Wisata Kuliner Papua

Wisata Kuliner Papua

Berbicara tentang kuliner yang berasal dari bagian timur Indonesia, kebanyakan makanannya terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Sebut saja Papua, pulau dengan luas hampir 810 ribu km persegi itu memiliki beragam makanan khas yang terbuat dari sagu. Bagi sebagian orang yang tidak biasa dengan sagu, mungkin akan menganggap makanan-makanan khas Papua terasa tidak enak karena kurang cocok di lidah.

Padahal kalau kamu tahu, tidak hanya sagu yang menjadi makanan pokok penduduk Papua. Untuk itu, apabila kamu berkesempatan untuk mendatangi kota-kota yang berada di pulau Papua, jangan sampai melewatkan kuliner khas yang dimiliki oleh masing-masing kotanya. Berikut ini kami telah sediakan daftar Wisata Kuliner Papua yang perlu kamu coba bilamana hendak atau sedang menginjakkan kaki di pulau dengan tradisi dan adat suku yang kental itu.

1. Kue Lontar

makanan khas papua

Yang paling dikenal orang sebagai salah satu kuliner khas Papua yaitu kue lontar. Jangan heran kalau bentuknya mirip dengan pie susu atau cheesetart yang lagi hits sekarang ini. Papua sudah lebih dulu membuat kreasi bentuk seperti ini dengan olahan susu dan gula.

2. Ikan Bakar Manokwari

makanan khas papua

Namanya saja sudah Ikan Bakar Manokawari, tentu makanan khas Manokwari, Papua ini wajib kamu coba langsung sensasinya. Menu ini biasa ditemukan di warung-warung atau rumah makan pinggir jalan, di mana cita rasa ikan tongkol diberi sambal khas Papua yang pedas. Dimakan bareng nasi putih hangat pasti enak, nih!

3. Ikan Bungkus

makanan papua yang enak

Wah kalau kamu sudah menyantap ikan bungkus khas Papua, pasti ketagihan! Ikan ini disajikan dengan bumbu teramat kaya akan rempahnya, sehingga terasa begitu wangi dan nikmat. Proses pembuatannya pun cukup lama karena dibakar di atas api kecil agar semua bumbu meresap ke dalam daging.

4. Sagu Lempeng

makanan unik papua

Sagu Lempeng merupakan kue yang sangat umum ditemukan di daratan Papua, bahkan dapat kamu cari di setiap sisi kota. Warga sekitar biasa menikmati ini bersama secangkir teh atau kopi hangat sambil bersantai di sore hari. Tapi jangan kaget ya jika gigitan pertamamu terasa sangat keras, karena inilah yang menjadi ciri khas Sagu Lempeng!

5. Papeda

papeda makanan papuaSiapa yang tak kenal dengan Papeda? Makanan ini begitu digemari warga sekitar dan bikin wisatawan penasaran karena tampilannya yang kental dan unik. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu sehingga tak heran jika teksturnya kental. Selain itu cara makannya dengan menggulung makanan menggunakan gata-gata (terbuat dari bambu), baru hidangan siap disantap. Jangan khawatir, kandungannya baik untuk kesehatan, lho!

6. Udang Selingkuh

makanan enak di papua

Siapa bilang cuma manusia yang bisa selingkuh, ternyata udang juga bisa! Di Papua Barat, udang dengan bentuk besar seperti kepiting ini dimasak hingga dinamakan Udang Selingkuh. Hal ini karena bentuk capitnya yang menyerupai kepiting, sehingga disebut seakan selingkuh dari identitasnya. Menarik buat dicoba, nih!

7. Sate Ulat Sagu

makanan papua

Nah ini dia salah satu makanan yang bikin wisatawan tercengang. Beranikah kamu mencoba sate ulat sagu kalau bertandang ke Papua? Namun biarpun begitu, kandungannya teramat sehat, lho! Makanan ini dapat meningkatkan energi dengan kadar kolesterol yang rendah. Konon katanya, cita rasa sate ulat sagu ini terasa manis dan asin, serta dengan tekstur yang tak perlu ditanya lagi. Begitu kenyal!

8. Kue Bagea

makanan khas papua

Kalau satu ini merupakan oleh-oleh wajib khas Papua. Yap, abon gulung! Jangan lupa untuk sempatkan diri mencoba nikmatnya kelembutan abon yang digulung dengan berbagai isian lagi, seperti ayam, cokelat, stroberi, dan masih banyak lagi. Sedangkan jika dilihat dari bentuk, kue ini hampir serupa dengan bolu gulung namun terbuat dari bahan yang berbeda.

9. Sarang Semut

sarang semut makanan khas papua

Sesuai namanya, bentuk makanan khas Papua ini mirip dengan sarang semut yang biasa ditemukan di sela-sela bebatuan. Sarang semut merupakan sebuah tanaman yang banyak diburu oleh wisatawan karena kandungannya yang sangat menyehatkan. Bisa dibilang, makanan ini berupa obat yang dapat mengobati beberapa penyakit.

10. Sambal Colo-colo

makanan khas papua

Kalau kota lain punya sambal yang beragam cita rasanya, kamu juga akan menemukan sebuah samabl bernama Colo-colo. Asal dari sambal ini sebenarnya berasal dari kota Ambon dan Manado. Namun menariknya, sambal ini begitu familiar di Papua dan banyak yang mencarinya di sini. Bagaimana nggak, rasa pedasnya sungguh khas, serta memiliki sedikit rasa asam dari kandungan jeruk nipis.  Rasa pedasnya sungguh khas, serta terasa sedikit asam dari jeruk nipis.