayuran menjadi hidangan utama yang terdapat di Waroeng Lesehan Bamboe Batu. Bukan hanya makanannya saja yang terkenal enak dan tersaji dalam berbagai macam varian, nuansa alam khas daerah Batu yang terkenal akan hawa sejuk dan pemandangannya yang asri juga siap memanjakan Anda. Sesuatu yang pastinya membuat Anda kerasan di Warung Bambu Batu adalah ketika Anda menyantap makanan ditemani oleh gemericik air dan ribuan ikan koi yang berada dibawah lesehan semakin membuat waktu makan terasa menakjubkan. Tempat kuliner ini buka setiap harinya mulai pukul 09.00 sampai dengan 20.30 WIB.

Alamat : Jalan Raya Sidomulyo, Punten, Batu
Jam Buka : 09.00 – 21.00 WIB
Harga menu kuliner : Rp 5000 – 50.000

Baca selengkapnya : Warung Lesehan Bamboe Batu

Waroeng Lesehan Pring Pethuk

Waroeng Lesehan Pring Pethuk merupakan pengembangan dari Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo, berada di tempat dengan kondisi udara yang sejuk dan disekitar kebun bunga membuat Warung Lesehan Pring Pethuk menjadi tempat makan yang cocok untuk para keluarga. Ya, selain mengusung konsep kuliner dan wisata keluarga, Lesehan Pring Pethuk Batu juga memiliki kolam pancing, wisata berkuda, dan kebun binatang mini yang siap menghibur para anak-anak ketika berada di lokasi warung. Untuk menu hidangannya sendiri tidak jauh berbeda dengan Lesehan Waroeng Bamboe Batu yang menghadirkan menu tradisional dengan citarasa berkualitas yang sangat cocok di lidah warga Indonesia. Salah satu tempat kuliner rekomended untuk keluarga.

Alamat : Jl. Cemara Kipas Dalam, Sidomulyo – Batu
Jam Buka : 09.00 – 21.00 WIB
Harga menu kuliner : Rp 5000 – 50.000

Sate Hotplet

Depot Sate Hotplet merupakan salah satu tempat kuliner di Kota Batu yang menyajikan menu hidangan utama berupa sate ayam dan sate kambing. Cara penyajian yang dihidangkan diatas hotplet bersama bumbu kacang serta irisan bawang merah dan jeruk nipis semakin menambah sensasi makan lebih bergairah. Selain Sate Hotplet Batu, terdapat menu lain yang tidak kalah nikmat untuk dinikmati bersama keluarga diantaranya seperti tongseng daging, sop kikil, gule, otak goreng, bacem hingga tengkleng. Adapun Sate Ayam, Rawon dan Krengseng untuk para pengunjung yang kurang suka dengan menu utama berbahan daging kambing.Alamat : Jl. Patimura No.40, Temas, Kec. Batu
Jam Buka : 08.00 – 21.00 WIB
Kisaran harga sate : Rp 10.000 – 20.000 an

Baca Selengkapnya : Sate Hotplet Batu

Warung Wareg

Terletak di lokasi yang strategis yakni jalan utama menuju ke pusat Kota Batu menjadikan tempat kuliner Warung Wareg pilihan tempat makan ketika bingung mau mencari makan dimana. Warung Wareg Batumenawarkan aneka macam masakan yang menurut komentar dari banyak orang “taste very good”. Menu utama yang menjadi primadona di Warung Wareg adalah olahan gurami yang tersaji dalam kondisi goreng dan bakar. Selain Gurami, adapun menu olahan lain seperti ayam goreng/bakar, bakso, lele, aneka gorengan, nasi goreng dan bakmi. Soal harga juga cukup terjangkau, untuk aneka oalahn Gurami Warung Waregdibandrol kisaran harga Rp.50.000, sedangkan menu lainnya dibawah Rp.20.000.

Alamat : Jl. Patimura No.40, Temas, Kec. Batu
Jam Buka : 08.00 – 21.00 WIB
Harga menu masakan : Rp 20.000 – 60.000 an
Harga minuman : Rp. 5000 – 18.000 an

Warung Sate Kelinci

Dengan racikan aneka bumbu khas ala Warung Sate Kelinci Batu, membuat menu hidangan Sate Kelinci Batu ini menjadi primadonanya di Kota Wisata Batu. Kelezatan dan khasiat dari Sate Kelinci sendiri sudah tidak diragukan lagi oleh kebanyakan orang yang sebelumnya sudah pernah menikmatinya. Kelinci yang diolah di Warung Sate Kelinci Batu ini merupakan kelinci pilihan siap potong yang berusia kurang lebih 4 – 6 bulan. Selain menu sate kelinci, terdapat menu lain yang tak kalah lezat untuk para pengunjung yang kurang tertarik mencicipi sate karena mungkin terkena sugesti kelucuan binatang berbulu ini. Tempat kuliner yang cocok untuk keluarga ketika berada di Kota Batu.

