Wisata Warung Soto Tauto Di Pekalongan

Wisata Warung Soto Tauto Di Pekalongan

Mengenal Terapi Bekam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Alodokter

Bila mudik lewat Pekalongan, Jawa Tengah, tak salah jika mampir sebentar untuk mencicipi soto tauto sebagai pilihan untuk berwisata kuliner. Soto dengan pilihan daging kerbau, sapi atau ayam ini diberi bumbu khas yaitu penggunaan Tauco. Ya, Soto Tauto merupakan salah satu kuliner khas Pekalongan. Dan Soto Tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang banyak diburu oleh wisatawan ketika berkunjung ke Pekalongan.

Soto Tauto adalah Kuliner sejuta umat, semua elemen masyarakat banyak yang menyukasi Soto khas Pekalongan ini. Sehingga Tauto banyak diincar oleh banyak orang dari segala kalangan yang sedang berkunjung kesini. Mulai masyarakat biasa, artis hingga pejabat pun ikut menyantap kuliner Tauto Pekalongan.

Tauto Ini termasuk kuliner Pekalongan yang sedikit misterius, karena masih belum bisa dipastikan atau diketahui siapa penemunya pertamanya. Kebanyakan sih menyebut kata Tauto dari Caudo yang dijual masyarakat Tionghoa, dari unsur kata Caudo ini berkembang hingga menjado makanan yang sangat serasi di lidah kita.

Banyak warung-warung yang menyajikan tauto di setiap jengkal Kota Pekalongan, sehingga untuk menemukan Tauto sangatlah mudah. Namun dari sekian banyak warung penjual Tauto, ada beberapa rekomendasi Wisata Warung Soto Tauto Di Pekalongan yang tepat.

1. Soto tauto Haji Kunawi

Kuliner Incaran Artis, 5 Warung Soto Tauto Legendaris di Pekalongan

Berada di urutan pertama paling favorit, warung soto Haji Kunawi berada di gang sempit, tepatnya di gang 5 kampung Klego di Pekalongan. Rasa soto yang khas, bumbu tauco pada kuah begitu kental dengan citarasa terjamin.

Meskipun berada di gang sempit yang tidak dapat dilalui mobil, warung ini selalu dipadati pengunjung dari berbagai kalangan. Tak sedikit artis maupun pejabat yang datang dari luar kota, jadikan warung soto ini incaran untuk wisata kuliner.

2. Soto tauto Bang Dul

Kuliner Incaran Artis, 5 Warung Soto Tauto Legendaris di Pekalongan

Lokasi warung soto Bang Dul paling mudah dijangkau, berada di depan area pusat grosir batik terbesar di Pekalongan. Tepat di jalur pantura, jika kalian keluar dari pintu tol ke arah barat di depan grosir batik akan kalian temukan warung soto ramai pengunjung.

Soto tauto Bang Dul ini begitu legendaris di kalangan penikmat kuliner tanah air. Sudah banyak kalangan artis dan pejabat yang jadikan warung ini langganan mereka, terutama setelah wisata belanja batik di pusat grosir yang berada tepat di seberangnya.

3. Soto tauto Rochmani

Kuliner Incaran Artis, 5 Warung Soto Tauto Legendaris di Pekalongan

Warung soto tauto Rochmani berada di dekat area pusat pemerintahan kota Pekalongan, tepatnya di Jalan Kurinci. Lokasinya sangat strategis, dari Lapangan Mataram depan Balai Kota Pekalongan hanya berjarak kurang dari setengah kilometer.

Jika kalian datang ke Pekalongan menggunakan kereta, warung ini tak jauh dari stasiun ke arah selatan di jalur pantura. Rasa tauco yang khas ditambah suasana kota Pekalongan membuat kalian betah menikmati soto tauto, ditambah keripik usus yang renyah.

4. Soto tauto Pak Tjarlam

Kuliner Incaran Artis, 5 Warung Soto Tauto Legendaris di Pekalongan

Warung soto tauto Pak Tjarlam berlokasi di alun-alun kota Pekalongan, sebelum akhirnya pindah ke Pasar Senggol yang tak jauh dari lokasi awalnya. Kini warung soto ini telah dikelola oleh generasi kedua Pak Tjarlam, namun rasanya masih konsisten hingga kini.

Warung yang sudah mulai berjualan sejak tahun 1960-an ini memang telah menjadi legenda bagi warga Pekalongan. Selain menawarkan cita rasa yang lezat, warung ini juga telah menjadi bagian dari kenangan warga kota Pekalongan.

5. Soto tauto Pak Damudji

Kuliner Incaran Artis, 5 Warung Soto Tauto Legendaris di Pekalongan

Kalau kalian berbelanja batik di perkampungan pengrajin batik di Pekalongan, lokasi warung soto ini mudah ditemukan. Berlokasi di jalan Agus Salim, di mana wilayah yang banyak berderetan outlet batik langsung dari produsen di Pekalongan.

Bagi kamu penikmat kuliner berkuah, jika kalian makan soto di warung ini dijamin satu porsi tidak akan cukup memuaskan selera makan kamu. Ditambah dengan sambal dan aneka kerupuk yang dihidangkan, kamu bisa ketagihan dibuatnya.

Tak lengkap rasanya jika kalian belanja batik di Pekalongan, tidak menyempatkan mampir berwisata kuliner dengan menikmati soto tauto khas Pekalongan. Jika kalian datang dari luar kota dan ingin ditemani berwisata kuliner, jangan sampai terlewatkan ya gaes!