Alamat : Jalan Patimura No.126, Temas, Kecamatan Batu
Jam Buka : 08.00 – 21.00 WIB

Read More : Sate Kelinci Batu

Ria Djenaka Batu

Berbeda dengan Ria Djenaka yang berlokasi di Malang, Cafe Ria jenaka yang terletak di jalur utama arah Kota Batu ini menjadi tempat kuliner sekaigus tempat hangout yang begitu cozy dan nyaman. Tatanan bangunan yang terkesan modern dan cocok untuk tempat berkumpul membuatnya selalu ramai dipenuhi oleh para kawula muda yang mayoritas mahasiswa dan pembisnis muda. Menu kulinernya pun beragam mulai dari dessert, main course sampai dengan snack tersedia untuk menemani waktu bersantai di Ria Djenaka Batu. Yang menjadi unik dan berbeda di Ria Djenaka Batu ini adalah konsep tempat duduk yang tersedia dalam beberapa nuansa. Di lantai 1 kental akan atmosfer tradisionalnya, sedangkan di lantai 2 terdapat box kontainer yang di dalamnya sudah ditata sedemikian rupa, dan di lantai 3 hadir dengan konsep teras terbuka yang memungkinkan para pengunjung melihat sekitar Cafe Ria Djenaka dari atas.

Alamat : Jl. Ir. Soekarno No. 142, Beji, Junrejo, Batu
Jam Buka : Senin-Kamis, & Minggu 09.00 – 01.00 WIB / Jumat-Sabtu 08.00 – 03.00 WIB

Jungle Fast Food Resto

Model interior bergaya hutan rimba dan makan ditemani oleh hewan hewan Secret Zoo terutama Leopard dan Cheetah menjadi kesan yang akan anda dapatkan ketika berkuliner di Jungle Fast Food ini. Tidak perlu khawatir akan keberadaan hewan buas tersebut dikarenakan, tempat makan yang berada satu tempat dengan Hotel Pohon Inn sudah menjamin keselamatan Anda dengan membatasi interaksi para pengunjung dengan kaca tebal. Untuk menu masakan yang terdapat di Restoran Jungle Fast Food beragam dan hadir dalam varian tipe masakan mulai dari tradisional, chinnese hingga western.

Alamat : Hotel Pohon Inn Batu, Jawa Timur Park 2
Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB
Baca lebih detail di Jungle Fast Food Pohon Inn Batu

Rumah Sosis

Dari namanya sudah pasti menu utama yang dihadirkan disini adalah aneka ragam olahan berbahan utama sosis, namun dengan citarasa dan penyajian khas Rumah Sosis Batu. Mulai dari hidangan Soup, Grilled Steak, Main Course Sausage, Salad, Pasta dan Omellette, semuanya dibuat dengan komposisi utama berbahan sosis. Untuk harga di Rumah Sosis Batu sendiri memang sebanding dengan rasa yang diberikan, yakni mulai dari kisaran harga Rp.8000 sampai dengan Rp.70.000. Rumah Sosis Bandung di Batu Malang ini juga menawarkan aneka varian sosis yang bisa dibawa pulang untuk persediaan di rumah maupun sebagai buah tangan.

Alamat : Jl. Raya Oro-Oro Ombo, Batu (Depan Batu Night Spectacular / BNS)
Jam Buka : 11.00 – 19.00 WIB
Harga menu : Rp 8000 – 70.000 / porsi
Read More : Rumah Sosis Batu

Daerah Payung

 

Kawasan Wisata Payung di Batu sendiri terbagi dalam 3 bagian, yakni Payung 1, Payung 2, dan Payung 3. Di setiap kawasan payung terdapat warung maupun kedai yang berdiri diatas jurang, namun tidak perlu khawatir karena warung-warung tersebut ditopang oleh tiang-tiang kokoh. Tempat kuliner yang satu ini menyajikan aneka makanan mulai dari makanan ringan sampai berat dapat anda jumpai di daerah payung batu antara lain jagung bakar sebagai menu andalan di kawasan ini dan olahan susu milik KUD Batu. Selain jagung khas kawasan payung ada juga roti bakar, bakso, mie rebus dan mie goreng, serta aneka minuman hangat yang akan menghangatkan tubuh anda dari udara dingin Kota Wisata Batu. Kawasan Payung Batu buka dari pagi kisaran pukul 07.00 hingga larut malam kisaran 23.00 WIB.

Aneka Menu : Jagung Bakar/Rebus, Mie Instant, Nasi Goreng, Lalapan, Roti Bakar dan banyak lainnya.
Alamat : Jl. Brigadir Jenderal M. Manan, Songgokerto, Songgokerto, Kec. Batu
Selengkapnya Kawasan Wisata Payung Batu